Facebook Pixel Code Rahasia Si Kecil Berprestasi Di Sekolah

Rahasia Si Kecil Berprestasi Di Sekolah

Rahasia Si Kecil Berprestasi Di Sekolah

Rahasia Si Kecil Berprestasi Di Sekolah

Prestasi si Kecil di sekolah tidak terlepas dari dukungan dan peran orang tua di rumah. Setiap orang tua tentunya berusaha agar si Kecil tumbuh menjadi anak cerdas, kreatif, mandiri, dan berprestasi di sekolah.

Bunda tentu akan senang melihat buah hati terus berprestasi di sekolah. Di bawah ini adalah beberapa cara mendidik anak agar cerdas dan mandiri untuk membantu si Kecil terus berprestasi di sekolah TK.

Mengajarkan Disiplin Diri

Rahasia pertama agar si Kecil berprestasi di sekolah adalah mengajarkannya disiplin diri. Kedisiplinan memiliki efek lebih besar jika dibandingkan bakat intelektual itu sendiri.

“Tanggung jawab sebagai orang tua adalah untuk membantu anak menjadi mandiri, penuh hormat, dan mengendalikan diri,” tulis Dan Brennan, pediatri dan konsultan medis asal Amerika Serikat

Disiplin yang dimaksud adalah mengajarkan anak bagaimana mengendalikan dirinya sendiri. Anak yang memiliki disiplin diri akan lebih siap menghadapi tantangan hidup, mampu mengambil keputusan, dan lebih pandai mengelola stres.

Untuk memupuk kedisiplinan pada anak, American Academy of Pediatrics, the American Association of Child and Adolescent Psychiatry merekomendasikan cara-cara berikut ini:

  1. Pujilah buah hati ketika menunjukkan kemauan atau setidaknya sudah menunjukkan perilaku terpuji.
  2. Ajarkan “konsekuensi alamiah”, daripada memarahi anak karena tindakannya. Misalnya: Bunda tidak perlu memarahi anak ketika ia mematahkan mainan mobilnya. Ini karena konsekuensinya sudah ada, yakni buah hati tak bisa lagi bermain dengan mainan tersebut.
  3. Sebisa mungkin jelaskan kepada anak kenapa ia mesti melakukan hal-hal yang Bunda minta. Kalau anak senang membuat rumah berantakan penuh mainan, misalnya, Bunda bisa mengeluarkan peringatan ia tak bisa main selama seminggu dengan mainannya bila tidak membereskan setelah bermain.

Semakin anak bisa disiplin, ia akan semakin dapat bertanggung jawab atas perilakunya sendiri.

Pastikan Anak Tidur Cukup

Rahasia kedua adalah tidur yang cukup. Selain berpengaruh pada kesehatan, ternyata tidur juga dapat memengaruhi kecerdasan seseorang. Dikutip dari Nurture Shock, remaja yang menerima nilai A setidaknya tidur sekitar 15 menit lebih lama dibandingkan siswa dengan rata-rata nilai B. Murid dengan rata-rata nilai B, tidur lebih lama 15 menit dibandingkan yang memiliki rata-rata nilai C.

Hal ini mengindikasikan bahwa waktu tidur berpotensi mempengaruhi kecerdasan seseorang. Jam tidur setiap orang juga berbeda-beda pada setiap usianya. Kebutuhan tidur anak tentunya berbeda dengan orang tua. Anak usia 3-5 tahun umumnya membutuhkan waktu tidur sebanyak 10-13 jam setiap harinya.

Jika ingin kecerdasan dan prestasi anak meningkat, pastikan porsi tidur anak tercukupi setiap harinya, tidak kurang dan tidak berlebihan. Membiasakan anak untuk tidur sesuai porsinya ini juga dapat membuat anak terbiasa dengan pola tidur yang teratur hingga dewasa nanti.

Memenuhi kebutuhan nutrisi anak

Rahasia ketiga adalah memastikan asupan nutrisi si Kecil lengkap. Fakta yang dimuat dari British Journal of Nutrition, Kompas, Tribunnews, dan Alodokter, 8 dari 10 anak usia sekolah (4-12 tahun) di Indonesia kurang mengkonsumsi Omega 3 dalam jumlah yg cukup. Kekurangan nutrisi esensial ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan tingkat kecerdasan yang rendah. Omega 3 memang memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan otak anak. Cara untuk meningkatkan kecerdasan anak adalah dengan memastikan anak mengonsumsi makanan dengan gizi yang cukup dan seimbang sesuai dengan kebutuhan mereka..

Berikan si Kecil makanan yang mengandung Omega 3 seperti ikan salmon, makarel/kembung, tuna, , atau ikanteri . Selain itu, nutrisi penting ini juga terdapat dalam kacang-kacangan seperti, chia seed, biji rami, kacang kenari, atau kedelai (TKPI dan USDA 2018). Bunda dapat juga bantu lengkapi nutrisi si Kecil dengan susu yang mengandung Minyak Ikan dan Omega 3 seperti SGM Eksplor 3 Plus. Berikan susu SGM Eksplor 3 Plus 2x sehari, di pagi hari & di malam hari, untuk dukung prestasinya di sekolah.

Bunda, sudah tahukan 3 Rahasia Agar Si Kecil Berprestasi di Sekolah TK. Yuk pastikan si Kecil siap dan semangat sekolah dengan melakukan semua hal di atas. Dukung si Kecil jadi Anak Generasi Maju!

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 3 - 5 tahun

Benarkah Si Kecil yang Tidak ...

Zat Besi merupakan nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan kognitif si...

Susu Anak untuk Pertumbuhan Tulang, ...

Susu anak untuk pertumbuhan tulang bisa mendukung si kecil tumbuh tinggi dan sehat. Yuk, kenali...

5 Cara agar Anak jadi Generasi ...

Cara mendorong agar anak percaya diri dan berani adalah dengan bermain bersama. Kok bisa? Temukan...

3 Alasan Orangtua Perlu Rutin Ceritakan ...

Membacakan buku cerita dan dongeng merupakan ajang pembelajaran bagi anak sebelum sekolah. Ini dia...

Nutrisi untuk Bantu Dukung Tumbuh ...

Nutrisi seimbang penting didapatkan si Kecil, terutama yang memasuki usia 3 tahun. Salah satunya...

Sarapan Kaya Zat Besi Ternyata ...

Sarapan adalah bagian penting untuk menambah energi si Kecil dalam belajar. Apa saja manfaat...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan