Facebook Pixel Code 5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Ibu Hamil agar Tetap Bugar

5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Ibu Hamil agar Tetap Bugar

5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Ibu Hamil agar Tetap Bugar

Cara Meningkatkan Daya Tahan Ibu Hamil

Tetap aktif selama hamil dapat membantu Bunda melewati masa kehamilan dengan lebih nyaman, sekaligus membantu mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan. Selama trimester kedua, janin dalam perut Bunda tumbuh semakin kuat.

Mungkin Bunda mulai merasa cepat lelah pada masa ini. Namun, tetap aktif bergerak merupakan salah satu cara meningkatkan daya tahan ibu hamil. Meski demikian, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kandungan mengenai aktivitas fisik yang boleh atau tidak boleh Bunda lakukan.

Kondisi kehamilan setiap ibu hamil mungkin berbeda-beda. Berkonsultasi dengan dokter kandungan dapat memastikan aktivitas fisik yang dilakukan sesuai kondisi kehamilan Bunda. Pastikan Bunda tetap bugar menjalani aktivitas sehari-hari saat hamil dengan tips praktis berikut ini.

  1. Mulai secara Bertahap

Jika Bunda jarang berolahraga sebelumnya, mulailah dengan perlahan. Aktivitas ringan seperti berjalan kaki merupakan salah satu awal yang baik. Bunda bisa mulai dengan kecepatan biasa dan menambah kecepatannya secara bertahap.

Meski sudah rutin berolahraga sebelum hamil, sebaiknya tetap mulai secara bertahap ya, Bun. Kondisi tubuh Bunda mengalami perubahan saat hamil sehingga mungkin perlu penyesuaian dengan gerakan-gerakan tertentu.

Minum air putih sebelum, selama kegiatan, dan setelah berolahraga juga disarankan. Bunda juga sebaiknya tidak memaksakan diri dalam beraktivitas. Beristirahatlah jika Bunda merasa kelelahan. Tetap aktif beraktivitas seperti biasa selama kehamilan sangat baik untuk meningkatkan kebugaran fisik.

  1. Lakukan Aktivitas yang Disukai

Tidak perlu memaksakan diri melakukan aktivitas atau mengikuti kelas olahraga kehamilan tertentu. Bunda disarankan untuk mencoba beberapa jenis olahraga atau aktivitas fisik sesuai minat Bunda.  

Bunda juga bisa membuat latihan rutin dan menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah; seperti meregangkan kaki atau berjalan-jalan di sekitar rumah. Supaya tidak bosan, ajak pasangan supaya Bunda tetap bersemangat rutin melakukannya. Tujuan utama adalah aktivitas fisik bisa dilakukan secara kontinyu sebagai salah satu cara meningkatkan daya tahan ibu hamil serta menjaga kebugaran.

  1. Hindari Aktivitas yang Berisiko Tinggi

Olahraga berat seperti basket, bulu tangkis, atau yang menuntut aktivitas fisik terlalu berat sebaiknya dihindari selama kehamilan. Jenis-jenis olahraga dengan intensitas tinggi berisiko membuat Bunda terjatuh.

Sepatu hak tinggi juga berpotensi menyebabkan cedera dan sebaiknya tidak Bunda gunakan saat hamil. Selain aktivitas fisik, Bunda juga sebaiknya menghindari lingkungan atau situasi yang bisa menyebabkan stres atau depresi.

  1. Pilih Aktivitas Sederhana

Berenang dan berjalan-jalan pada pagi hari bersama teman atau pasangan adalah dua jenis kegiatan sederhana, menyenangkan, sekaligus menyehatkan untuk dicoba. Jika Bunda memiliki ketertarikan di bidang musik, bermusik bisa jadi salah satu alternatif aktivitas ringan yang bisa Bunda pilih. Selain itu, Bunda bisa mulai membiasakan diri naik tangga daripada eskalator. Ini karena naik tangga bisa menjadi salah satu aktivitas fisik sederhana yang memberi manfaat besar.

  1. Latihan yang Aman Dilakukan saat Kehamilan

Yoga, berjalan, berenang, jogging, dan bersepeda adalah bentuk-bentuk latihan lain yang aman dilakukan selama kehamilan trimester kedua. Namun, Bunda tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan semua jenis latihan itu.

Tujuan latihan fisik ringan adalah menjaga kebugaran tubuh. Pilihlah satu atau dua jenis latihan fisik yang mudah dan memungkinkan untuk Bunda lakukan secara rutin. Tidak jadi masalah bila Bunda berhenti di tengah latihan jika merasa lelah.

Jika tidak terbiasa melakukan aktivitas fisik, sebaiknya mulai dari hal-hal kecil seperti berjalan kaki ke warung. Lakukan aktivitas fisik yang tidak terlalu berat dan pelan-pelan tambah intensitasnya saat Bunda sudah terbiasa.

Aktivitas sederhana pun bisa menjadi salah satu cara meningkatkan daya tahan ibu hamil. Berolahraga di masa kehamilan tidak memerlukan biaya besar dan bisa dimulai dari kegiatan sehari-hari. Yuk, jaga daya tahan fisik supaya kuat dan janin tetap sehat.

 

Baca informasi lainnya mengenai Kehamilan di artikel ini: 7 Kiat Atasi Gejala Pusing & Mual Saat Hamil

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline