Facebook Pixel Code 7 Rahasia Sukses Agar Anak Rajin Belajar

7 Rahasia Sukses Agar Anak Rajin Belajar

7 Rahasia Sukses Agar Anak Rajin Belajar

7 Rahasia Sukses Agar Anak Rajin Belajar

Membimbing dan menemani anak belajar bisa menjadi tantangan tersendiri. Saat di masa-masa pertama ia mulai sekolah, mungkin Si Kecil masih antusias dan semangat belajar. Namun, seiring berjalannya waktu dapat membuat motivasi belajarnya jadi menurun, sehingga jadi malas belajar.

Kondisi ini tentu tidak bisa dibiarkan ya, Bun. Namun, memaksanya juga bukan cara yang tepat, justru akan membuatnya semakin malas belajar. Yuk Bun, coba bantu Si Kecil untuk menjadi anak rajin belajar dan memiliki kemampuan konsentrasi yang baik dengan 7 cara berikut ini. 

Cari Tahu Apa yang Membuat Si Kecil Jadi Malas Belajar dan Sulit Konsentrasi

Saat Si Kecil sedang merasa tidak termotivasi belajar dan kurang konsentrasi, bisa jadi ada beberapa alasan yang melatarbelakanginya. Untuk membuat anak rajin belajar, hal yang bisa dilakukan, yaitu mencari tahu apa saja penyebabnya dan membuat rencana untuk mengatasinya.

Biasanya terdapat beberapa penyebab, antara lain:2 

  • Merasa cemas saat belajar

  • Kurang memahami materi yang sedang dipelajari

  • Anak tidak tertarik dengan pelajaran di sekolah

  • Gaya belajar yang diterapkan sehari-hari tidak sesuai 

  • Kurang percaya diri

Tentukan Tujuan Belajar & Kurangi Distraksi

Agar bisa memotivasi Si Kecil sehingga anak rajin belajar, Bunda bisa bertanya padanya apa cita-citanya. Kemudian, Bunda bisa katakan untuk mencapai cita-cita tersebut, perlu rajin belajar agar bisa menjadi anak yang pintar.

Selanjutnya, untuk membuat anak rajin belajar dan lebih berkonsentrasi, saat sedang mengerjakan tugas sekolah, pastikan untuk mengurangi distraksi. Misalnya dengan mematikan TV dan mematikan semua telepon.

Selain itu, minta anggota keluarga lain untuk tidak bermain video game atau aktivitas lain yang dapat mengganggu Si Kecil yang sedang belajar.5 Bila memungkinkan, cobalah mendorong semua orang di rumah untuk menggunakan waktu yang mereka punya untuk melakukan aktivitas yang produktif, seperti membaca.

Bikin Suasana dan Waktu Belajar Jadi Lebih Mudah

Agar anak bisa rajin belajar dan lebih berkonsentrasi juga bisa dengan memastikan waktu belajar semudah mungkin dan menyediakan segala hal yang diperlukan saat sedang belajar. Beberapa contohnya seperti berikut:

  • Ciptakan ruang yang tenang dan kurangi gangguan saat anak sedang belajar. 

  • Dekatkan alat tulis dan alat penting lainnya yang diperlukan selama belajar agar anak tidak perlu repot mencari dan waktu tidak terbuang percuma.

  • Pastikan ia makan dan minum yang cukup. Pasalnya, saat tubuh sedang lapar atau haus, anak akan jadi sulit berkonsentrasi. Bunda bisa memberikan makanan ringan sebelum sesi belajar dan sediakan air mineral di atas meja belajarnya untuk memastikan dia tetap fokus.

Beri Jeda Di Sesi Belajar dan Istirahat yang Cukup Setiap Malam 

Saat anak belajar online, pastikan ia punya kesempatan untuk beristirahat sejenak, ya, Bun. Pasalnya, dengan istirahat sejenak akan membuat energi dan fokusnya terjaga.8 Namun, saat jeda hindari memberikan anak gadget, ya! Saat istirahat belajar, lebih baik arahkan untuk berkeliling sebentar di sekitar rumah atau membuat camilan sendiri.

Jika Si Kecil terbiasa tidur dengan cukup setiap hari, ia biasanya cenderung memiliki nilai lebih baik dibandingkan anak-anak yang kurang tidur. Punya tidur yang cukup juga akan membuat Si Kecil jadi tidak mudah mengantuk saat sedang belajar. 

Buat Rencana Belajar

Dengan membuat rencana belajar yang jelas dapat membantu Si Kecil tetap fokus pada tugasnya di hari itu. Beberapa contoh yang perlu dibuat seperti kapan waktu untuk istirahat di sela jam belajar, berapa kali istirahat, tugas apa yang harus diprioritaskan, dan lainnya.

Berikan Apresiasi

Bila Si Kecil sudah menunjukkan kerja keras saat belajar atau melakukan hal sederhana seperti mengerjakan PR sebelum diminta, berikan apresiasi pada mereka dengan cara beri pujian.

Asupan Makanan Tercukupi 

Terakhir, untuk membuat anak rajin belajar dan lebih berkonsentrasi, yaitu dengan memperhatikan asupan makanan dan istirahatnya. Dengan memastikan anak mengonsumsi makanan bergizi akan membantunya lebih berprestasi di sekolah.

Beberapa contoh yang bisa Bunda lakukan antara lain dengan meminta anak untuk selalu sarapan yang baik setiap hari dan menyajikannya makanan sehat dan lezat.

Jika Si Kecil membutuhkan camilan selama sesi belajar, Bunda bisa berikan makanan ringan, seperti buah-buahan, cokelat, atau kacang.

Selain itu, pastikan juga Si Kecil diberikan asupan susu setiap hari seperti SGM Eksplor 3 Plus PRO-GRESS MAXX dengan IronC  untuk Si Kecil usia 3-5 tahun. Ada berbagai kandungan utama dalamnya antara lain zat besi bantu dukung perkembangan kognitif Si Kecil, mendukung Si Kecil tumbuh aktif dan siap belajar, serta memberikan dukungan bagi konsentrasi Si Kecil untuk bantu proses belajar yang optimal. 

Tak hanya itu, di dalamnya juga ada vitamin C yang bantu membuat zat besi terserap maksimal dalam tubuh. Ada pula kandungan minyak ikan, Omega 3 & 6 yang bagus untuk dukung pertumbuhan otak. Kemudian ada kalsium & vitamin D, zinc, serat pangan, protein serta nutrisi penting lainnya.

Dengan memberikan asupan penting lain seperti SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC 3x sehari di sela-sela waktu makan Si Kecil, akan bantu dukung tumbuh kembang Si Kecil memiliki 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju, yakni tumbuh tinggi, tangguh, aktif bersosialisasi, percaya diri, dan berpikir cepat. 

Sumber:

  • How to motivate your child to study. Retrieved from https://www.oxfordlearning.com/how-to-stay-motivated-to-study/

  • How to help your child develop good study habits.. Retrieved from https://www.webmd.com/parenting/help-your-child-develop-good-study-habits#1

  • 6 ways to motivate your kids. Retrieved from https://www.parents.com/kids/development/behavioral/6-ways-to-motivate-your-kids/

 

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 5 - 12 tahun

Cara Belajar Efektif Di Rumah, ...

Cara belajar efektif di rumah bisa diciptakan dengan kontribusi semua anggota keluarga. Berikut apa...

7 Cara Membuat Anak Percaya Diri ...

Bagaimana cara agar anak percaya diri dan berani? Yuk, pahami dulu informasi penting berikut ini!

Bunda, Cari Tahu Kebutuhan Gizi ...

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan AKG dan bagaimana cara memenuhinya? Simak artikel berikut ini!

7 Cara Mengajari Anak Membaca untuk ...

Kefasihan anak dalam membaca bantu tingkatkan kepercayaan dirinya lho, Bunda. Temukan cara tepat...

Manfaat Ajari Main Musik dan ...

Mengajarkan musik dan lagu pada anak usia TK bermanfaat bagi perkembangan berbagai keterampilan...

4 Nutrisi Untuk Bantu Perkembangan Otak ...

Sudah pasti Bunda ingin si Kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas. Maka, Bunda perlu memberikan...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut