Facebook Pixel Code Pempek Palembang

Pempek Palembang

Pempek Palembang
Pempek Palembang
Icon Food Child
Icon Duration 30m

Pempek Palembang

Bahan-bahan yang Diperlukan :

Tepung terigu 5 sdm

Air 2 gelas

Bawang putih, parut halus 2 siung

Ikan tenggiri ½ kg

Garam 3 sdt

Gula pasir 2 sdt

Tepung kanji 2 ¼ gelas

Air untuk merebus 2 ½ liter

Minyak sayur 1 sdm

 

Cara Membuat Pempek Palembang :

  1. Aduk tepung terigu bersama dengan bawang putih dan air. Kemudian masak sambil diaduk hingga tepung terigu menjadi bubur kental
  2. Angkat dan dinginkan
  3. Campurkan dengan ikan, garam, gula dan tepung kanji
  4. Aduk hingga menjadi adonan yang licin dan kalis
  5. Bentuk adonan menjadi silinder (bulat panjang) untuk membuat pempek lenjer, isi dengan telur ayam untuk pempek kapal selam
  6. Masak air bersama minyak hingga mendidih
  7. Masukkan adonan yang sudah dibentuk, rebus hingga mengapung, tiriskan
  8. Pempek Palembang siap disajikan!

Untuk menikmati seporsi ide masakan harian ini tentu makin lengkap apabila ditemani bersama cuko. Dalam bahasa Palembang, cuko artinya saus berwarna hitam kecoklatan yang terbuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam.

Agar ide masakan harian ini makin lengkap, Bunda dapat menambahkan irisan mentimun pada cuko. Bagi masyarakat asli Palembang sendiri, mengonsumsi pempek tidak menggunakan cuko rasanya tak lengkap. Ibarat pepatah Palembang mengatakan, “cak mandi dak pake sabun.” (ibarat mandi tanpa mnggunakan sabun).

Tidak hanya lezat, ide masakan harian ini juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh lho, Bunda. Kandungan gizi pempek berasal dari bahan-bahan pembuatnya, yaitu daging ikan dan tepung kanji. Pempek mengandung protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Sedangkan, kandungan protein yang dihasilkan ikan dari ide masakan harian ini, mampu membantu menjaga kekebalan tubuh dan perkembangan setiap sel dalam tubuh. Ikan juga kaya akan kandungan omega-3. Manfaat omega 3 untuk anak, yakni meningkatkan kecerdasan anak. Ada juga vitamin A, B1, dan C yang bagus untuk tumbuh kembangnya.

Ide masakan harian ini dapat disajikan sebagai menu camilan di siang hari, dan juga sebagai lauk pendamping nasi untuk Si Kecil.

Jangan lupa ya Bunda, untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil sehari-hari. Pastikan menerapkan pola makan lengkap dan seimbang sehingga si Kecil mendapatkan nutrisi yang adekuat untuk mendukung tumbuh kembang optimalnya. Bunda juga bisa bantu lengkapi nutrisinya dengan SGM Eksplor Complinutri, dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3, Omega 6, Serat Pangan, Zinc dan Vitamin C, Vitamin D dan Kalsium, serta nutrisi penting lainnya.

 

Selamat mencoba membuat resep pempek palembang di atas ya, Bunda!

Pempek Palembang

Pempek adalah salah satu makanan tradisional khas Palembang yang banyak disukai mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Jenis ide masakan harian ini juga bervariasi, mulai dari pempek kapal selam, adaan, kulit, hingga pempek lenjer memang menjadi daya tarik kuliner populer ini.  Pada awalnya, ikan yang digunakan untuk membuat pempek adalah ikan belida.

Namun, seiring berjalannya waktu ikan belida mengalami kelangkaan sehingga selain mahal juga sulit diperoleh. Hingga kini sudah banyak jenis ikan yang dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan ide masakan harian yang satu ini. Salah satu jenis ikan yang paling sering digunakan adalah ikan tenggiri.

Terbuat dari adonan tepung dan ikan tenggiri yang digoreng sampai garing, ide masakan harian yang satu ini juga telah menjadi hidangan favorit di berbagai daerah. Tertarik ingin mencoba ide masakan harian yang satu ini, Bunda? Berikut adalah bahan serta cara pembuatan yang Bunda butuhkan untuk menyajikan 4 porsi Pempek Palembang!


Nilai Gizi per Resep

Energi: 1728 kkal

Protein: 113 gram

Karbohidrat: 255.3 gram

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan