Resep MPASI 9-12 Bulan: Sup Krim Bola Ayam

Resep MPASI 9-12 Bulan: Sup Krim Bola Ayam

Resep MPASI 9-12 Bulan: Sup Krim Bola Ayam
 Baby
 1h 3m 2s

Resep MPASI 9-12 Bulan: Sup Krim Bola Ayam

Cara membuat:

Bola Ayam

  • Masukkan daging ayam yang sudah dicincang halus dalam mangkuk besar.

  • Tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan dan aduk rata.

  • Terakhir, masukkan tepung terigu dan sedikit air supaya mudah dibentuk menjadi bentuk bola, seukuran bola bakso kecil, sisihkan.

Sup Krim Ayam

  • Cincang bawang bombay hingga halus.

  • Panaskan panci sup dan masukkan butter hingga meleleh.

  • Tambahkan potongan bawang bombay yang sudah dicincang, masak sebentar (kira-kira 5 menit) hingga harum.

  • Tambahkan 2 sdm tepung terigu dan masak lagi sekitar 2 menit.

  • Masukkan kaldu ayam dan susu, masak hingga setengah mendidih.

  • Masukkan bola-bola ayam yang sudah dibentuk, masak sekitar 10 menit hingga mendidih.

  • Matikan api dan sajikan.

Resep MPASI 9-12 Bulan: Sup Krim Bola Ayam

Memasuki MPASI di usia 9-12 bulan, Bunda boleh mengenalkan beragam variasi makanan. Daging ayam atau ikan juga boleh mulai Bunda hadirkan dalam menu-menu harian buah hati untuk menggugah selera makannya. Salah satunya, Bunda bisa mencoba sup krim bola ayam berikut ini.

Cita rasa sup krim bola ayam yang gurih umumnya disukai anak-anak. Sup krim ayam dengan bentuk bola bakso ini unik karena teksturnya yang kenyal. Selain itu, menu ini cocok untuk merangsang pertumbuhan gigi dan latihan mengunyah.

Daging ayam juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan buah hati. Manfaat kandungan protein dalam daging ayam juga baik untuk pertumbuhan otot, perbaikan sistem sirkulasi darah, serta kesehatan tulang. Selain itu, kandungan protein dalam daging ayam juga dapat membantu perkembangan otak buah hati.

Yuk, coba resep sup krim ayam berikut ini!

Melatih Refleks Jari Anak

Refleks jari buah hati Bunda akan semakin berkembang terutama di usia 9-12 bulan. Kemampuan penggunaan jari telunjuk dan jempol untuk memegang benda akan semakin menguat. Buah hati pun akan semakin pintar menggunakan sendok dan menyuap makanan sendiri.

Bakso bola ayam dalam resep sup krim ini memberi kesempatan bagi buah hati untuk mencoba melatih kemampuan jarinya. Sesi makan pun akan semakin menyenangkan!


Resep Sup Krim Bola Ayam

Tips Menyajikan Sup Krim Bola Ayam

Daging ayam yang digunakan boleh berupa fillet dada maupun paha. Bunda bisa menambahkan potongan sayuran seperti jagung, wortel, jamur atau kacang polong ke dalam sup. Bunda juga bisa menambahkan sedikit garam untuk menambah cita rasa sup. Namun, jumlah garam untuk buah hati sebaiknya tidak melebihi 1 gram garam per hari, ya, Bun.

Untuk lebih melatih otot jari-jari buah hati, sisihkan bola ayam di piring dan belah menjadi 2-3 bagian. Biarkan hingga agak dingin sebelum disajikan kepada buah hati. Bunda bisa membiarkan buah hati menyuap makanannya sendiri. Selalu dampingi buah hati saat makan untuk memberinya semangat ya, Bun.