Facebook Pixel Code Ragam Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak Janin

Ragam Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak Janin

Ragam Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak Janin

Ragam Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak Janin

Makanan untuk mendukung perkembangan otak janin

Memperhatikan asupan nutrisi selama kehamilan adalah salah satu tugas penting seorang calon ibu. Pasalnya, nutrisi tersebut akan digunakan tubuh untuk mempertahankan kesehatan sang Bunda, sekaligus perkembangan buah hati dalam kandungannya. Nutrisi yang diperoleh juga akan membentuk dan menyempurnakan organ otak si Kecil.  

Bunda perlu memenuhi asupan zat gizi asam folat, zat besi, kalium, asam amino, vitamin A, dan vitamin D, kolin, zat besi, dan omega 3. Semua nutrisi ini bisa didapatkan dengan mudah dari makanan, agar perkembangan janin berjalan dengan lancar.

Agar perkembangan otak janin dapat berjalan dengan lancar, Bunda dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini:

1.  Sayur dan buah

Sayur dan buah selalu masuk dalam daftar makanan yang sehat dan bergizi bagi ibu hamil. Makanan ini diketahui mengandung vitamin dan mineral yang penting dikonsumsi ibu hamil, juga merupakan sumber antioksidan dan sangat bermanfaat untuk perkembangan otak janin. Alasannya, karena antioksidan dapat melindungi jaringan otak bayi dari berbagai kerusakan.

Beberapa contoh sayur dan buah kaya antioksidan yang baik untuk ibu hamil adalah pepaya, tomat, dan sayuran berdaun hijau gelap. Namun, ingat untuk mencuci buah dan sayur hingga bersih sebelum diolah dan dikonsumsi.

2. Makanan yang mengandung asam folat

Asam folat atau vitamin B9 mungkin tidak asing di telinga para Bunda. Ya, ini adalah nutrisi yang penting untuk mendukung perkembangan otak si Kecil dalam kandungan.

Dilansir dari situs Cleveland Clinic, kekurangan asupan asam folat selama kehamilan dapat meningkatkan terjadinya anensefali (anenchephaly). Anensefali adalah kondisi cacat lain yang membuat bayi terlahir tanpa sebagian otak atau tengkorak kepalanya.

Untuk menghindari masalah perkembangan otak janin, Anda perlu mengonsumsi makanan kaya asam folat, seperti bayam, buah jeruk, dan kacang-kacangan.

3. Makanan yang mengandung kolin

Nutrisi lain yang perlu dipenuhi calon ibu adalah kolin. Sebuah studi terbaru tahun 2019 pada The Journal Of Pediatrics melaporkan bahwa kolin berperan penting dalam mengembangkan konektivitas saraf dan fungsi kognitif pada janin.

Manfaat kolin tidak hanya itu saja. Oregon State University juga menyebutkan kolin juga bisa mencegah Bunda dari berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, masalah hati, dan demensia.

Pilihan makanan yang mengandung nutrisi untuk perkembangan otak janin ini adalah hati sapi, telur, daging ayam, brokoli, kacang tanah, dan sereal gandum.

4. Makanan yang mengandung omega 3

Selain asam folat, asam lemak omega 3 juga cukup populer di kalangan ibu hamil. Asam lemak ini dapat meningkatkan fungsi otak janin. Makanan yang kaya omega 3 terdapat di banyak makanan laut, seperti ikan salmon, ikan tenggiri, ikan kembung, kerang, udang, dan sarden.

Pilihan makanan lainnya adalah rumput laut, biji chia, kacang kenari, dan biji rami. Anda bisa menjadikan makanan ini sebagai lauk, camilan, atau topping untuk yogurt. Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati akan makanan laut karena kandungan merkurinya.

Merkuri merupakan zat yang bisa membahayakan kesehatan janin. Oleh karena itu, pilih ikan atau udang yang dikembangbiakan di tambak bukan laut lepas.

5. Makanan yang mengandung zat besi

Makanan untuk mendukung perkembangan otak janin selanjutnya adalah yang kaya zat besi. Itulah sebabnya, asupan zat besi akan jadi lebih besar ketika Anda sedang hamil.

Zat besi dapat membantu menyediakan oksigen untuk janin. Bila buah hati kekurangan oksigen dalam kandungan, risiko ia lahir dengan IQ rendah akan meningkat. Untungnya, Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dengan mudah, seperti daging sapi tanpa lemak, daging ayam, kedelai, bayam, dan tahu.

Cara mengolah makanan yang tepat untuk mendukung perkembangan janin

Selain pilihan makanannya, cara mengolah makanan selama masa kehamilan juga perlu diperhatikan. Cuci dengan benar makanan yang Anda konsumsi. Hindari konsumsi makanan yang mentah atau dimasak setengah matang, terutama pada telur, ikan, dan daging.

Kemudian, perhatikan juga porsi makan agar berat badan selama hamil tetap terkontrol. Jika Anda masih bingung mengatur pola makan yang sehat, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter kandungan maupun ahli gizi.

Di samping itu, pastikan juga Anda menerapkan gaya hidup yang sehat, seperti rutin olahraga, berhenti merokok dan menjauhi asap rokok, dan cukup beristirahat.


Referensi:

Fetal development: MedlinePlus medical encyclopedia. (n.d.). https://medlineplus.gov/ency/article/002398.htm [Accessed on April 29th, 2020]

Freedman, R., Hunter, S., Law, A., Wagner, B., D'Alessandro, A., & Christians, U. et al. (2019).

Higher Gestational Choline Levels in Maternal Infection Are Protective for Infant Brain Development.

The Journal Of Pediatrics, 208, 198-206.e2. doi: 10.1016/j.jpeds.2018.12.010 [Accessed on April 29th, 2020]

Lindsay, K. L., Buss, C., Wadhwa, P. D., & Entringer, S. (2019).

The Interplay Between Nutrition and Stress in Pregnancy: Implications for Fetal Programming of Brain Development.

Biological psychiatry, 85(2), 135–149. https://doi.org/10.1016/j.biopsych.2018.06.021 [Accessed on April 29th, 2020]

Anencephaly: Symptoms, causes, tests and treatment. (n.d.).

Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15032-anencephaly [Accessed on April 29th, 2020]

Folic acid: What foods have it? (2019, October 31). American Pregnancy Association.

https://americanpregnancy.org/pregnancy-health/folic-acid/ [Accessed on April 29th, 2020]

Gál, K. (n.d.). 15 omega-3-rich foods: Fish and vegetarian sources.

Health News - Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323144#vegetarian-and-vegan-sources-of-omega-3

[Accessed on April 29th, 2020]

Nutrition during pregnancy. (n.d.). Johns Hopkins Medicine, based in Baltimore, Maryland.

https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/nutrition-during-pregnancy [Accessed on April 29th, 2020]

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 1

Ini Daftar Lengkap Kebutuhan Gizi ...

Daftar kebutuhan gizi ibu hamil muda (trimester pertama) yang ada di sini membantu Bunda paham...

10 Tips Atasi Mual Muntah Saat ...

Ibu hamil biasanya akan mengalami mual dan muntah. Berikut tips mengatasi mual dan muntah saat...

Nutrisi Lengkap dan Seimbang, Kunci ...

Dimasa hamil, Bunda harus memerhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari. Berikut nutrisi...

Siapkan Pertumbuhan Fisik dan Perkembangan ...

Saat hamil Bunda perlu memerhatikan nutrisi yang bisa bantu perkembangan anak sejak dalam...

Proses Perkembangan Janin pada Kehamilan ...

Proses Perkembangan Janin pada Kehamilan Minggu Ke-9

Proses Perkembangan Janin pada Kehamilan ...

Proses Perkembangan Janin pada Kehamilan Minggu Ke-7


Artikel Terpopuler

Perkembangan Janin Kehamilan Trimester 1

Baca Selengkapnya >

Pergerakan Janin Trimester Kedua ...

Baca Selengkapnya >

Optimalkan Periode Emas

Baca Selengkapnya >

Bun, Sebaiknya Hindari Makanan & ...

Baca Selengkapnya >

5 Cara Menyusui yang Benar ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut