Resep Salad Buah Sehat ala SGM

Resep Salad Buah Sehat

Resep Salad Buah Sehat
 1
 15 Menit

Bahan-Bahan

Bahan:

·150 gr strawberi, potong-potong

·150 gr anggur hijau, potong-potong

·150 gr mangga, potong-potong

·150 gr semangka yg telah dipotong-potong

·1 buah apel hijau

·250 gram buah pepaya

·100 gr bulir jeruk

·1 buah kiwi

 

Saus Yoghurt :

·200 ml yoghurt rasaleci(sesuai selera)

·3 sdm simple syrup/madu

·3 sdm air jeruklemon/nipis

·1 sdm susu kentalmanis

5 Resep Salad Buah Sehat untuk Nutrisi Ibu Hamil

Saat sedang hamil, penting untuk mengonsumsi makanan bergizi. Konsumsi junk food terlalu banyak sebaiknya dihindari karena dapat berdampak buruk untuk kesehatan Bunda dan janin. Bunda hendaknya mempertimbangkan untuk mengganti junk food dengan salad buah.

Biasakan mengonsumsi bahan makanan tinggi nutrisi seperti buah dan sayuran. Selain mengandung vitamin dan mineral, kandungan seratnya juga tinggi. Kandungan serat tinggi membantu mencegah konstipasi yang umum dialami selama kehamilan.

Terkadang bunda bisa merasakan dorongan kuat untuk memakan makanan manis. Meski demikian, hendaknya bunda menghindari konsumsi kue atau permen dalam jumlah yang terlalu banyak.

Buah adalah solusi sempurna yang memiliki rasa manis alami dan nutrisi yang dibutuhkan Bunda saat hamil. Selain dimakan langsung, buah-buahan juga bisa diolah menjadi berbagai sajian, salah satunya salad buah.

Selain sehat untuk tubuh, salad buah praktis dibuat di rumah. Berikut beberapa tips yang bisa  Bunda coba untuk membuat salad buah sendiri di rumah.

5 Tips Cara Membuat Salad Buah yang Enak dan Lezat Bernutrisi

Saat hamil, kadang Bunda merasa ingin menikmati makanan tertentu, alias ngidam. Nah, kalau bunda sedang ngidam buah-buahan, berikut beberapa tips membuat salad buah yang lezat dan bernutrisi:

1. Gunakan Buah Musiman

Sedang ingin makan buah segar? Coba buat salad buah dengan memanfaatkan buah sesuai musimnya. Selain rasa lebih manis dan segar, risiko penggunaan zat kimia pun jauh lebih rendah dan. Bunda juga bisa menghemat pengeluaran dengan membuat salad sendiri di rumah.

Bunda hendaknya memperhatikan tingkat kematangan buah yang digunakan dalam salad buah. Kondisi buah yang terlalu atau kurang matang bisa merusak cita rasa salad. Gunakan buah-buah musiman dengan tingkat kematangan yang sama untuk memberikan cita rasa segar dan nikmat.

2. Variasi Pilihan Buah

Salad buah yang terdiri atas variasi buah aneka warna, tekstur, maupun rasa, bisa membantu menambah nafsu makan Bunda. Selain warna, perpaduan tekstur juga membuat salad terasa nikmat. Bunda bisa mengombinasikan renyahnya apel, kiwi yang lembut, dan buah naga yang berair, dalam satu wadah.

Jika perlu, tambahkan buah-buahan kering yang tidak hanya menambah rasa manis alami, tapi juga tekstur dalam salad buah. Kacang-kacangan maupun biji-bijian yang dapat meningkatkan nutrisi dalam salad buah Bunda.

3. Kebersihan Buah

Bukan hanya memikirkan kombinasi buahnya saja, persiapannya pun perlu diperhatikan. Cuci buah hingga bersih untuk menghilangkan kotoran dan zat kimia yang menempel. Ini terutama jika Bunda memilih tidak mengupas kulit beberapa jenis buah, seperti apel. Selain itu, jangan lupa bersihkan buah dari biji yang tidak bisa dicerna tubuh.

Untuk membuat tampilan salad lebih menarik, sebaiknya Bunda memotong buah-buahan dalam ukuran sama. Bukan hanya tampak lebih rapi, potongan buah yang serupa juga lebih mudah dimakan.

4. Alternatif Mayones

Mayones umum digunakan sebagai saus dressing salad buah. Meski begitu, Bunda hendaknya menghindari pemakaian mayones di dalam salad. Ini karena salah satu bahan dasar mayones adalah telur mentah. Mengonsumsi telur yang belum dimasak tentu sangat berisiko bagi ibu hamil.

Karena itu, sebaiknya Bunda mengganti dressing salad buah dengan saus yang tidak menggunakan mayones. Yogurt, misalnya, bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa Bunda gunakan sebagai saus salad buah. Selain memberikan rasa creamy, yogurt memberi manfaat baik bagi kesehatan.

5. Tambahkan Perasan Jeruk Lemon

Perasan jeruk lemon bisa menambah kesegaran dan memperkuat rasa asam dalam salad buah. Selain itu, keasaman dalam jeruk lemon juga bisa melambatkan perubahan warna buah. Selain itu, potongan daun mint segar membuat salad terasa lebih renyah. Untuk kombinasi dressing yang cukup sederhana tapi memberikan rasa yang nikmat, Bunda bisa menggunakan perasan jeruk nipis dan madu.

5 Kreasi Salad Buah untuk Ibu Hamil

Sebagai makanan selingan yang sehat dan lezat, salad buah bisa jadi pilihan tepat bagi ibu hamil. Selain dapat menunda rasa lapar dan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, salad buah bisa dibuat dengan mudah di rumah. Agar tidak mudah bosan, intip 5 resep salad buah lezat berikut ini.

1. Creamy Frozen Fruit Salad

Saat hamil, mungkin Bunda mudah merasa gerah. Kebanyakan ibu hamil enggan mengonsumsi minuman dingin yang manis karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Sebagai gantinya, salad buah satu ini bisa jadi alternatif yang tepat untuk mengusir gerah.

Cara membuat:

  • Ganti mayones dengan whipped cream. Lalu campurkan dengan cream cheese, susu, sedikit gula, dan garam.

  • Saring fruit cocktail kalengan atau buah-buah segar yang dipotong dadu.

  • Tambahkan berbagai buah ke dalam dressing lalu campur hingga rata. Pindahkan ke loyang panggang lalu tutup dengan plastik dan simpan dalam lemari pendingin hingga sedikit memadat.

  • Jika ingin disajikan, keluarkan dari kulkas kurang lebih 15 menit sebelumnya dan potong kotak-kotak. Tambahkan cacahan kacang untuk menambah kerenyahan salad buah.

2. Summer Fruit Salad

Salad buah yang terbuat dari potongan buah warna-warni, dipadu dressing yang sederhana ini bisa jadi pilihan tepat di tengah cuaca panas.

Cara membuat:

  • Siapkan melon dan semangka dengan ukuran sekali gigitan. Bunda juga bisa membuatnya dengan potongan bulat-bulat menggunakan sendok baller.

  • Siapkan buah persik, buang bijinya dan potong dadu.

  • Dalam mangkuk kecil, kocok perasan jeruk nipis, air mawar, dan madu. Campurkan potongan buah kedalam mangkuk lalu tambahkan saus, aduk rata.

  • Dinginkan setidaknya selama 1 jam dan tambahkan lebih banyak perasan jeruk lemon untuk citarasa yang lebih asam dan segar.

3. Salad Buah Saus Yogurt Madu

Daripada menikmati kudapan berkadar gula tinggi, bunda bisa mengganti cake, coklat, atau donat dengan salad buah saus yogurt madu. Cukup kombinasikan buah-buahan dengan saus yogurt dan madu yang mudah disiapkan, sehat, lezat, dan creamy.

Cara membuat:

  • Untuk membuat saus, campurkan yogurt, madu, dan ekstrak vanila dalam mangkuk kecil. Kocok sebentar dan sisihkan.

  • Kombinasi buah stroberi segar yang sudah dibelah dua, irisan jeruk, irisan mangga, potongan apel, dan irisan pisang.

  • Campurkan sari jeruk segar ke atas buah-buahan segar. Selain menambah citarasa segar, juga mencegah buah berubah warna menjadi kecoklatan.

4. Salad Buah yang Sempurna

Bukan hanya nikmat disantap di tengah siang hari yang menyengat, salad buah yang satu ini semakin enak saat didiamkan lebih lama karena buah-buah yang menyerap cairannya.

Cara membuat:

  • Siapkan stroberi, kiwi, pisang, jeruk, nanas, blueberry, dan anggur tanpa biji.

  • Untuk dressing, campurkan sari jeruk, sari lemon, brown sugar, serta parutan kulit jeruk dan lemon; masak hingga mendidih dengan  api sedang.

  • Turunkan suhu api lalu tunggu hingga mendidih dan sedikit mengental, kurang lebih selama 5 menit.

  • Tambahkan ekstrak vanili lalu sisihkan hingga mendingin dan siap dituangkan ke mangkuk berisi potongan buah.

  • Simpan dalam lemari pendingin selama 3-4 jam untuk memberi kesempatan bagi buah-buah untuk menyerap sausnya dengan lebih maksimal.

5. Morning Fruit Salad

Salad buah ini juga cocok dijadikan menu sarapan pagi untuk mengawali hari dengan sajian yang menyegarkan. Selain praktis disiapkan, salad buah ini juga dijamin dapat memenuhi kebutuhan kalori Bunda.


Saran Penyajian Salad Buah yang Segar , Enak, dan Sederhana

Cara membuat salad buah :

  • Siapkan buah anggur tanpa biji, apel yang dipotong dadu, pisang yang diiris tipis, dan parutan kelapa manis.

  • Tuangkan yogurt di atasnya lalu taburi cacahan kacang. Tambahkan air jeruk mandarin untuk rasa segar dan pemanis alami.

Demikian berbagai olahan salad buah yang bisa dibuat sendiri di rumah. Selain menghemat biaya, menikmati salad buah yang dibuat sendiri juga lebih higienis. Bunda juga bisa membuat salad buah dalam porsi agak banyak dan simpan dalam wadah kedap udara. Yuk, Bun, coba buat salad buah sendiri di rumah!