Facebook Pixel Code Pahami Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 1-5 Tahun

Pahami Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 1-5 Tahun

Pahami Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 1-5 Tahun

Pahami Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 1-5 Tahun

Setiap orang tua pasti ingin anaknya berkembang dengan optimal. Berdasarkan hasil penelitian, agar si Kecil dapat berkembang dengan baik, selain nutrisi yang lengkap dan seimbang, mereka perlu mendapatkan stimulasi yang tepat, sesuai dengan usianya. Stimulasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk merangsang kemampuan kognitif anak.

Selain menyesuaikan tahapan stimulasi dengan usia si Kecil, terdapat beberapa aspek pertumbuhan dan perkembangan anak yang harus diperhatikan, yaitu keterampilan berpikir, perkembangan fisik, perkembangan bahasa, dan perkembangan sosio-emosional. Untuk membantu para orang tua memberikan stimulasi yang tepat, berikut ini adalah tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak yang perlu dipahami:

Perkembangan Anak Usia 1-2 Tahun

Dalam periode ini, si Kecil akan tumbuh dan berubah dengan cepat. Oleh karena itu, Bunda disarankan untuk mengajak si Kecil berbicara sesering mungkin, karena dengan mendengar suara dan berkomunikasi dengan Bunda, kemampuan berkomunikasi si Kecil juga akan ikut berkembang.

Baca Juga: Ini Penyebab Bunda Kesulitan Berkomunikasi dengan Balita

Perkembangan Anak Usia 2-3 Tahun

Dari sisi motorik, jika si Kecil sudah berusia 2-3 tahun, umumnya mereka sudah bisa berjalan stabil atau bahkan berlari. Si Kecil pun juga akan mulai melompat pada kisaran usia ini. Selain dari sisi motorik, sisi psikologis si Kecil juga akan tampak lebih jelas ketika memasuki fase ini. Tidak hanya menunjukkan emosi ketika menolak atau menerima sesuatu, si Kecil pun sangat mungkin menunjukkan gejala tantrum. Namun Bunda tidak perlu khawatir, karena hal ini merupakan hal yang wajar karena si Kecil masih sulit dalam mengontrol sikap emosionalnya.

Sikap tantrum ini bisa disebabkan karena si Kecil masih mengalami kesulitan dalam mengutarakan keinginannya kepada Bunda. Keterbatasan bahasa bisa menjadi kendalanya. Untuk mengatasi hal ini, Bunda dapat mulai menerapkan kebiasaan membacakan buku cerita sebelum si Kecil tidur untuk melatih kemampuan berbahasa mereka, sehingga si Kecil mampu mengutarakan isi hati.

Selain itu, pada usia ini, Bunda juga diharapkan untuk sering mengajak si Kecil bermain dan berinteraksi dengan anak-anak seusianya untuk membantu melatih pertumbuhan dan perkembangan anak dalam hal berkomunikasi serta mengelola emosi si Kecil.

Perkembangan Anak Usia 3-5 Tahun

Dalam fase usia ini umumnya kemampuan anak mulai dari berbahasa, kognitif, sensorik, dan emosi sudah mengalami perkembangan. Si Kecil mulai dapat mengenal pertemanan dimana mereka akan mulai untuk berinteraksi dengan banyak orang terutama teman seusianya. Pada pertumbuhan dan perkembangan anak usia ini, Bunda dapat mengajarkan si Kecil untuk mulai belajar menulis hingga menggambar. 

Pertumbuhan dan perkembangan anak juga dapat Bunda lihat dengan kemampuan mereka dalam membedakan warna dan mengenal huruf dan berhitung dengan angka dasar seperti 1 hingga 10. Ajak si Kecil untuk dapat berinteraksi sesering mungkin. Hal ini bisa Bunda lakukan dengan mengajaknya berbicara tentang kegiatan yang mereka lakukan, siapa teman yang disukai atau menanyakan hal menarik apa yang si Kecil alami pada hari itu. Hal ini akan membuat si Kecil merasa diperhatikan serta melatih kemampuan berbahasa mereka terutama.

Bantu Pertumbuhan dan Perkembangan Anak dengan #AyoTunjukTangan

Sebagai aset bangsa, setiap anak Indonesia berhak untuk merasakan kemerdekaan terutama dalam memperoleh akses kemajuan demi masa depan yang lebih baik. Oleh karena itu, yuk berikan dukungan dalam langkah pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan agar si Kecil dapat tumbuh maksimal jadi Anak Generasi Maju dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan!

Dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan, setiap partisipasi yang Bunda berikan akan dikonversikan oleh SGM Eksplor dan mitra dalam tiga bentuk donasi berikut:

  1. Paket nutrisi untuk anak usia di atas 1 tahun

  2. Paket beasiswa pendidikan online

  3. Perbaikan fasilitas belajar bagi anak-anak Indonesia yang membutuhkan

Caranya sangat mudah lho! Bunda hanya cukup memberikan dukungan Bunda dengan klik salah satu donasi yang ingin Bunda berikan di sini. Setelah itu, Bunda bisa mengikuti langkah selanjutnya dan berkesempatan mendapatkan berbagai hadiah menarik jika mengajak teman Bunda untuk turut berpartisipasi. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, berikan dukungan Bunda sekarang juga dengan mengunjungi halaman ini!

Sumber:

Dr. Nitish Basant Adnani BMedScc. (2020, May 22). Tahapan Stimulasi Yang Tepat untuk Perkembangan Anak. klikdokter.com. https://www.klikdokter.com/rubrik/read/2700461/stimulasi-yang-tepat-sesuai-usia-anak 

What is Motor or Physical Development | Help Me Grow MN. (n.d.). Retrieved Aug 30, 2021, from https://helpmegrowmn.org/HMG/HelpfulRes/Articles/WhatMotorPhysicalDev/index.html 

Cognitive Development - stages, meaning, average, Definition, Description, Common problems. (n.d.). Retrieved May 8, 2021, from http://www.healthofchildren.com/C/Cognitive-Development.html 

Motorik Kasar vs Motorik Halus. (n.d.). Retrieved Aug 30, 2021, from https://www.parenting.co.id/balita/motorik+kasar+vs+motorik+halus 

Tahapan Stimulasi yang Tepat untuk Perkembangan Anak. (n.d.). Retrieved Aug 30, 2021, from https://www.klikdokter.com/rubrik/read/2700461/stimulasi-yang-tepat-sesuai-usia-anak 

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 3 - 5 tahun

7 Cara Melatih Anak agar Punya ...

Melatih anak supaya punya banyak akal penting untuk tumbuh kembang Si Kecil. Simak ragam cara...

8 Cara Mengajarkan Anak agar Mau ...

Anak-anak perlu belajar berbagi supaya bisa berempati, suka menolong, dan mudah bergaul di sekolah...

Kenali Tanda Anak Kecanduan Gadget ...

Anak kecanduan gadget tidak bisa dibiarkan, Bun. Sebelum mempengaruhi tumbuh kembangnya, yuk atasi...

Si Kecil Masuk Sekolah? Persiapkan ...

Sebelum anak masuk sekolah, Bunda perlu membekali si Kecil dengan keterampilan dasar agar ia siap...

7 Inspirasi Bekal Anak Sekolah yang ...

Dalam rangka siap-siap masuk sekolah, yuk intip inspirasi resep bekal makanan anak yang sehat,...

Pentingnya Susu untuk Bantu Penuhi ...

Kebutuhan cairan anak tergantung ukuran tubuh, hingga tingkat aktivitasnya. Penuhi terus kebutuhan...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut