Facebook Pixel Code Risoles

Risoles

Risoles
Risoles
Icon Food Child
Icon Duration 30m

Risoles

Bahan yang Dibutuhkan :

Tepung terigu 3 ¼ gelas

Wortel ¼ kg

Kol (kubis) ½ ons

Daun bawang 2 batang

Gula dan garam secukupnya

 

Cara Membuat Isi Risoles :

  1. Langkah awal, iris wortel berbentuk korek api dan iris tipis untuk kol serta daun bawang
  2. Campurkan tepung terigu dengan bahan sayuran yang sudah diiris
  3. Beri sedikit air sampai membentuk adonan, kemudian beri sedikit garam dan gula untuk bumbunya sebagai perasa
  4. Terakhir, goreng dengan minyak panas hingga kecokelatan

Setelah isi risoles jadi, Bunda bisa lanjut ke proses pembuatan kulitnya. Seperti apa? Simak ulasannya menu masakan harian ini agar tidak salah!

Bahan yang Dibutuhkan Kulit Risoles :

Tepung terigu protein sedang ¾ gelas

Telur ayam yang dikocok lepas 1 butir

SGM Eksplor 1 Plus atau 3 Plus Rasa Madu dilarutkan dengan 1 gelas cair 4 sdm

Garam ½ sendok teh

Minyak goreng 2 sdm

Cara Membuat Kulit Risoles :

  1. Langkah awal, siapkan mangkuk besar dan masukkan semua bahan kulit risoles
  2. Setelah itu, kemudian aduk hingga tercampur rata, jangan terlalu lama
  3. Berikutnya, panaskan wajan dengan sedikit minyak
  4. Dengan ukuran sesendok sayur, dadar tipis-tipis adonan kulit risoles hingga habis

Nilai Gizi per Porsi

Energi: 151 kkal

Protein: 4 gram

Karbohidrat: 21 gram

Mudah ‘kan Bunda? Bunda juga bisa berkreasi dengan resep risoles yang satu ini dengan manfaat vitamin C untuk anak. Misalnya dengan mengganti isiannya dengan daging ayam, daging sapi, atau bisa juga menggantinya dengan tahu. Nah, dengan seluruh yang mudah serta kandungan gizi di dalam risoles, maka tidak ada salahnya jika Bunda menjadikan resep di atas sebagai menu masakan harian untuk dinikmati bersama keluarga.

Jangan lupa ya Bunda, untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil sehari-hari. Pastikan menerapkan pola makan lengkap dan seimbang sehingga si Kecil mendapatkan nutrisi yang adekuat untuk mendukung tumbuh kembang optimalnya. Bunda juga bisa bantu lengkapi nutrisinya dengan SGM Eksplor Complinutri, dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3, Omega 6, Serat Pangan, Zinc dan Vitamin C, Vitamin D dan Kalsium, serta nutrisi penting lainnya.

Selamat mencoba, ya!

Risoles

Tidak asing di telinga dan lidah masyarakat Indonesia, risoles merupakan makanan yang mudah ditemui sehari-hari. Risoles biasanya dinikmati saat sarapan atau camilan makan siang. Namun tahukah Bunda asal usul nama camilan anak ini?

Diambil dari bahasa Belanda yang diartikan sebagai pastri dengan isi daging, menu masakan harian ini sendiri memiliki daging cincang dan sayuran di dalamnya. Selain berisi daging dan  sayuran, risoles yang biasanya dinikmati di Indonesia juga berisi ragout atau daging dan sayuran yang dibuat dalam bentuk padat.

Dibuat dengan isi bahan-bahan tersebut di atas, menu masakan harian ini kemudian dibungkus dengan kulit yang didadar, lalu digoreng dengan menggunakan kulit berbahan tepung terigu. Rasanya yang renyah dan mengenyangkan menjadi salah satu alasan mengapa camilan ini disukai banyak orang.

Faktanya, selain rasa, risoles juga ternyata bisa menjadi cemilan anak karena kandungan daging dan sayuran di dalamnya. Apalagi dengan adanya sayuran khusus yang digunakan seperti wortel dan kol. Seperti yang diketahui, wortel punya khasiat untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Belum lagi kemampuannya dalam meningkatkan proses metabolisme serta daya tahan tubuh. 

Sementara kol yang sering dipakai untuk menu masakan harian ini punya beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa di antaranya vitamin C, vitamin B6, vitamin K, asam folat, protein, dan serat. Bahkan hanya dengan mengonsumsi kol sebanyak 50 gram per hari sudah mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian seseorang.

Dengan begini, risoles pun memberikan manfaat vitamin C untuk anak dan keluarga Bunda di rumah. Nah, penasaran dengan menu masakan risoles sebagai salah satu pilihan cemilan anak? Yuk, cek informasi lengkapnya di bawah ini, Bunda!


Nilai Gizi per Resep

Energi: 289.9 kkal

Protein: 8.3 gram

 Karbohidrat: 62.1 gram

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan