Facebook Pixel Code Perkembangan Bayi 5 Bulan yang Wajib Bunda Pahami

Perkembangan Bayi 5 Bulan yang Wajib Bunda Pahami

Perkembangan Bayi 5 Bulan yang Wajib Bunda Pahami

Perkembangan Bayi 5 Bulan yang Wajib Bunda Pahami

Perkembangan buah hati di awal-awal kehidupannya berlangsung dengan cepat. Bila sebelumnya si Kecil hanya bisa menangis dan tidur, beberapa bulan setelahnya dia akan mulai menunjukkan perkembangan yang signifikan, seperti tengkurap lalu merangkak.

Selanjutnya, si Kecil akan mulai belajar duduk di mana hal ini biasanya menjadi salah satu perkembangan bayi 5 bulan. Apakah hanya kemampuan duduk? Tentu saja tidak.

Berikut ini beberapa perkembangan bayi 5 bulan yang perlu Bunda perhatikan!

Kemampuan  Fisik

Bayi berusia 5 bulan kini sudah memiliki kekuatan di area kaki dan sudah mulai bisa menanggung beban di kakinya. Kemudian, perkembangan bayi usia 5 bulan pun juga meliputi kekuatan yang ada di siku dan lengan, jadi si Kecil bisa menopang tubuhnya saat tubuhnya tengkurap.

Lalu, tangannya pun sudah bisa meraih objek yang ada di jangkauannya dan dia bisa menggenggam objek itu. Si Kecil sudah bisa memegang mainan sendiri, Bund. Jadi, pilih-pilih sebelum memberikannya mainan ya, Bund. Pastikan objeknya tidak berbahaya.

Kemampuan Motorik

Perkembangan bayi 5 bulan dalam kemampuan motorik yang paling mudah diperhatikan adalah kemampuan duduk. Ya, si Kecil kini bisa duduk lebih lama tanpa terjatuh, Bund. Tapi, meskipun begitu, Bunda tetap perlu menyiapkan bantal di belakangnya untuk berjaga-jaga, ya!

Selanjutnya, beberapa anak juga sudah bisa memutarbalikkan tubuhnya dari keadaan telentang ke tengkurap. Jadi, sama seperti sebelumnya, pastikan untuk menjaga si Kecil. Sebab, ketika sudah bisa memutarkan tubuh, si Kecil lebih berisiko jatuh dari tempat tidur dan juga mengalami cedera.

Kemampuan Penglihatan

Pandangan si Kecil belum sempurna, tetapi jelas lebih baik dibandingkan sebelumnya. Bahkan, hal ini sebaiknya tidak perlu Bunda khawatirkan karena pandangannya baru akan sempurna setelah mencapai usia 3 tahun. Kemudian, kemampuan melihatnya pun akan meningkat setiap waktu.

Nah, tapi, khusus di bulan kelima, peningkatan yang sudah dirasakan si Kecil akan memiliki hasil signifikan. Makanya, si Kecil mungkin akan suka melihat objek penuh warna, berbentuk unik, atau dengan pola-pola tertentu.

Kemampuan Sosial dan Emosional

Usia 5 bulan adalah awal dari pencarian jati diri si Kecil. Makanya, pada perkembangan bayi 5 bulan, si Kecil akan mulai mengenal siapa orang tuanya dan siapa orang asing. Fenomena ini juga yang menyebabkan si Kecil punya kedekatan khusus dengan orang tua dan senang jika bermain dengan Bunda atau Ayah.

Tapi, keadaan ini pun bisa membuat si Kecil merasa cemas kalau bertemu orang asing. Si Kecil akan merasa tidak aman dan memang membutuhkan waktu agar terbiasa bertemu orang-orang baru. Jadi, jangan khawatir dulu ya, Bund!

Kemampuan Otak dan Kognitif

Konsekuensi adalah hal yang mulai dikenali oleh si Kecil, nih. Sekarang, mereka bisa tahu kalau tindakan mereka akan menyebabkan objek tertentu bergerak, misalnya kalau mereka mendorong bola atau melempar makanan. Bahkan, hal ini bisa jadi sesuatu yang menghibur si Kecil, Bund!

Lalu, di antara usia 4 dan 6 bulan ini, si Kecil akan mulai memahami kalau objek yang hilang dari penglihatan tidak berarti hilang. Maka dari itu, si Kecil mungkin jadi tidak sering menangis kalau ditinggal Bunda sebentar.

Baca Juga: Perkembangan Bayi 6 Bulan: Si Kecil Sudah Bisa Apa Saja?

Nah, itulah tadi beberapa tanda-tanda perkembangan bayi 5 bulan yang patut Bunda perhatikan. Apabila si Kecil belum menunjukkan kemampuan-kemampuan di atas, jangan panik dulu, Bund. Berikan dia stimulasi lewat mengajaknya bermain, bergerak, bersosialisasi, dan lewat pendekatan-pendekatan lainnya. Namun, jika ada kendala, jangan ragu untuk konsultasikan ke dokter ahli kesehatan anak.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Sumber:

  • Chaunie Brusie, RN. (2018). Your 5-Month-Old Baby’s Development & Milestones. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-5-month-old-baby-development-and-milestones-4172566

  • Watson, S. (2009, October 27). Baby Development: Your 5-Month-Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-5-months#1

  • 5-6 months: baby development. (2020, March 13). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/5-6-months

Artikel Lainnya di Tahapan Bayi 0 - 6 bulan

Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Di 1000 hari pertama kehidupan, otak si Kecil berkembang pesat. Berikan stimulasi dan nutrisi yang...

IDAI: Perhatikan Hal-Hal Berikut ini ...

Resep MPASI ada banyak dan unik semua ya, Bund? Namun, sebelum menyiapkan, perhatikan empat faktor...

Menu MPASI Umur 6 Bulan untuk ...

Demi tumbuh kembang bayi yang optimal, Bunda perlu memberikan MPASI saat si Kecil memasuki usia 6...

5 Ciri Bayi Kurang Zat Besi ...

Jangan sepelekan kelima ciri bayi kurang zat besi berikut ini karena kekurangan nutrisi ini dapat...

Tips Tepat Memilih Makanan Bayi ...

Simak ulasan berikut ini mengenai pentingnya zat besi terhadap anak dan tips memilih makanan bayi...

Manfaat dan Dampak Bayi Kekurangan ...

Zat besi bermanfaat untuk menjaga kesehatan, pertumbuhan, serta perkembangan si Kecil. Otomatis,...


Artikel Terpopuler

Tips Menyiapkan MPASI untuk ...

Baca Selengkapnya >

Atasi Buah Hati Rewel ...

Baca Selengkapnya >

Seperti Apa Perkembangan Bayi ...

Baca Selengkapnya >

Bagaimana Tumbuh Kembang Anak 0...

Baca Selengkapnya >

MPASI yang Tepat untuk ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut