Pengaruh Kondisi Psikis Bunda terhadap Kesehatan Bayi dalam Kandungan

Pengaruh Kondisi Psikis Bunda terhadap Kesehatan Bayi dalam Kandungan

Pengaruh Kondisi Psikis Bunda terhadap Kesehatan Bayi dalam Kandungan

Menjaga kesehatan fisik Bunda selama masa kehamilan merupakan salah satu hal sangat penting. Memenuhi kebutuhanlainnya  nutrisi mulai dari asam lemak Omega 3, asam folat, kalsium untuk ibu hamil, serta nutrisi sangat diperlukan untuk perkembangan janin. Olahraga juga dilakukan demi menjaga kebugaran bunda dan agar fisik siap untuk mempersiapkan kehamilan.

Selain menjaga kondisi fisik, menjaga kesehatan psikis juga menjadi kebutuhan yang tidak kalah penting. Sama halnya seperti kondisi fisik, kondisi psikis Bunda saat hamil juga akan memberikan pengaruh terhadap buah hati dalam kandungan. Jika kondisi mental sehat, Bunda dapat melewati segala tantangan dalam kehamilan, sekaligus siap menyambut kedatangan buah hati.

1. Kehamilan yang Berpengaruh terhadap Kondisi Psikis

Kehamilan dan kondisi psikis adalah dua hal yang saling memengaruhi. Kehamilan adalah masa yang membahagiakan para orang tua yang menantikan kehadiran buah hatinya. Di sisi lain, kehamilan juga merupakan sesuatu yang menantang karena adanya perubahan besar dalam kehidupan Bunda dan pasangan.

Kondisi hormonal juga dapat berpengaruh terhadap kondisi mental Bunda. Tidak dapat dimungkiri bahwa kehamilan dapat menimbulkan stres akibat dari rasa takut tidak dapat melewati semua tantangan dengan baik. Hal inilah yang membuat kehamilan memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan mental seorang calon Bunda.

2. Kondisi Psikis yang Berpengaruh terhadap Kehamilan

Selain kehamilan yang memengaruhi kondisi psikis Bunda saat hamil, tentunya kondisi psikis juga akan memberikan pengaruh terhadap kehamilan. Emosi yang dirasakan Bunda dapat dirasakan juga oleh janin. Efek ini memang tidak berdampak secara langsung. Namun, dibarengi dengan munculnya hormon pemicu stres yang kemudian dapat memengaruhi janin.

Jika ibu hamil mengalami depresi, diduga anak yang akan lahir juga memiliki risiko untuk mengalami depresi. Jika melihat fakta ini, tentunya dapat disimpulkan bahwa kehamilan dan kesehatan mental memang saling berhubungan.

Selain itu, gangguan psikis sangat berpotensi menurunkan kondisi fisik seseorang. Jika Bunda mengalami gangguan psikis saat hamil, fisiknya juga akan terganggu. Hal ini dapat memberikan dampak terhadap buah hati dalam kandungan Bunda.

3. Kondisi yang Mungkin Terjadi Selama Kehamilan

Selama masa kehamilan, terdapat beberapa gangguan psikis yang umum terjadi, seperti depresi dan kecemasan. Pada kondisi depresi, individu merasakan kesedihan mendalam yang berlarut-larut dan memberikan efek negatif terhadap pikiran, perasaan, dan perilaku. Pada kondisi cemas, muncul perasaan takut dan khawatir terhadap hal-hal yang mungkin terjadi.

Selain dua kondisi mental di atas, terdapat juga beberapa kondisi mental yang mungkin muncul pada masa kehamilan mulai dari gangguan bipolar, PTSD, serangan panik, OCD, hingga gangguan makan. Pemicunya bisa bermacam-macam, mulai dari karena kehamilan itu sendiri atau akibat faktor lainnya.

4. Gangguan Psikis yang Membutuhkan Penanganan Serius

Pada dasarnya, gangguan psikis pada Bunda saat hamil adalah kondisi yang serius dan harus ditangani dokter. Bunda yang sedang dalam masa kehamilan tidak diperbolehkan mengonsumsi obat-obatan secara sembarangan. Karena itu, jika Bunda merasakan gejala apa pun, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan terbaik.

5. Tips Jaga Kesehatan Mental Selama Kehamilan

Berikut beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk mencegah gangguan psikis yang dapat mengganggu kehamilan:

  • Makan teratur dan selalu konsumsi makanan sehat.

  • Berkumpul dengan orang-orang yang membuat Bunda merasa nyaman.

  • Periksa kehamilan ke dokter atau bidan secara rutin.

  • Lakukan aktivitas fisik secara rutin.

  • Selalu berpikir positif.

  • Jauhkan diri dari hal negatif yang sering dianggap sebagai penghilang stres, seperti alkohol atau narkoba.

  • Mencari bantuan ketika Bunda membutuhkannya.

Setelah mengetahui seluk beluk kesehatan fisik dan psikis selama kehamilan, kini Bunda bisa lebih tenang dan bersemangat dalam menjalani kehamilan. Kesehatan fisik dan mental sama pentingnya untuk dijaga selama masa kehamilan, Bun. Karena itu, yuk jaga kesehatan fisik dan mental selama kehamilan agar tumbuh kembang janin tetap terjaga dan optimal.

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 3

Bun, Ini Pentingnya Susu Kehamilan

Susu dan produk turunan susu lainnya adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk Bunda selama...

Nutrisi Penting untuk Optimalkan Pertumbuhan ...

Periode kehamilan trimester ketiga mencakup pertumbuhan bayi paling pesat. Ini juga masa ketika...

Tahapan Pertumbuhan Otak Janin

Jurnal Neuropsychology Review menyebut pertumbuhan otak anak akan mencapai empat kali lipat selama...

Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Otak ...

Mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak bayi sejak dalam kandungan adalah hal yang sangat...

Bayi Sungsang, Bagaimana Mengatasinya?

Setiap ibu hamil selalu mendambakan kondisi bayi senantiasa sehat dan persalinan lancar. Namun,...

Yang Perlu Bunda Ketahui tentang ...

Secara umum, persalinan dapat dilakukan dengan dua metode, yaitu secara normal dan bedah Caesar....

Artikel Terpopuler

Bun, Lakukan Hal Ini ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap ...

Baca Selengkapnya >

Kebutuhan Gizi untuk Optimalkan ...

Baca Selengkapnya >

Lancar Persalinan Normal dengan 10 ...

Baca Selengkapnya >

6 Cara Efektif Memperlancar ASI

Baca Selengkapnya >