Resep Nugget Kentang Brokoli

Resep Nugget Kentang Brokoli

Resep Nugget Kentang Brokoli
 Baby
 30m

Cara Membuat Nugget Kentang Brokoli

Mudah dan praktis, yuk cobain resep Nugget Kentang Brokoli berikut ini.

Bahan-bahan:

500 gram kentang (kukus, kupas, dan haluskan)

250 gram brokoli (kukus dan iris halus)

Sedikit tepung roti atau sereal

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven hingga 190 derajat Celcius.

  2. Lapisi loyang dengan kertas alas memanggang atau dengan olesan mentega agar tidak lengket.

  3. Campurkan semua bahan dalam dan aduk hingga rata.

  4. Bentuk adonan nugget dengan ukuran kecil sesuai kemampuan makan buah hati (sekitar ½-1 sendok makan). Balurkan dengan tepung roti atau sereal. Jika adonan terasa terlalu lengket, Bunda bisa gunakan sedikit cairan susu untuk merekatkan tepung roti/sereal.

  5. Tata hasil bentukan nugget di atas loyang, kemudian panggang selama 15 menit. Keluarkan loyang panggangan dan balikkan posisi nugget. Lanjutkan memanggang selama 5-10 menit.

  6. Hidangkan setelah matang sebagai makanan atau camilan.

Nah, siap deh nugget kentang brokoli untuk menu buah hati. Resep ini juga tidak menggunakan minyak goreng sehingga lebih sehat. Menu ini juga cocok untuk balita yang rentan alergi karena tidak mengandung telur dan kacang. Selamat mencoba, Bun!

Resep Nugget Kentang Brokoli

Melewati masa MPASI menuntut bunda untuk lebih kreatif menyajikan variasi menu makanan untuk buah hati. Ini tentunya juga sambil memperhatikan gizi makanan demi kesehatan anak terbaik. Yuk, lengkapi nutrisi buah hati dengan resep dan tips membuat nugget kentang brokoli berikut ini, Bun.

Sayuran Kecil dengan Manfaat Besar

Brokoli kaya vitamin C dan merupakan sumber serat alami. Kandungan serat dalam brokoli bisa melancarkan pencernaan sehingga meminimalkan masalah BAB atau sembelit pada buah hati. Walau demikian, brokoli termasuk jenis sayur yang memicu gas sehingga lebih cocok untuk bayi berusia di atas 8 bulan. Selain vitamin C dan fiber, brokoli juga mengandung vitamin A, E, dan K, serta antioksidan dan mineral penting seperti zat besi, folat, kalsium, potasium, dan magnesium.


Resep MPASI Nugget Kentang Brokoli

Tips Memberikan Brokoli untuk Balita

Saat menyiapkan menu makan buah hati dengan bahan brokoli, sebaiknya Bunda perhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Pilih brokoli yang memiliki warna daun hijau tua secara merata. Hindari brokoli yang sudah mulai memiliki bagian kuning, keabuan, atau memar.

  2. Brokoli yang sehat memiliki bobot yang padat dengan tangkai yang kering.

  3. Cara menyimpan brokoli sebaiknya di dalam kantong kertas atau dibungkus kain sebelum dimasukkan ke kulkas. Lama penyimpanan yang dianjurkan adalah 4 hari di dalam kulkas.

  4. Selalu cuci brokoli secara seksama setelah dipotong kecil-kecil.

  5. Hindari memberikan brokoli mentah kepada buah hati. Brokoli dianjurkan untuk direbus, dikukus, atau dipanggang sebelum dihidangkan.