Facebook Pixel Code 18 Tanda-Tanda Melahirkan Sudah Dekat yang Wajib Dikenali

18 Tanda Melahirkan Sudah Dekat yang Wajib Dikenali

18 Tanda Melahirkan Sudah Dekat yang Wajib Dikenali

 

Penting bagi Bunda untuk mengetahui tanda-tanda melahirkan sudah dekat agar persiapan melahirkan berjalan lancar. Yuk, kenali ciri-ciri persalinan dalam artikel ini!

Tanda-Tanda Melahirkan Sudah Dekat

Umumnya, hari perkiraan lahir alias HPL sudah bisa diprediksi sejak pemeriksaan USG di trimester satu. Namun, prediksi tanggal lahir bisa lebih cepat atau lambat dari perkiraan. 

Berikut adalah beberapa tanda melahirkan sudah dekat yang perlu Bunda ketahui.

1. Kontraksi Makin Kuat dan Konsisten

Salah satu tanda melahirkan sudah dekat adalah pola kontraksi yang makin konsisten.

Nyeri kontraksi asli juga semakin intens dan jauh lebih sakit daripada nyeri PMS. Sensasinya menyebar di punggung dan perut bagian bawah, dan tidak hilang ketika dibawa istirahat.

Kontraksi persalinan asli umumnya terjadi 30-70 detik tiap 5, 10, atau 15 menit sekali.

2. Sering Buang Air Kecil

Jelang waktu persalinan, bayi akan turun ke panggul sehingga dapat menekan kandung kemih. Akibatnya, Bunda merasa ingin buang air kecil terus-menerus. 

3. Posisi Bayi Turun ke Panggul

Salah satu tanda-tanda melahirkan sudah dekat adalah posisi bayi turun ke panggul. Biasanya terjadi menjelang akhir trimester tiga, atau tepatnya di usia kehamilan 34-36 minggu. 

Beberapa ciri yang mungkin Bunda alami ketika bayi sudah turun ke panggul adalah:

  • Perut terlihat semakin turun. 
  • Tekanan pada panggul yang membuat nyeri, bahkan sampai sulit berjalan.
  • Sering buang air kecil.
  • Perubahan pola BAB, seperti diare atau sembelit.
  • Sakit punggung.

Beberapa ibu hamil mungkin juga masih bisa merasakan gerakan janin turun ke panggul dalam beberapa jam sebelum mau melahirkan. 

4. Muncul Lendir Seperti Keputihan

Tanda melahirkan tinggal menghitung hari juga apabila muncul cairan kental dari vagina seperti keputihan saat hamil. 

Lendir yang keluar memiliki tekstur kental dengan warna bening, merah muda, atau bahkan merah. Lendir muncul selama beberapa hari atau saat sebelum persalinan tiba.

Sayangnya, tidak semua ibu hamil memperhatikan ciri-ciri melahirkan atau persalinan satu ini. Untuk itu, Bunda perlu waspada. 

5. Nyeri Punggung Lebih Intens

Jika Bunda belakangan merasa lebih sering mengalami kram dan nyeri punggung saat hamil, ini adalah tanda-tanda melahirkan sudah dekat. 

Bunda juga mungkin mengeluhkan rasa sakit di punggung bawah yang menjalar hingga pangkal paha.

Nyeri punggung jadi ciri-ciri akan melahirkan karena hormon relaksin akan membuat otot-otot area panggul dan sekitar punggung bawah melonggar untuk persiapan proses pembukaan.

6. Sendi Melonggar

Di usia kehamilan trimester terakhir, biasanya tubuh Bunda akan memberi sinyal untuk melepas lebih banyak hormon relaksin. 

Hormon ini berfungsi untuk melonggarkan sendi-sendi dan ligamen tubuh, termasuk pada area panggul dan punggung bagian bawah, sebagai ciri-ciri akan melahirkan.

Namun, melonggarnya sendi dan ligamen akibat hormon relaksin dapat menimbulkan efek samping tidak terduga pada otot-otot di sekitar usus besar (rektum). Misalnya, munculnya diare.

7. Air Ketuban Pecah

Air ketuban adalah selaput cairan yang melindungi janin saat berada di kandungan. Jika tanda-tanda melahirkan sudah dekat, air ketuban akan pecah dan mengalir keluar melalui vagina. 

Kebanyakan para bumil biasanya mengalami kontraksi terlebih dahulu sebelum air ketubannya pecah. Pecahnya ketuban juga bisa terjadi sebelum atau saat proses persalinan berlangsung.

Cairan ketuban yang keluar sebagai tanda persalinan akan keluar seperti tetesan air yang tidak beraturan. Alirannya pun tidak berlangsung terus-menerus.

Baca Juga: Alasan yang Mengharuskan Bunda Menjalani Induksi Persalinan

8. Lebih Mudah Bernapas

Setelah 8 bulan bernapas seolah terasa berat dan sesak, Bunda kini akan bisa bernapas lebih lega menjelang hari-H melahirkan.

Ini dapat terjadi karena posisi bayi sudah lebih rendah sehingga meringankan tekanan pada diafragma Bunda.

Di sisi lain, perubahan posisi bayi ini dapat memberi banyak tekanan pada area kandung kemih. Alhasil, Bunda akan lebih sering bolak-balik ke kamar mandi karena ingin terus buang air kecil.

9. Berat Badan Menurun

Pada usia trimester ketiga kehamilan, Bunda mungkin akan mengalami penurunan berat badan sebagai tanda-tanda akan melahirkan. 

Kondisi ini bisa terjadi karena berkurangnya kadar cairan ketuban dan frekuensi buang air kecil yang meningkat, sehingga berat tubuh menurun. 

10. Muncul Flek

Munculnya flek pada cairan vagina yang Bunda alami juga bisa menjadi ciri-ciri mau melahirkan. Namun, Bunda harus memastikan dulu seperti apa warna fleknya. 

Apabila fleknya masih berwarna cokelat muda, ini masih tergolong aman. Namun, jika fleknya sudah berwarna kemerahan, bisa dipastikan ini tanda-tanda melahirkan sudah dekat.

11. Leher Rahim Menipis

Tanda akan melahirkan satu ini mungkin tidak disadari secara langsung. Namun, jelang persalinan, serviks atau leher rahim akan melunak, memendek, dan mengalami penipisan. 

Ketika leher rahim menipis, jalur lahir akan semakin mudah melebar dan terbuka selama proses bersalin nantinya. Biasanya ketika kondisi ini terjadi, Bunda akan merasa tidak nyaman. 

Baca Juga: Persiapan, Proses, dan Plus Minus Melahirkan di Air

12. Leher Rahim Terbuka

Serviks atau leher rahim Bunda pun akan terbuka sebagai tanda-tanda akan melahirkan. 

Pelebaran atau “pembukaan” leher rahim diukur dalam skala sentimeter (cm) atau dengan memasukkan jari tangan yang dilakukan oleh dokter kandungan atau perawat.

Jika 10 jari sudah bisa dimasukkan, atau lebarnya maksimal 10 cm, maka pembukaan rahim Bunda sudah lengkap. Artinya, Bunda dan bayi sudah siap menjalani proses persalinan. 

13. Mual dan Muntah

Mual dan muntah sebagai tanda-tanda menjelang persalinan juga bisa dialami akibat ukuran bayi dalam rahim yang semakin membesar, sehingga memberi tekanan pada area pencernaan. 

Selain itu jelang waktu persalinan, Bunda mungkin merasa lebih bersemangat dan grogi, serta lelah dalam waktu bersamaan sehingga mual dan muntah bisa terjadi. 

14. Perubahan Mood

Suasana hati (mood) juga bisa berubah-ubah menjelang waktu melahirkan. Bunda tak perlu khawatir karena ini merupakan tanda-tanda persalinan yang wajar terjadi

Mood yang berubah-ubah ini bisa disebabkan oleh perubahan kadar hormon menjelang persalinan. 

15. Lebih Berenergi

Jika di sepanjang trimester kedua Bunda sering mudah lelah, mendekati hari-H persalinan nanti justru Bunda jadi lebih bertenaga dan bersemangat menjalani berbagai aktivitas.

Kondisi ini dikenal sebagai nesting yang bisa terjadi kapan saja dan jadi salah satu tanda-tanda melahirkan sudah dekat.

Yang harus Bunda lebih perhatikan sekarang agar jangan sampai beraktivitas terlalu berat sehingga jadi kecapekan, ya! Bunda perlu banyak energi untuk menghadapi persalinan nanti.

16. Nafsu Makan Berubah

Ciri-ciri persalinan sudah dekat ternyata juga membuat nafsu makan Bunda juga bisa berubah.

Jika pada awal kehamilan biasanya Bunda akan mengalami ngidam, maka semakin dekat waktu persalinan, nafsu makan justru akan semakin bertambah.

17. Emosi Tidak Stabil

Ciri-ciri mau persalinan tidak hanya dari segi fisik saja, melainkan juga menyentuh sisi mental dan emosional. 

Umumnya, semakin dekat dengan waktu kelahiran, emosi Bunda akan semakin bergejolak. Hal ini tidak terlepas dari perubahan kadar hormon dalam tubuh sebagai ciri-ciri akan melahirkan. 

Hal yang perlu Bunda ingat adalah sebaiknya hindari stres berlebih jelang persalinan, entah itu dari sisi pikiran maupun emosi agar tidak memengaruhi proses persalinan nanti. 

18. Naluri Keibuan Makin Kuat

Tanda-tanda melahirkan sudah dekat juga ditandai dengan munculnya naluri keibuan yang semakin kuat.

Contoh, Bunda bisa tiba-tiba melipat pakaian calon bayi yang akan lahir atau membersihkan perlengkapan persalinan. 

Bunda juga merasa lebih bersemangat melakukan aktivitas yang berkaitan dengan penyambutan si Kecil, termasuk menyiapkan peralatan bayi hingga menyiapkan kamar tidurnya. 

Baca Juga: Mengembalikan Bentuk Tubuh Ideal Setelah Melahirkan

Apa yang Perlu Bunda Persiapkan Jelang Persalinan?

Selain mengetahui ciri-ciri mau melahirkan, Bunda baiknya mulai persiapkan semua perlengkapan Bunda dan si Kecil supaya bisa langsung dibawa apabila waktu persalinan tiba. 

Beberapa perlengkapan yang wajib Bunda dan Ayah persiapkan adalah: 

  • Pakaian nyaman dan peralatan mandi Bunda.
  • Perlengkapan dan pakaian bayi, termasuk sarung tangan, sarung kaki, popok, dan selimut.
  • Pembalut untuk Bunda.
  • Makanan dan minuman ringan.
  • Buku, majalah, atau barang lain yang bisa menemani Bunda menunggu waktu persalinan tiba.
  • Alas kaki yang nyaman.

Persiapan lain yang tak kalah penting adalah membekali diri dengan ilmu-ilmu parenting dan merawat bayi dari sekarang. Jadi, yuk kunjungi Diary Generasi Maju untuk dapatkan akses ke banyak fitur edukatif gratis seputar panduan menyusui dan tumbuh kembang bayi!

 

 

Referensi:

  1. Conrad, M. (2024, January 11). 10 Early Signs and Symptoms of Labor: Pain, Stages, Sickness, Contractions, Nausea, Discharge. MedicineNet; MedicineNet. https://www.medicinenet.com/early_signs_and_symptoms_of_labor/article.htm
  2. Hospital bag checklist: What to pack for labor and postpartum. (2023). BabyCenter. https://www.babycenter.com/pregnancy/your-body/packing-for-the-hospital-or-birth-center_185
  3. Higuera, V. (2020, June 25). 8 Signs That Labor Is 24 to 48 Hours Away. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/pregnancy/signs-that-labor-is-24-to-48-hours-away#weight-loss
  4. Signs of labor: Know what to expect. (2021). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/labor-and-delivery/in-depth/signs-of-labor/art-20046184
  5. Perry, C. (2021, August 6). How to Recognize the Signs of Labor. Thebump.com; The Bump. https://www.thebump.com/a/what-are-signs-of-labor
  6. Does Nausea Mean Labor Is Coming? 3 Stages, Induction Techniques. (2022, April 11). EMedicineHealth; eMedicineHealth. https://www.emedicinehealth.com/does_nausea_mean_labor_is_coming/article_em.htm
  7. editor. (2020, April 26). Signs of Labor. American Pregnancy Association. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/labor-and-birth/signs-of-labor/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline