Facebook Pixel Code Kandungan Isolat Protein Soya dalam SGM Eksplor Soya

Kandungan Isolat Protein Soya dalam Susu SGM Eksplor Soya

Kandungan Isolat Protein Soya dalam Susu SGM Eksplor Soya

Kandungan Isolat Protein Soya dalam Susu SGM Eksplor Soya

Susu sapi biasanya jadi salah satu pilihan sumber nutrisi tambahan untuk memenuhi kebutuhan gizi si Kecil. Tapi bila si Kecil tak bisa mengonsumsi susu sapi akibat intoleransi laktosa, maka salah satu alternatif pengganti susu sapi yang bisa jadi pilihan adalah  formula soya. 

Berkat isolat protein soya, si Kecil yang di atas 1 tahun bisa mengonsumsi formula soya yang aman dan mengandung nutrisi penting untuk tumbuh kembangnya. Apa sih isolat protein soya itu? Apakah isolat protein soya yang ada dalam kandungan SGM Eksplor Soya benar-benar mendukung tumbuh kembang si Kecil yang berusia di atas 1 tahun dengan optimal?

Mengenal Isolat Protein Soya

Dilansir dari World Nutrition Journal vol 4 no 1-1 tahun 2020, isolat protein soya adalah bentuk protein kacang kedelai yang paling murni dan memiliki kandungan protein minimal 90%. Karena kandungan proteinnya yang tinggi, isolat protein soya sering digunakan dalam industri pangan, baik untuk makanan maupun minuman.

Salah satu produk pangan yang menggunakan isolat protein soya adalah formula soya. Menurut American Academy of Pediatrics, isolat protein soya digunakan dalam formula berbasis kedelai untuk anak sejak pertengahan tahun 1960-an. Sebelumnya, formula anak berbasis kedelai dibuat menggunakan tepung kedelai. Sayangnya, hal ini sering menyebabkan diare pada anak. Itulah sebabnya, isolat protein soya yang lebih aman mulai digunakan dalam formula soya untuk anak. 

Fortifikasi  Formula Soya*

Formula soya* memang mengandung nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Namun formula soya* tetap harus difortifikasi dengan beberapa nutrisi penting, di antaranya adalah zat besi dan vitamin C, demi memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak.

Zat besi diperlukan untuk mendukung kecerdasan anak serta untuk perkembangan sistem saraf dan pembentukan sel darah merah. Masalah kekurangan zat besi pada anak memberikan dampak pada tumbuh kembang dan kemampuan kognitif si Kecil. Sayangnya, kasus balita kekurangan zat besi cukup umum terjadi di Indonesia.

Menurut IDAI, angka kejadian anemia defisiensi zat besi di Indonesia mencapai sekitar 40-45%. Asupan zat besi untuk si Kecil bisa Bunda berikan dari berbagai sumber, seperti daging sapi, hati ayam, hati sapi, bayam, dan brokoli. Selain dari berbagai bahan makanan sehat tersebut, si Kecil juga bisa mendapatkan asupan zat besi dari formula soya* yang difortifikasi dengan zat besi.

Selain zat besi, vitamin C merupakan nutrisi yang umum ditambahkan pada formula soya* untuk anak, terutama karena vitamin C dibutuhkan untuk membantu tubuh menyerap zat besi. Bila tubuh kekurangan vitamin C, maka asupan zat besi melalui makanan dan minuman pun tak bisa diserap tubuh dengan baik.

Karena itu, bila si Kecil harus mengonsumsi formula soya*, pilihan terbaik adalah formula soya* yang telah difortifikasi dengan nutrisi makro dan mikro sesuai dengan kebutuhan si Kecil. Kandungan SGM Eksplor Pro-gress Maxx dengan IronC** yang mengkombinasikan zat besi dan vitamin C untuk penyerapan nutrisi penting secara optimal bisa jadi pilihan Bunda. Hanya yang terbaik untuk tumbuh kembang optimal si Kecil, bukan?

Formula Soya*: Aman atau Tidak?

Saat memilih produk susu untuk si Kecil di atas 1 tahun, faktor yang pasti jadi pertimbangan Bunda adalah manfaatnya untuk tumbuh kembang si Kecil. Bagaimana dengan formula soya*?

Pada studi yang dilakukan oleh Andres dkk pada tahun 2012, para peneliti membandingkan status perkembangan mental, kemampuan motorik, dan kemampuan bahasa antara anak usia 1 tahun yang mengonsumsi susu pertumbuhan berbasis susu sapi dengan anak usia 1 tahun yang mengonsumsi formula soya*. Hasilnya, penelitian ini menyatakan bahwa nilai uji perkembangan antara anak usia 1 tahun yang mengonsumsi susu pertumbuhan berbasis susu sapi tidak berbeda secara signifikan dengan anak usia 1 tahun yang mengonsumsi formula soya*. Selain itu, American Academy of Pediatrics merekomendasikan formula soya* sebagai alternatif yang aman sebagai sumber nutrisi  tambahan untuk mendukung tumbuh kembang anak yang tidak bisa mengonsumsi susu pertumbuhan untuk anak berbasis susu sapi.

Salah satu  pilihan formula soya* untuk si Kecil yaitu susu SGM Eksplor Pro-gress Maxx dengan IronC* yang mengkombinasikan nutrisi penting zat besi dan vitamin C dengan formula soya*. Tentu saja, sebelum memberikan formula soya*, Bunda sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter anak. Dengan asupan nutrisi terbaik dan stimulasi yang tepat, tumbuh kembang si Kecil secara optimal pun bisa dicapai.

*untuk anak di atas usia 1 tahun

**Kombinasi zat besi dan vitamin C

Referensi:

Andres, A., Cleves, M., Bellando, J., Pivik, R., Casey, P., & Badger, T. (2012).

Developmental Status of 1-Year-Old Infants Fed Breast Milk,

Cow's Milk Formula, or Soy Formula. PEDIATRICS, 129(6), 1134-1140. doi: 10.1542/peds.2011-3121

ANEMIA DEFISIENSI BESI PADA BAYI DAN ANAK. (2021). Retrieved 21

January 2021, from https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/

anemia-defisiensi-besi-pada-bayi-dan-anak

Astawan, M., & Prayudani, A. (2020). The Overview of Food Technology to

Process Soy Protein Isolate and Its Application toward Food Industry.

World Nutrition Journal, 4(1), 12. doi: 10.25220/wnj.v04.s1.0003

Iron (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2021).

Retrieved 21 January 2021, from https://kidshealth.org/en/parents/iron.html

Munasir, Z., & Sekartini, R. (2020). Soy Isolate Protein Formula: the usage beyond allergy indication.

World Nutrition Journal, 4(1), 24. doi: 10.25220/wnj.v04.s1.0005

Soy Protein-based Formulas: Recommendations for Use in Infant Feeding.

(1998). Pediatrics, 101(1), 148-153. doi: 10.1542/peds.101.1.148

Vitamin C. (2021). Retrieved 21 January 2021, from

https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/vitamin-c

IDAI | Pastikan Bayi Anda Cukup Zat Besi?. (2021). Retrieved 4 February 2021,

from https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pastikan-bayi-anda-cukup-zat-besi

 

 

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

Apakah Susu Pertumbuhan Terfortifikasi Bermanfaat ...

Kebutuhan nutrisi si Kecil selalu menjadi prioritas utama pada setiap orang tua. Orang tua tentu...

8 Nutrisi Ini Bisa untuk Bantu ...

Si Kecil yang memasuki usia 1-3 tahun akan mengalami masa pertumbuhan yang signifikan karena pada...

Rekomendasi Asupan Gizi & Nutrisi Seimbang ...

Dalam pemberian nutrisi, Ibu bisa mengikuti Pedoman Gizi Seimbang sebagai panduan dalam memberikan...

Tips Agar Si Kecil Berprestasi ...

Ibu pasti ingin si Kecil memiliki bakat, kan? Yuk, cari tahu apa yang menjadi minat dan bakat si...

Cara Tepat Membaca Grafik Pertumbuhan ...

Kuasai kemampuan membaca grafik pertumbuhan untuk memantau tumbuh kembang optimal si Kecil di...

4 Hal yang Membuat Anak Jadi ...

Perilaku susah makan pada anak usia 1 tahun ke atas bisa menyebabkan kekurangan zat besi. Ketahui...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan