Tips Nyaman Menyusui di Tempat Umum

Tips Menyusui di Tempat Umum

Tips Menyusui di Tempat Umum

Tips Nyaman Menyusui di Tempat Umum

Pernahkah Bunda merasa tidak nyaman menyusui di tempat umum? Tenang saja Bun, perasaan tersebut normal untuk dialami. Banyak perempuan yang baru saja menjadi ibu merasa khawatir terhadap reaksi negatif untuk menyusui di depan orang asing.

Menyusui merupakan bagian penting dari menjadi seorang ibu, dan seharusnya tidak menjadi halangan dalam kegiatan sehari-hari. Ada kalanya Bunda merasa gugup ketika menyusui di tempat umum. Namun, Bunda tidak perlu khawatir karena sudah banyak tempat umum yang menyediakan fasilitas khusus untuk laktasi.

Selain itu, Indonesia sudah memiliki hukum yang melindungi hak ibu menyusui. Ini tercantum dalam Pasal 128, Undang-Undang Kesehatan, yang menjamin kebebasan Bunda menyusui di lokasi dengan fasilitas khusus, dan di tempat kerja. Bunda berhak menyusui buah hati di mana pun dan kapan pun saat buah hati sedang lapar.

Cek beberapa hal yang bisa Bunda persiapkan dan lakukan supaya bisa menyusui dengan nyaman di tempat umum berikut ini, Bun.

  1. Pakaian yang Memungkinkan “Akses Mudah” ke Payudara

Mengenakan pakaian double cenderung menjadi pilihan yang populer. Pakaian yang bisa menyelimuti Bunda juga dapat memungkinkan akses mudah saat menyusui di tempat umum. Dalam masa menyusui, Bunda lebih sering mengenakan pakaian seperti kemeja berkancing, atau sweater dengan V-neck yang bisa memudahkan Bunda saat ingin membukanya.

Jenis pakaian apa pun yang Bunda kenakan, ukurannya harus sedikit lebih besar daripada ukuran pakaian normal Bunda sebelum hamil. Ini karena payudara Bunda juga akan cenderung membesar dari biasanya saat dalam masa menyusui.

  1. Aksesoris

Kain gendongan, syal, atau selimut tipis adalah aksesori populer untuk Bunda yang ingin menyusui di tempat umum. Kain gendongan memudahkan Bunda membawa buah hati, sekaligus melindunginya saat sedang menyusu. Sebagai alternatif, Bunda bisa menggunakan syal atau selimut bayi untuk menutupi payudara dengan menyampirkannya di bahu.

  1. Bra Khusus Menyusui

Tidak hanya untuk kenyaman saat menyusui di tempat umum, bra khusus juga menjaga kesehatan payudara Bunda. Ada berbagai jenis bra menyusui, seperti bra dengan kancing, jepitan, dan flap yang bisa dibuka dengan kaitan pada tali bra. Saat memilih jenis bra, pastikan Bunda kenakan yang paling nyaman, ya.

  1. Latihan di Rumah

Bunda bisa melakukan uji coba sebelum menyusui di tempat umum untuk pertama kalinya. Bunda dapat berlatih bagaimana menyesuaikan pakaian atau melakukan simulasi posisi buah hati menempel saat menyusui. Hal ini bisa dilakukan di depan cermin.

Berlatihlah menyusui di rumah dengan selimut atau kain penutup sehingga buah hati juga nyaman menyusu dengan cara tersebut. Pilihlah strategi yang dapat membantu Bunda menentukan posisi yang paling nyaman sebelum menyusui di tempat umum.

  1. Membuat Perencanaan Matang

Banyak pusat perbelanjaan seperti mall kini menyediakan ruang ibu dan anak. Bunda bisa memanfaatkan ruangan tersebut untuk menyusui buah hati. Jika tidak ada ruang laktasi, Bunda bisa memilih area yang nyaman dan tidak terlalu ramai seperti seperti bangku taman yang teduh di bawah pohon.

Dengan hukum yang menjamin hak untuk menyusui di tempat umum, Bunda tinggal mempersiapkan diri dengan perlengkapan yang sesuai agar tetap nyaman. Selamat menyusui buah hati dengan nyaman, Bun.

 

Cari tahu lebih lanjut tentang tips menyusui di artikel berikut: 5 Cara Menyusui yang Benar dan Praktis

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Menyusui

Nutrisi dalam ASI yang Penting ...

Para pakar dan ahli kesehatan, juga American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan ASI...

Sumber Makanan untuk Dukung Kecerdasan ...

Tidak bisa dimungkiri, ASI adalah sumber makanan dengan manfaat kesehatan terbesar untuk buah hati.

Pentingnya Hormon Prolaktin dalam Masa ...

Tubuh manusia memproduksi berbagai macam hormon, salah satunya adalah hormon prolaktin. Prolaktin...

Manfaat ASI bagi Perkembangan Kecerdasan ...

Pemberian ASI eksklusif memiliki peran yang sangat besar dalam tumbuh kembang buah hati. Hal ini...

Kelebihan ASI untuk Bayi pada 1000 ...

Tentu Bunda sudah mulai menjaga kesehatan buah hati sejak masa kehamilan dari konsumsi makanan yang...

Manfaat Menyusui bagi Kesehatan Bunda

Selama 6 bulan, Bunda sangat dianjurkan untuk memberikan ASI secara eksklusif kepada buah hati. Ini...

Artikel Terpopuler

Bun, Lakukan Hal Ini ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap ...

Baca Selengkapnya >

Kebutuhan Gizi untuk Optimalkan ...

Baca Selengkapnya >

Lancar Persalinan Normal dengan 10 ...

Baca Selengkapnya >

6 Cara Efektif Memperlancar ASI

Baca Selengkapnya >