Perkembangan Janin Selama Kehamilan Trimester Pertama

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap Kehamilan Trimester 1

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap Kehamilan Trimester 1

Selamat! Bunda hamil dan akan menikmati masa kehamilan trimester I atau tiga bulan pertama masa kehamilan. Banyak calon Bunda yang pasti sudah memikirkan bagaimana proses perkembangan janin selama trimester I; seperti rupa dan ukuran janin. 

Perkembangan Janin Kehamilan Trimester I

Cari tahu dan jawab seluruh rasa penasaran Bunda tentang perkembangan janin dalam kandungan selama kehamilan trimester Pertama beserta nutrisi yang dibutuhkan.

  • Kehamilan Bulan Pertama (Minggu 1-4)

Pada bulan pertama kehamilan, terutama pada minggu ke-4, janin sudah berkembang dari sekumpulan sel yang dinamakan blastocyst menjadi embrio. Ukuran embrio pada tahap ini hanya sebesar titik ujung pensil. Meski demikian, tabung sistem saraf yang merupakan asal perkembangan otak, tulang belakang, dan jaringan saraf sudah mulai terbentuk. Demikian juga sel darah dan sirkulasi serta dasar bentuk janin nantinya. Pada masa kehamilan di bulan pertama ini, ukuran bayi berkisar antara 6-7 mm atau kira-kira sebesar sebiji beras.

Nutrisi Bulan Pertama

Nutrisi terpenting yang harus dikonsumsi Bunda adalah vitamin khusus kehamilan, yaitu folic acid atau asam folat. Asam folat adalah salah satu nutrisi yang paling ampuh untuk mencegah resiko spina bifida atau kerusakan tabung sistem saraf yang sangat vital.

Makanan yang kaya asam folat alami antara lain jeruk, kentang, brokoli, asparagus, telur, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran. Bunda juga butuh zat besi dan protein, jadi perbanyak makanan daging yang dimasak dengan baik serta buah-buahan.

  • Kehamilan Bulan Kedua (Minggu 5-8)

Pada bulan kedua kehamilan, fitur wajah bayi terus berkembang. Daun telinganya sudah mulai muncul sisi kiri dan kanan bagian kepalanya. Pada saat yang sama, sel awal pembentuk kaki dan tangannya juga terbentuk. Pada bulan ini, jari jemari dan mata juga berkembang dengan pesat.

Berbeda dengan bulan pertama, sistem tabung saraf bayi sudah selesai terbentuk. Tulang lunak juga mulai memadat, bersamaan dengan sistem pencernaan dan indra perasa bayi yang mulai berkembang. Pada masa kehamilan bulan kedua, bayi juga sudah mulai bergerak, lho. Hanya saja Bunda masih belum bisa merasakannya. Bayi kini berukuran sekitar 2,5 cm dengan berat sekitar 9,5 gram.

Nutrisi Bulan Kedua

Masih lebih kurang sama dengan bulan pertama di kehamilan bulan pertama, dokter tetap akan menganjurkan vitamin asam folat untuk perkembangan saraf yang terbaik. Untuk menghindari anemia atau keletihan, perbanyak zat besi yang bisa didapatkan melalui vitamin maupun makanan alami.

Kalsium juga merupakan nutrisi penting hingga 1.000 mg per hari. Selain itu, protein penting untuk menjaga suplai darah bunda dan perkembangan otot bayi. Makanan ikan dan susu sangat dianjurkan juga pada masa ini.

  • Kehamilan Bulan Ketiga (Minggu 9-12)

Bentuk bayi semakin terlihat jelas pada bulan ini. Bukan cuma tangan, kaki dan jari jemari bahkan kuku juga sudah mulai terbentuk sempurna. Bayi pun sudah bisa membuka dan menutup genggaman tangannya. Indra pendengaran bayi juga semakin berkembang, sama halnya dengan organ reproduksi alias kelamin. Namun, pada masa kehamilan bulan ketiga ini, jenis kelamin bayi umumnya masih belum bisa diketahui. Pada akhir kehamilan bulan ketiga, ukuran bayi sekitar 7,5-10 cm dengan berat sekitar 1 ons.

Nutrisi Bulan Ketiga

Mual muntah biasanya masih lumrah terjadi pada bulan akhir kehamilan trimester I. Dengan makanan kaya vitamin B6 (jeruk, telur, dan sayuran), masalah ini bisa lebih diminimalkan. Pastikan bunda tetap mengonsumsi air, susu, dan buah segar untuk asupan air ekstra, berikut fiber dan antioksidan.

Karbohidrat seperti pasta, roti, nasi, dan kentang juga bisa memberikan energi baik bagi bunda maupun bayi. Pastikan Bunda memasak daging dan ikan hingga matang sempurna.

Setiap Bunda pasti menginginkan punya anak yang cerdas dan sehat, baik secara fisik maupun mental. Agar menjadi anak generasi maju yang kreatif, supel, mandiri, percaya diri, serta tumbuh dengan fisik yang kuat, Bunda perlu memberi asupan nutrisi sejak dalam kandungan. Ini sebabnya nutrisi sejak awal sudah harus dipikirkan dengan seksama.

Bunda tidak perlu terlalu cemas memikirkan variasi nutrisi. Selama menu makanan telah mengikuti pola empat sehat lima sempurna, asupan nutrisi ke kandungan pasti bisa tercukupi dengan baik guna mendukung tahap perkembangan janin pada masa kehamilan. Variasi nutrisi yang wajib ada antara lain karbohidrat, lemak, aneka vitamin dan mineral, asam folat, serta zat besi.

Untuk mempermudah variasi nutrisi pada kehamilan trimester 1 dan sepanjang masa kehamilan, gunakan panduan total nutrisi dan vitamin berikut ini :

  • Karbohidrat sebagai sumber energi utama bagi ibu dan bayi dapat ditemukan pada nasi, umbi-umbian, kentang, singkong, serta aneka makanan manis.
  • Protein yang dibutuhkan pada masa kehamilan sangat bervariasi dan meningkat seiring dengan usia kehamilan. Sumber protein yang berasal dari hewan dapat diperoleh pada daging merah, unggas, olahan susu, dan makanan laut. Sumber protein nonhewani paling banyak berasal dari kacang-kacangan seperti tahu, tempe, dan kacang polong.

  • Lemak diperlukan sebagai cadangan energi dan membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K. Lemak esensial tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga harus diperoleh dari makanan. Nutrisi seperti asam linoleat, alfa linolenat, omega 6, dan omega 3 bisa didapatkan dari minyak jagung, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Komponen lemak esensial ini berguna untuk pertumbuhan bayi dan perkembangan otak.
  • Zat besi berguna untuk membentuk hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen menuju seluruh organ dan jaringan tubuh pada Bunda dan janin pada awal kehamilan. Beberapa sumber makanan yang mengandung zat besi di antaranya sayuran berwarna hijau tua, gandum, buah, serta daging merah.
  • Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi yang bersumber dari sayuran. Bunda bisa mendapatkan asupan vitamin C dari aneka buah dan sayur
  • Asam folat direkomendasikan selama kehamilan dan berfungsi untuk pembentukan struktur vital dan saraf. Bahkan, konsumsi asam folat sudah direkomendasikan sejak dini sebelum kehamilan atau saat merencanakan kehamilan. Makanan sumber asam folat dapat ditemukan dalam sayuran hijau, kacang-kacangan, buah sitrus, roti, sereal, pasta, dan nasi.
  • Yodium dibutuhkan untuk produksi hormon tiroid yang berperan dalam menjaga kehamilan dan tumbuh-kembang janin. Ibu hamil yang kekurangan yodium memiliki risiko keguguran, persalinan prematur, dan kelainan bawaan pada janin. Selain itu, seorang anak yang lahir dari ibu dengan kekurangan yodium dapat mengalami retardasi mental, pertumbuhan terhambat, serta gangguan kemampuan bicara dan pendengaran. Sumber yodium banyak terdapat pada produk susu (keju dan yogurt), rumput laut, kerang, ikan, daging, garam beryodium, dan telur.

Saat hamil, sebaiknya Bunda menghindari rokok dan alkohol. Konsumsi alkohol menyebabkan retardasi pertumbuhan dan perkembangan janin dan kecacatan. Di sisi lain, merokok mengakibatkan bayi terlahir dengan berat badan rendah. Penting pula untuk tidak mengonsumsi obat-obatan tanpa petunjuk dokter. Obat-obatan tertentu dapat menyebar ke peredaran darah bayi melalui plasenta. Hal tersebut bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan, perkembangan saraf, gangguan belajar, bahkan kematian janin.

Selain sumber makanan dari hewan dan nonhewani, Bunda kadang juga perlu mikronutrient tertentu selama kehamilan. Karena itu, konsumsi suplemen vitamin dan mineral terkadang diperlukan untuk mencapai nutrisi yang mencukupi kebutuhan selama hamil.

Sumber terbaik untuk mendapatkan semua nutrisi saat hamil adalah konsumsi makanan keseharian. Namun, suplementasi dapat diberikan jika dirasakan kurang. Sebelum mengonsumsi suplemen, ada baiknya Bunda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Konsumsi suplemen sebaiknya bersama dengan air putih atau jus buah. Konsumsi suplemen dengan susu, teh, atau kopi, dapat mengganggu penyerapan suplemen dalam tubuh.

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 1

Pengaruh Suara Bising terhadap Kehamilan ...

Buah hati yang berada dalam kandungan memiliki kemampuan untuk mendengarkan suara yang ada di luar....

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Selama ...

Dinyatakan mengandung oleh dokter tentu menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi Bunda. Rasa...

Mengenal 1000 Hari Pertama Kehidupan

Buah hati melalui masa tumbuh kembang paling kritis selama 1000 hari pertama kehidupannya. Fase...

Mempersiapkan 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Tahukah Bunda? Periode emas sudah dimulai sejak masa kehamilan. Karena itu, Bunda perlu memenuhi...

8 Hal yang Bisa Dilakukan Ayah ...

Kehamilan tidak hanya dialami Bunda. Peran ayah saat Bunda hamil dapat menjadi awal baik untuk...

Bun, Pertimbangkan Konsumsi Vitamin Ini ...

Saat hamil, janin dalam kandungan akan melalui berbagai perkembangan setiap minggunya. Untuk itu,...

Artikel Terpopuler

Bun, Lakukan Hal Ini ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap ...

Baca Selengkapnya >

Kebutuhan Gizi untuk Optimalkan ...

Baca Selengkapnya >

Lancar Persalinan Normal dengan 10 ...

Baca Selengkapnya >

6 Cara Efektif Memperlancar ASI

Baca Selengkapnya >