Facebook Pixel Code Permainan Sederhana Bantu Perkembangan Otak Anak

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan Otak si Kecil

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan Otak si Kecil

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan Otak si Kecil

Tahun-tahun awal, terutama dua tahun pertama kehidupan si Kecil adalah periode penting bagi tumbuh kembangnya. Pada periode ini sebagian besar jalur saraf otak yang mendukung komunikasi, pemahaman, hingga kesehatan emosional tumbuh dengan cepat.

Selain gen, perkembangan otak si Kecil dipengaruhi berbagai faktor seperti nutrisi yang tepat dan pengalaman si Kecil dengan dunia sekitarnya. Untuk itu, Bunda bisa memanfaatkan waktu di rumah dengan memberi stimulasi yang mendukung perkembangan otak si Kecil melalui beberapa permainan sederhana.

Kenapa Bermain Penting untuk Perkembangan Otak?

Semua hal yang dilihat, didengar, dan dirasakan si Kecil adalah bentuk stimulasi yang memberi rangsangan pada otaknya. Bahkan, gerakan sederhana seperti mengusap si Kecil bisa mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Permainan menjadi salah satu teknik menyenangkan untuk memberi stimulasi. Bunda bisa mengajak si Kecil bermain bersama. Selain menjadi hiburan, kegiatan tersebut akan mempererat ikatan antara Bunda Tangguh dan si Kecil. Apalagi, perkembangan otak si Kecil juga bergantung pada kedekatannya dengan orang tua.

Stimulasi sesuai Tahapan Perkembangan si Kecil

Saat bermain, Bunda perlu memperhatikan jenis permainan yang sesuai dengan tahapan usia si Kecil, Berikut adalah beberapa jenis permainan sederhana yang bisa dilakukan di rumah:

Usia 0-1 Tahun

  1. Cilukba

Cilukba adalah salah satu permainan paling mudah, praktis, dan dapat dilakukan bersama si Kecil. Ia biasanya akan kebingungan ketika wajah Bunda menghilang dari pandangannya. Namun ketika Bunda muncul kembali, ekspresinya berubah menjadi bahagia. Permainan ini bisa dilakukan sebagai selingan ketika sedang mengganti pakaian atau popok bayi.

  1. Bernyanyi

Bernyanyi sambil beraktivitas adalah hal menyenangkan yang bisa dilakukan bersama si Kecil. Bunda bisa menyanyikan lagu apa saja, mengganti lirik lagu, atau bahkan mengarang lagu sendiri. Lihat respons si Kecil dan kenali mana lagu yang menjadi kesukaannya. Variasi musik dan lirik yang berganti-ganti membantu perkembangan otak si Kecil. Banyaknya kalimat yang didengar si Kecil ketika Bunda bernyanyi juga membantunya mempelajari macam-macam perbendaharaan kata.

  1. Meniru

Bunda dapat menirukan ucapan atau gerakan kecil si Kecil seperti tersenyum atau tertawa. Meskipun pada usia ini si Kecil belum bisa berbicara, ini adalah cara tepat untuk merangsang kemampuan komunikasinya. Manfaat lain dari permainan ini adalah meningkatkan kepercayaan diri si Kecil. Ia akan merasa senang ketika Bunda bermain dan menghabiskan waktu bersamanya.

  1. Permainan Menggambar

Saat usianya sudah mendekati setahun, kenalkan ia pada pensil berwarna atau krayon. Contohkan cara menggambar di atas kertas. Bebaskan agar si Kecil menggambar sesuai keinginannya. Pastikan Bunda selalu awasi agar si Kecil tidak memasukan pensil atau krayon ke mulut.

Usia 1-3 Tahun

  1. Memasukkan dan mengeluarkan benda

Ajari si Kecil cara memasukkan benda kecil ke dalam wadah seperti kotak, pot bunga, botol dan lain-lain. Permainan ini juga bisa diakali dengan mangkuk atau gelas beraneka ukuran. Tunjukkan pada si Kecil cara meletakkan mangkuk yang ukurannya lebih kecil ke dalam mangkuk lebih besar. Buat agar ia mau melakukannya sendiri. Pilih benda yang tidak mudah pecah ya, Bun.

  1. Membacakan Dongeng

Saat membacakan dongeng, Bunda bisa menirukan efek suara berbagai macam hewan atau suara langkah kaki. Ini dapat menstimulasi si Kecil mengenali beragam suara. Ketika selesai membaca, Bunda bisa mengajukan pertanyaan seperti siapa nama tokohnya? Atau kenapa tokoh tersebut melakukan hal tertentu?

  1. Memilih dan Mengelompokkan Benda

Berikan si Kecil bola atau balok warna-warni. Minta si Kecil memilih dan mengelompokkan balok atau bola tersebut berdasarkan warnanya. Mulai dengan 2 jenis warna yang berlainan, kemudian sedikit demi sedikit tambahkan bola/ balok berwarna lain.

  1. Memilih Pakaian

Berpakaian ternyata juga bisa jadi permainan lho, Bun. Beri kesempatan si Kecil memilih sendiri pakaian yang akan dikenakannya. Biarkan si Kecil mencoba berpakaian sendiri tanpa bantuan. Bunda juga bisa mengajaknya mencocokkan pakaian miliknya dengan aksesoris seperti topi, bando, kaus kaki, dan lain-lain.

Usia 3-5 Tahun

  1. Menyusun Balok

Menyusun balok warna-warni bisa jadi salah satu permainan menyenangkan untuk si Kecil. Permainan ini tidak hanya baik untuk perkembangan kecerdasan si Kecil, tapi juga baik untuk melatih kemampuan motoriknya.

Bunda dapat menyusun balok dan menyuruh si Kecil mengikuti susunan yang Bunda buat. Bunda juga bisa biarkan si Kecil membuat susunannya sendiri. Tingkatkan kerumitan pola susunan balok seiring perkembangan kemampuan si Kecil.

  1. Masak-masakan

Permainan ini dapat melatih anak mengenali berbagai hal, seperti jenis alat untuk memasak ataupun mengekspresikan sensasi seperti panas, pedas, dan enak. Permainan ini juga dapat melatih imajinasi si Kecil. Pilihlah jenis mainan masak-masakan yang aman dan sesuai usianya.

  1. Petak umpet

Permainan petak umpet bisa dilakukan ketika usia si Kecil memasuki 3 tahun ke atas. Permainan ini bisa merangsang kemampuan si Kecil memecahkan masalah sekaligus melatih perkembangan fisiknya. Pastikan Bunda bersembunyi di tempat yang mudah dihampiri si Kecil ya.

  1. Puzzle

Menyusun puzzle juga bisa menjadi permainan yang baik untuk stimulasi otak. Puzzle membantu si Kecil melatih kemampuannya dalam menyelesaikan masalah. Tingkat kesulitan puzzle tentunya dapat disesuaikan dengan usia dan kemampuan si Kecil.

Tips Mengajak Si Kecil Bermain

Selain memberikan manfaat untuk perkembangan otak dan fisik, beberapa permainan juga dapat menjaga mood si Kecil dan mencegahnya rewel. Nah, dalam mengajak si Kecil bermain sambil belajar, Bunda sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Perhatikan reaksi si Kecil ketika bermain. Ketika ia tertawa, menanggapi, dan menunjukkan pandangan tertarik, artinya Bunda dapat mengajaknya terus bermain.

  • Kenali waktu untuk berhenti. Permainan memang menyenangkan, tapi tentu ada batasan ketika si Kecil sudah merasa lelah. Jika ia sudah berpaling dari permainan atau menangis, kemungkinan ia membutuhkan istirahat.

  • Cobalah berbagai macam permainan supaya si Kecil tidak merasa bosan.

  • Bangun suasana hangat dan akrab selama permainan. Selain untuk stimulasi otak, bermain bersama juga bisa menjadi cara membangun kedekatan emosional dengan si Kecil.

  • Ciptakan lingkungan nyaman untuk si Kecil bermain. Bermain di dalam maupun di luar rumah tidak menjadi masalah, yang penting adalah tempat tersebut aman dan nyaman.

  • Tanamkan kebiasaan-kebiasaan positif di sela permainan. Contohnya mengajarkan si Kecil merapikan mainannya atau membacakannya dongeng-dongeng Nusantara untuk menumbuhkan kecintaannya pada buku.

Merangsang perkembangan otak si Kecil ternyata tidak sesulit yang dibayangkan ya, Bun. Bunda bisa memulainya dari permainan yang paling sederhana. Dengan begitu, meski hanya di rumah saja, Bunda bisa tetap mendukung tumbuh kembang si Kecil.

Jangan lupa ya, Bun. Selain stimulasi, tentu si Kecil membutuhkan asupan gizi agar fungsi otaknya bisa berkembang dengan optimal. Saat memasak, pastikan makanan matang dengan sempurna ya, Bun. Pastikan si Kecil rajin mencuci tangan selama 30 detik, istirahat yang cukup, dan melakukan olahraga rutin. Untuk menambah informasi terkait nutrisi dan tumbuh kembang anak, Bunda bisa mengirimkan pertanyaan melalui carelinesgm@sarihusada.co.id atau nomor 0800 1 360 360.

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

Konsumsi Zat Besi, Makanan Untuk ...

Cari tahu yuk, Bun, apa saja makanan kaya zat besi yang dapat sekaligus menjadi makanan untuk...

Rekomendasi Mainan Anak Sesuai Usia ...

Memilih mainan anak perlu mempertimbangkan usia Si Kecil. Berikut rekomendasi mainan anak yang bisa...

Nutrisi Penting Untuk Daya Tahan ...

Nutrisi yang tepat bisa membantu pertumbuhan sekaligus daya tahan anak berusia 1-3 tahun.

Makanan Sehat Untuk Si Kecil

Makanan Sehat untuk Dukung Kesehatan si Kecil

Menjaga Kesehatan Si Kecil Di ...

Cara Menjaga Kesehatan si Kecil di Musim Virus

Kebutuhan Asupan Makanan Bergizi

Bantu Buah Hati Mencukupi Kebutuhan Asupan Makanan Bergizi


Artikel Terpopuler

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Periode Emas Pertumbuhan Anak ...

Baca Selengkapnya >

Mencuci Tangan Yang Benar ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut