Facebook Pixel Code Tips Memaksimalkan Gadget Untuk Sarana Belajar si Kecil

Tips Memaksimalkan Gadget Untuk Sarana Belajar si Kecil

Tips Memaksimalkan Gadget Untuk Sarana Belajar si Kecil

Aturan sangat memberikan peranan penting karena dengan memiliki aturan yang disepakati di dalam keluarga maka penggunaan gadget dapat dilakukan dengan bijak. Ada beberapa contoh aturan yang dapat diterapkan, seperti tidak memegang telepon genggam saat jam makan atau tidak ada penggunaan gadget satu jam sebelum jam tidur. Supaya anak mau terlibat dengan aturan penggunaan gadget maka disarankan orang tua ikut terlibat dalam mengikuti aturan tersebut sebagai role model. Dengan begitu, anak akan berusaha mengikuti hal yang sama. Bagi anak usia dua hingga lima tahun, berikan aturan secara visual (dalam bentuk gambar) untuk membantu anak memahami aturan yang ada.

Hal ini dapat memaksimalkan gadget sebagai sarana belajar anak. Khusus anak usia dua hingga lima tahun, berikan program yang memiliki kualitas baik dan dampingi anak saat menggunakannya. Usahakan untuk membatasi penggunaaan gadget hanya satu jam dalam satu hari. Saat mendampingi, orang tua dapat berperan aktif untuk bertanya kepada anak misalnya “Menurut kamu, kenapa tokoh itu menangis ya?” atau “Apa yang bisa kamu bantu kalau lihat teman jatuh seperti tokoh itu?”. Dengan begitu, anak sekaligus berlatih untuk mengamati dan membaca situasi. Selain itu, anak menjadi aktif dalam melatih kemampuan berkomunikasi saat menjawab pertanyaan dari orang tua.

Orang tua dapat menggunakan apa yang ada dalam aplikasi gadget untuk mengembangkan permainan interaktif dengan permainan sensori, bernyanyi bersama, membaca buku, ataupun dengan kegiatan motorik. Misalnya, aplikasi gadget mengajarkan anak untuk berhitung. Saat anak fasih dalam berhitung, berikan permainan di rumah seperti mengambil bola dari satu titik untuk diletakkan ke titik lain sambil berlari. Variasikan kegiatan ini dengan berhitung. Dengan melibatkan semua indra dan bergerak, perkembangan sensomotorik untuk anak menjadi lebih optimal.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline