Facebook Pixel Code Nasi Uduk

Nasi Uduk

Nasi Uduk
Nasi Uduk
Icon Food Child
Icon Duration 1h

Nasi Uduk

Bahan-bahan yang Diperlukan :

Beras 1 liter

Kelapa parut (untuk santan) ½ butir

Daun salam 2 lembar

Sereh 1 batang

Air 3 gelas

Garam secukupnya

 

Cara Membuat Nasi Uduk :

  1. Cuci beras hingga bersih, kukus selama 30 menit
  2. Masukkan santan kental, garam, salam dan sereh ke dalam panci, masak hingga mendidih
  3. Masukkan beras yang telah dikukus ke dalam santan kental yang sedang dimasak
  4. Tunggu hingga beras menyerap, kukus kembali selama 20 menit
  5. Angkat dan beri tambahan telur dan kerupuk
  6. Nasi uduk siap untuk disajikan!

Mudah bukan Bunda untuk membuat resep masakan sehari-hari ini? Tentunya nasi uduk bisa menjadi salah satu ide menu masakan sehari hari untuk keluarga jika sedang bingung membuat menu sarapan atau bekal. Padukan juga nasi uduk dengan berbagai lauk untuk melengkapi menu makanan sehari-hari untuk keluarga yang lezat dan gurih ini, seperti: ayam goreng, mie atau bihun goreng, orek tempe, teri kering, tahu goreng atau semur, telur balado, hingga lalapan. Hmm… menarik sekali ya, Bunda! Pilih saja menu lauk sesuai dengan selera Bunda dan anggota keluarga ya.

Jangan lupa ya Bunda, untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil sehari-hari. Pastikan menerapkan pola makan lengkap dan seimbang sehingga si Kecil mendapatkan nutrisi yang adekuat untuk mendukung tumbuh kembang optimalnya. Bunda juga bisa bantu lengkapi nutrisinya dengan SGM Eksplor Complinutri, dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3, Omega 6, Serat Pangan, Zinc dan Vitamin C, Vitamin D dan Kalsium, serta nutrisi penting lainnya.

 

Selamat berkreasi resep sehat dengan si Kecil ya Bunda!

Nasi Uduk

Siapa yang tak gemar makan nasi uduk? Makanan berbahan utama nasi dengan cita rasa gurih dan aroma yang harum ini sudah menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang tidak asing lagi di lidah masyarakat. Meskipun terlihat mirip dengan nasi putih biasa, nasi uduk dibuat dengan menggunakan santan kental dan bahan-bahan lainnya untuk menambah cita rasa. Resep masakan sehari-hari ini biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng, tempe orek, telur dan tidak lupa tambahan sambal kacang kemiri yang kental.

Konon katanya, hidangan makanan yang sering disajikan sebagai menu masakan harian ini sudah ada sejak abad ke 14. Melansir dari beberapa sumber, nasi uduk berasal dari Tanah Melayu yang dibawa para pedagang dari pulau Sumatera yang hijrah ke Jawa. Beberapa sumber lain menyebutkan jika nasi uduk berasal dari kata “uduk” untuk kata sunda yang artinya campur atau bersatu. Tapi ada juga cerita lainnya yang mengatakan jika kata “uduk” artinya susah, mengingat zaman dulu nasi uduk dijual oleh pedagang makanan gerobak yang hanya bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional dan diperjual-belikan untuk kalangan menengah ke bawah.

Sekarang menu masakan sehari-hari untuk keluarga ini tidak hanya disajikan pada saat acara tradisional saja, namun telah menjadi kuliner yang sangat digemari dan banyak dijual di warung pinggir jalan dan lesehan untuk dijadikan sebagai menu sarapan atau bekal anak sekolah.

Menu masakan sehari-hari ini menggunakan beras putih (nasi putih) sebagai bahan utamanya. Sebagai sumber karbohidrat, nasi putih bisa menjadi salah satu sumber energi paling efektif yang bisa Bunda dan keluarga konsumsi, karena makanan ini bisa memberikan energi dalam waktu singkat.

Ingin mencoba menu masakan sehari-hari ini, Bunda? Yuk, simak bahan-bahan yang perlu Bunda siapkan beserta langkah-langkah pembuatan untuk menyajikan 4 porsi nasi uduk


Nilai Gizi per Resep

Energi: 791.8 kkal

Protein: 13.8 gram

Karbohidrat: 154.7 gram

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut