Facebook Pixel Code 4 Cara Tepat Memilih Jenis Pakaian untuk Bayi

4 Cara Tepat Memilih Jenis Pakaian untuk Bayi

4 Cara Tepat Memilih Jenis Pakaian untuk Bayi

Sebagai salah satu kebutuhan dasar bayi, Bunda juga perlu memperhatikan pemilihan jenis pakaian untuk buah hati. Berbelanja pakaian bayi bukanlah hal membingungkan, tetapi Bunda sebaiknya memilih jenis pakaian dan keperluan untuk buah hati dengan bijak. Yuk, Bunda coba beberapa tips berikut dalam memilih pakaian untuk buah hati

  1. Ukuran

Bayi mengalami pertumbuhan cepat. Karena itu, Bunda sebaiknya membeli pakaian dengan ukuran lebih besar. Namun, pakaian yang terlalu longgar mungkin terlalu berat untuk buah hati. Di sisi lain, pakaian yang ukurannya terlalu kecil bisa membuat bayi merasa kurang nyaman karena sesak atau bahkan mengganggu peredaran darah.

Sebaiknya Bunda membeli beberapa pakaian dengan beberapa ukuran berbeda. Simpan dulu pakaian yang ukurannya lebih besar dan kenakan pakaian yang berukuran pas di badan buah hati. Hindari memakaikan pakaian yang ukuranya terlalu sempit.

  1. Bahan Pakaian

Kulit bayi yang lembut dan sensitif juga harus jadi pertimbangan Bunda dalam memilih jenis bahan pakaian. Sebaiknya Bunda menghindari kemungkinan timbulnya gangguan kulit seperti ruam dengan menghindari beberapa jenis bahan seperti:

  • Bulu, untuk menghindari terhirup serat bulu dan potensi tercekik atau muncul reaksi alergi.

  • Vinyl, karena mengandung zat kimia yang tinggi dari proses pembuatan.

  • Sutra, walaupun nyaman dan lembut, bahan ini sulit dibersihkan dari kotoran.

  • Teflon, karena mengandung zat kimia yang tinggi sehingga berpotensi mengakibatkan ruam atau gatal.

Beberapa bahan yang dianjurkan antara lain kain katun yang lembut dan mudah dicuci, fleece yang tebal dan hangat, kain linen yang cepat menyerap keringat, bahan kain khusus dengan fitur anti-alergi, dan wol yang ringan dan hangat.

  1. Cuaca dan Kondisi

Memakaian pakaian untuk buah hati harus juga disesuaikan dengan cuaca dan kondisi sekitar, Bun. Perhatikan suhu dan gaya berpakaian yang cocok sehingga buah hati tidak merasa kepanasan atau kedinginan. Berikut beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk sesuaikan kebutuhan berpakaian bayi:

  • Antisipasi cuaca atau lokasi yang akan dikunjungi, apakah akan terasa dingin atau sangat panas?

  • Gunakan layering, yaitu memakaikan baju secara berlapis.

  • Sesuaikan pakaian bayi dengan tingkat aktivitas, apakah akan rentan keringat sehingga membutuhkan baju ganti.

  1. Kualitas & Kenyamanan

Sebaiknya Bunda tidak menjadikan tren atau gaya fashion sebagai prioritas utama dalam memilihkan pakaian untuk buah hati. Tidak ada salahnya membeli dan memakaikan pakaian dengan model atau motif yang lucu untuk anak. Namun, kualitas dan kenyamanan harus menjadi perhatian utama Bunda dalam memilih pakaian bayi.

Ini terutama jika Bunda memilihkan pakaian buah hati untuk bepergian. Selain motif dan model yang lucu, buah hati harus merasa nyaman mengenakannya. Jika buah hati terus rewel saat bepergian, mungkin Bunda bisa mengecek apakah buah hati merasa kurang nyaman dengan pakaiannya.

Sebaiknya Bunda membeli perlengkapan pakaian bayi sesuai kebutuhan. Pertumbuhan bayi juga cenderung sangat cepat. Karena itu, Bunda sebaiknya mempertimbangkan baik-baik sebelum membeli pakaian yang mungkin hanya akan dikenakan oleh buah hati 1-2 kali. Bijak dalam berbelanja pakaian anak bukan hanya untuk kenyamanan buah hati, melainkan juga menghemat pengeluaran.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline