Facebook Pixel Code Pusing Saat Hamil, Tanda Kurang Zat Besi?

Pusing Saat Hamil, Tanda Kurang Zat Besi?

Pusing Saat Hamil, Tanda Kurang Zat Besi?

Pusing Saat Hamil, Tanda Kurang Zat Besi?

Bunda merasa pusing saat hamil? Hati-hati, Bun. Bisa jadi, itu adalah salah satu tanda  kekurangan zat besi pada ibu hamil. Ketika hamil, kebutuhan zat besi Bunda meningkat karena digunakan untuk pembentukan sel dan jaringan baru. 

 

Zat besi adalah unsur penting dalam pembentukan hemoglobin pada sel darah. Ketika asupan zat besi tidak memadai maka Bunda akan kekurangan sel darah merah yang bertugas menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya, selain pusing Bunda juga bisa merasa lemah dan kelelahan. Untuk mencegahnya, mari simak beberapa tips untuk mencegah tidak  kurang zat besi  pada ibu hamil.  

Perhatikan Nutrisi Makanan Bunda

Wanita hamil memiliki kebutuhan nutrisi khusus karena si Kecil berkembang dengan pesat di dalam perut Bunda. Misalnya, kebutuhan akan zat besi dan vitamin D yang lebih besar dari wanita lain. Maka dari itu penting untuk menghindari kekurangan zat besi pada ibu hamil.

Saat hamil, jantung bekerja lebih berat untuk memompa darah dengan volume yang meningkat untuk mencukupi asupan nutrisi guna mendukung pertumbuhan janin. Di samping itu, zat besi juga mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan otak si Kecil saat ia lahir nanti. Terpenuhinya kebutuhan zat besi dapat menjadikan si Kecil memiliki tumbuh kembang optimal, aktif bereksplorasi, dapat berpikir cepat, punya kemampuan mengingat yang baik dan siap belajar.

Oleh karena itu, penting bagi Bunda memastikan ketersediaan zat besi di dalam darah. Jangan lupa konsumsi makanan yang kaya zat besi seperti daging, ikan, ayam, hati, tempe dan biji-bijian selama Bunda hamil. Perlu dicatat, zat besi dari produk hewani lebih mudah diserap daripada zat besi dari sayur-sayuran. Siapkan selalu jenis-jenis makanan tersebut di menu harian Bunda, ya.

Bunda yang sedang hamil direkomendasikan mendapat asupan zat besi sebanyak 28-48 mg/hari. Tentunya Bunda dapat melakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk memastikan kebutuhan harian yang tepat selama kehamilan Bunda.

Atasi Mual Agar Tetap Nafsu Makan

Saat sedang hamil, wajar sekali jika Bunda kerap merasa mual dan kehilangan nafsu makan. Namun, dorongan tersebut harus dilawan, Bun. Atasi mual dengan menghindari makanan pedas dan berlemak yang dapat memicu asam lambung. Makanlah dalam porsi kecil tetapi sering untuk menghindari perut terlalu kenyang yang dapat memicu muntah. 

Makan lebih banyak buah yang mengandung potasium (pisang, apel dan jeruk). Bunda juga bisa mengonsumsi susu khusus ibu hamil yang sudah diperkaya dengan nutrisi penting untuk kehamilan, salah satunya yang mengandung zat besi dan asam folat yang tinggi. Selain bernutrisi, rasanya yang segar tentu membuat Bunda lebih mudah menikmatinya.

Minum Tablet Tambah Darah (TTD) dari Dokter

TTD adalah suplemen zat gizi yang mengandung zat besi dan asam folat. Umumnya, dokter memberikan suplemen ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh Bunda dan si Kecil di dalam kandungan, serta mengurangi risiko kehamilan lainnya akibat kekurangan zat besi pada ibu hamil. Pastikan Bunda selalu berkonsultasi dengan dokter tentang ketentuan meminum TTD.

Lengkapi Pola Makan dengan Asupan Vitamin

Bunda juga dapat meminta rekomendasi dari dokter mengenai asupan vitamin apa saja yang membantu melengkapi kebutuhan nutrisi Bunda dan si Kecil. Vitamin B6 misalnya, dapat membantu meringankan gejala mual dan pusing. Di sisi lain, Vitamin C penting untuk daya tahan tubuh, sekaligus dapat membantu agar zat besi bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Kombinasi vitamin C dan zat besi yang sesuai dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi dalam tubuh Bunda. Jadi, Bunda bisa menambahkan makanan kaya vitamin C seperti jeruk, pepaya, jambu biji, stroberi, tomat, dan lain sebagainya dalam menu harian yang mengandung zat besi. Semua asupan nutrisi ini tentu ikut berkontribusi pada kualitas hidup si Kecil di masa mendatang, termasuk perkembangan kognitif dan prestasinya.

Nah, selain tips tentang asupan makanan di atas, pastikan Bunda juga beristirahat dengan cukup dan tetap melakukan aktivitas fisik ringan setidaknya 30 menit setiap hari. Jangan lupa untuk minum air secukupnya agar Bunda tetap terhidrasi, ya. Selamat menanti kelahiran si Kecil, Bun!


 

Sumber:

 

Artikel Danone Global “7 Tips for Overcoming Nausea and Dizziness During Pregnancy” including:

https://www.nutriciaresearch.com/changes-taste-threshold-perceived-intensity-liking-preference-pregnant-women-literature-review

https://www.researchgate.net/publication/253241345_The_Recollection_of_Morning_Sickness_

and_Their_Support_System_as_Documented_by_Women_Post_Pregnancy

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3444565/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1774131/

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/expert-answers/blood-pressure/faq-20058543

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4477493/

Kartu Suplementasi Ibu Hamil Kemenkes


 

 

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 1

Ngidam Saat Hamil? Ketahui Beberapa ...

Ternyata ngidam bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang memberi suatu sinyal penting, lho Bun! Cek...

Jenis-Jenis Makanan untuk Ibu Hamil

Saat hamil, Bunda membutuhkan asupan makanan yang lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak...

Usia Kehamilan 10 Minggu, Jangan Lupa ...

Sudah memasuki usia kehamilan 10 minggu? Yuk intip makanan zat besi untuk ibu hamil berikut ini.

Ini Daftar Lengkap Kebutuhan Gizi ...

Daftar kebutuhan gizi ibu hamil muda (trimester pertama) yang ada di sini membantu Bunda paham...

Ragam Makanan yang Baik untuk ...

Untuk mendukung perkembangan otak janin selama kehamilan, Anda perlu memilih makanan yang tepat....

10 Tips Atasi Mual Muntah Saat ...

Ibu hamil biasanya akan mengalami mual dan muntah. Berikut tips mengatasi mual dan muntah saat...


Artikel Terpopuler

Pergerakan Janin Trimester Kedua ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin Kehamilan Trimester 1

Baca Selengkapnya >

Bun, Sebaiknya Hindari Makanan & ...

Baca Selengkapnya >

5 Cara Menyusui yang Benar ...

Baca Selengkapnya >

Optimalkan Periode Emas

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan