Facebook Pixel Code Proses Perkembangan Janin Kehamilan Minggu Ke-6

Proses Perkembangan Janin Kehamilan Minggu Ke-6

Proses Perkembangan Janin Kehamilan Minggu Ke-6

Proses Perkembangan Janin Kehamilan Minggu Ke-6

Proses Perkembangan Baru

Pada minggu ke-6, banyak terjadi proses perkembangan janin secara signifikan. Meski di minggu ke-6 ini ukuran janin baru hanya sekitar 0,2 cm hingga 0,4 cm, namun banyak proses perkembangan baru dibandingkan minggu-minggu sebelumnya. Lengan dan kakinya sedang berkembang.

Pada minggu ini, tungkai janin tumbuh lebih panjang, sehingga untuk mengetahui telah seberapa besar calon buah hati Bunda, pengukuran diukur dari bagian kepala ke bagian bawah. Ini karena, kakinya masih sering membengkok dan sulit diukur. Kendati demikian, di kehamilan minggu ke-6 ini, Bunda sudah dapat mendengar detak jantung janin meski masih samar. Jantungnya berdetak sekitar 110 detak per menit, meski besarnya tidak lebih dari biji wijen. Dan pada minggu ini, saluran pencernaan janin mulai terbentuk.

Merasa Mual?

Pada kehamilan minggu ke-6 ini, hormon kehamilan Bunda sedang meningkat guna mendukung proses perkembangan janin. Ini sebabnya, Bunda jadi sering merasa mual.

Untuk mengurangi rasa mual saat hamil muda seperti sekarang ini, Bunda bisa mencoba dengan makan dengan porsi kecil, namun sering. Menurut pengalaman dari banyak ibu hamil, mengonsumsi makanan ringan seperti kue kering di pagi hari sebagai camilan dapat membantu meredakan rasa mual.

Yang terpenting, Bunda harus selalu memastikan, bahwa asupan yang dikonsumsi adalah makanan yang bernutrisi. Meski seringkali merasa tidak berselera pada makanan-makanan sehat, cobalah untuk tetap mengonsumsinya agar kebutuhan nutrisi Bunda dan calon buah hati selalu terpenuhi. Sehingga, proses perkembangan janin berjalan dengan baik.

Pentingnya Peran Asam Folat

Demi menunjang proses perkembangan janin, Bunda dianjurkan mengonsumsi tambahan makanan yang mengandung asam folat setiap hari minimal selama 12 minggu pertama kehamilan. Asam folat penting untuk mendukung proses perkembangan tabung saraf yang sudah menutup guna membentuk tulang belakang dan sistem saraf janin dalam kandungan Bunda.

Rutin mengonsumsi asam folat dengan dosis 0,4 mg setiap hari dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf seperti spina bifida (cacat lahir akibat sumsum tulang belakang bayi gagal berkembang saat di dalam rahim).

Rekomendasi WHO mengatakan asam folat harus dikonsumsi sedini mungkin; bahkan idealnya konsumsi asam folat telah dimulai sejak merencanakan kehamilan.

Sumber makanan alami dari asam folat disebut folat, ditemukan dalam sayuran hijau, daun-daunan, lentil, buncis dan kacang merah. Sedangkan asam folat sendiri adalah suatu bentuk yang ditemukan dalam suplemen dan makanan atau minuman yang telah difortifikasi.

Namun, karena kebutuhan Bunda akan asam folat sangat tinggi selama masa kehamilan, sulit untuk mencukupinya dari sumber makanan saja. Oleh karenanya, Bunda perlu menambahnya dengan mengonsumsi tambahan makanan yang mengandung asam folat, seperti susu khusus untuk ibu hamil. SGM Bunda dengan Complinutri, mengandung asam folat sesuai dosis yang dibutuhkan Bunda selama hamil bahkan hingga nanti masa menyusui.

Jika Bunda baru mengetahui bahwa tengah mengandung di usia kehamilan minggu ke-6 ini, segera konsumsi susu khusus yang mengandung tinggi asam folat ya Bunda!

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 2

Segudang Manfaat Komunikasi dengan Bayi ...

Ternyata berkomunikasi dengan janin atau bayi sejak dalam kandungan punya manfaat yang besar loh!...

Proses Perkembangan Janin pada Kehamilan ...

Proses Perkembangan Janin pada Kehamilan Minggu Ke-8

Proses Perkembangan Janin pada Kehamilan ...

Proses Perkembangan Janin pada Kehamilan Minggu Ke-10

6 Nutrisi Penting untuk Tumbuh Kembang ...

Tumbuh kembang janin dapat ditunjang dengan konsumsi nutrisi yang seimbang. Pastikan Bunda...

Perut Menonjol Ke Atas Tanda ...

Terdapat kepercayaan atau mitos bahwa perut Ibu hamil yang menonjol ke atas itu tanda anak...

Pentingnya Kalsium untuk Perkembangan Janin

Kalsium dibutuhkan untuk mendukung perkembangan tulang dan gigi pada janin. Bagaimana proses...


Artikel Terpopuler

Perkembangan Janin Kehamilan Trimester 1

Baca Selengkapnya >

Pergerakan Janin Trimester Kedua ...

Baca Selengkapnya >

Optimalkan Periode Emas

Baca Selengkapnya >

Bun, Sebaiknya Hindari Makanan & ...

Baca Selengkapnya >

7 Kiat Atasi Gejala Pusing & ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut