Resep Pancake Daging Mini

Resep Pancake Daging Mini

Resep Pancake Daging Mini
 Baby
 30m

Resep Pancake Daging Mini

Bahan- bahan:

Daging ayam secukupnya, giling halus/ parut.

1 sdm tepung terigu

2 sdm sereal (blender halus)

½ sdm mentega

Sedikit baking powder

Sedikit susu cair SGM AKTIF

Cara membuat:

  1. Campur tepung, sereal, baking powder, dan susu cair hingga teksturnya agak mengental.

  2. Masukkan daging yang sudah dihaluskan dan aduk hingga merata. Tambahkan larutan susu, campur hingga teksturnya tidak terlalu kental untuk adonan pancake. Tambahkan larutan susu sedikit demi sedikit agar adonan tidak terlalu cair.

  3. Panaskan wajan bulat kecil dan masukkan mentega untuk memasak.

  4. Tuang satu centong adonan pancake. Masak selama 1-2 menit dengan api kecil, kemudian balik pancake. Bolak-balik kedua sisi pancake hingga matang merata.

  5. Angkat dan sajikan hangat.

Resep Pancake Daging Mini

Tahukah Bunda? Daging juga direkomendasikan sebagai salah satu bahan untuk menu makan buah hati. Setelah usia 1 tahun, buah hati sudah boleh mulai dikenalkan dengan makanan padat untuk merangsang pertumbuhan giginya. Pancake daging yang lembut bisa Bunda jadikan salah satu menu alternatif demi mendapatkan manfaat protein dan zat besi.


Resep MPASI: Pancake Daging Mini

Panduan Mengolah Daging untuk Balita

Bunda tidak perlu khawatir buah hati sulit mencerna daging. Dengan pengolahan yang tepat, daging dapat dicerna dengan baik oleh buah hati. Berikut beberapa tips dalam mengolah daging sebagai bahan makanan untuk anak:

  1. Pilihan daging

Umumnya daging ayam adalah pilihan yang aman untuk diperkenalkan sebagai menu makan anak. Mengingat perbedaan tekstur, sebaiknya Bunda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter demi memastikan kesiapan buah hati dalam menerima asupan daging.

  1. Melembutkan Daging

Daging dapat dilembutkan dengan cara membuang bagian berlemak dan dicincang halus. Melembutkan daging juga bisa dilakukan dengan cara merendam daging dalam larutan susu, yogurt, atau jus apel. Selain daging jadi lembut sempurna, rasanya akan lebih kaya.

  1. Memasak Daging

Pastikan Bunda menyajikan menu dengan bahan daging yang sudah dimasak sempurna hingga matang. Salah satu cara yang paling dianjurkan dalam memasak daging adalah dengan cara dipanggang. Ini karena nutrisi daging bisa tetap terjaga. Jika Bunda memasak dengan menggoreng, sebaiknya Bunda memanaskan wajan dengan api kecil saat menggoreng supaya nutrisi daging tetap meresap baik.

Merebus atau mengukus daging juga bisa dilakukan, sepanjang Bunda tidak langsung membuang sari daging dalam bentuk cairan atau sup. Untuk mengatasi rasa daging yang kuat, Bunda boleh mencampurkan sayuran lain seperti kentang dan wortel.

  1. Tips-tips Penting

Beberapa tips terakhir demi menu daging yang paling aman untuk balita:

  • Hindari memberi buah hati daging olahan yang tinggi kadar garam/bahan pengawet seperti sosis.

  • Selalu perhatikan adanya gejala alergi daging dan konsultasikan kepada dokter.

  • Supaya mudah, lembutkan daging setelah dibeli dan sebelum dimasukkan ke kulkas.