Nutrisi Penting untuk Optimalkan Pertumbuhan Otak Janin

Nutrisi Penting untuk Optimalkan Pertumbuhan Otak Janin

Nutrisi Penting untuk Optimalkan Pertumbuhan Otak Janin

Periode kehamilan trimester ketiga mencakup pertumbuhan bayi paling pesat. Ini juga masa ketika Bunda merasa mudah lelah. Karena itu, jangan sampai melewatkan enam nutrisi penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan otak janin berikut ini:

  1. Vitamin C

Vitamin C bermanfaat menunjang pertumbuhan sel janin. Vitamin C juga memastikan sistem imun Bunda bekerja optimal dan membantu penyerapan zat besi. Kekurangan vitamin C saat hamil dapat meningkatkan risiko preeklamsia, tekanan darah tinggi, serta retensi air dan protein dalam urin. Karena itu, sebaiknya Bunda sebaiknya mencukupi asupan vitamin C dari buah-buahan dan sayur-sayuran setiap harinya.

  1. Kalsium

Kalsium penting untuk memastikan kepadatan mineral pada tulang, sekaligus memastikan pertumbuhan dan perkembangan tulang, gigi, otot, dan saraf bayi. Asupan kalsium yang cukup akan membantu proses kontraksi otot, koagulasi darah dan juga tekanan darah.

Jika Bunda kekurangan kalsium pada trimester ketiga, tubuh akan mengambil porsi kalsium dari tulang kepada janin. Hal ini berisiko terhadap kesehatan tulang Bunda saat masa kehamilan. Karena itu, pastikan Bunda mengonsumsi produk susu rendah lemak seperti kacang- kacangan dan tahu.

  1. Magnesium

Magnesium juga penting untuk kesehatan tulang Bunda selama kehamilan. Magnesium membantu tubuh mengolah protein dan energi, sekaligus meregulasi kadar gula dan tekanan darah. Magnesium juga penting untuk fungsi otot dan saraf. Dengan kadar magnesium yang cukup, risiko preeklampsia, kram kaki, hingga pertumbuhan janin bermasalah akan berkurang signifikan.

  1. Asam Lemak Omega 3

Pada trimester ketiga, bayi akan mengalami pertumbuhan pesat pada bagian otak sehingga konsumsi makanan yang tinggi asam lemak Omega 3 akan memberikan manfaat sangat besar untuknya.

Selain itu, Omega 3 yang terdapat dalam makanan yang mengandung minyak lemak esensial untuk masa kehamilan dan masa menyusui. Omega 3 juga sering menjadi faktor pendukung pertumbuhan otak bayi menjadi lebih cerdas, sistem saraf lebih baik, dan penglihatan yang baik.

  1. Kolin

Kolin memiliki peranan penting terhadap pertumbuhan sel membran, saraf, dan otak bayi. Kolin bisa ditemukan di telur, salmon, kacang merah, susu rendah lemak, daging ayam, hati sapi, dan minyak gandum.

  1. DHA (Docosahexaenoic)

DHA adalah jenis asam lemak yang membantu pertumbuhan dan perkembangan jaringan saraf pada janin. DHA juga baik untuk membantu sistem daya tahan tubuh Bunda sehingga lebih jarang jatuh sakit terutama pada masa menjelang kelahiran. Pastikan Bunda berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk asupan vitamin kehamilan yang tepat.

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 3

Bun, Ini Pentingnya Susu Kehamilan

Susu dan produk turunan susu lainnya adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk Bunda selama...

Tahapan Pertumbuhan Otak Janin

Jurnal Neuropsychology Review menyebut pertumbuhan otak anak akan mencapai empat kali lipat selama...

Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Otak ...

Mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak bayi sejak dalam kandungan adalah hal yang sangat...

Pengaruh Kondisi Psikis Bunda terhadap ...

Menjaga kesehatan fisik Bunda selama masa kehamilan merupakan salah satu hal sangat penting....

Bayi Sungsang, Bagaimana Mengatasinya?

Setiap ibu hamil selalu mendambakan kondisi bayi senantiasa sehat dan persalinan lancar. Namun,...

Yang Perlu Bunda Ketahui tentang ...

Secara umum, persalinan dapat dilakukan dengan dua metode, yaitu secara normal dan bedah Caesar....

Artikel Terpopuler

Bun, Lakukan Hal Ini ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap ...

Baca Selengkapnya >

Kebutuhan Gizi untuk Optimalkan ...

Baca Selengkapnya >

Lancar Persalinan Normal dengan 10 ...

Baca Selengkapnya >

6 Cara Efektif Memperlancar ASI

Baca Selengkapnya >