Facebook Pixel Code 7 Obat Alami Demam Bayi Tumbuh Gigi yang Ampuh dan Aman

7 Obat Alami Demam Bayi Tumbuh Gigi yang Ampuh dan Aman

7 Obat Alami Demam Bayi Tumbuh Gigi yang Ampuh dan Aman

Gigi pertama bayi umumnya mulai tumbuh di usia 4-7 bulan sampai akhirnya susunan gigi seri lengkapnya di usia 2-3 tahun nanti. Namun seiring dengan proses tumbuhnya gigi, si Kecil bisa mengalami demam. Nah, ternyata ada obat alami demam bayi tumbuh gigi yang bisa Bunda coba di rumah!

Kenapa Bayi Demam Saat Tumbuh Gigi?

Menurut American Academy of Pediatrics, umumnya bayi akan mengalami demam ringan setiap kali ada pertumbuhan gigi baru. Demam itu sendiri terjadi karena proses gigi yang bertumbuh naik akan membuka permukaan gusi sehingga memicu peradangan pada jaringan gusi sekitarnya.

Meski begitu, tidak semua bayi yang sedang tumbuh gigi pasti akan mengalami demam, kok, Bun. Tumbuhnya gigi sulung pada bayi umumnya tidak mencapai 38 derajat Celsius sehingga tidak tergolong demam. Jadi, jangan dulu buru-buru khawatir, Bun

Pada umumnya, peningkatan suhu tubuh mulai muncul sekitar satu hari sebelum gigi mulai muncul, dan hilang setelah gigi menembus gusi. 

Namun ketika demamnya memang tinggi, ini bisa jadi menandakan ada infeksi yang terjadi di bersamaan dengan tumbuhnya gigi. Menurut Jill Lasky, DDS., dokter gigi anak di Lasky Pediatric Dental Group di Los Angeles. anak-anak bisa saja demam saat mereka mulai tumbuh gigi karena bisa jadi adanya luka terbuka di gusi sehingga membuat mereka lebih rentan terserang penyakit.

Begitu pula jika demam si Kecil disertai dengan gejala-gejala penyakit lain. Bisa jadi ini bukan efek dari tumbuh gigi, tapi si Kecil yang memang sedang tidak sehat. 

Biasanya, demam yang menunjukkan si Kecil sedang sakit bisa disertai dengan tanda-tanda berikut ini:

  • Hidung berair atau tersumbat.

  • Batuk. 

  • Bersin. 

  • Diare. 

  • Muntah. 

  • Ruam popok. 

  • Ruam pada area tubuh tertentu yang muncul tiba-tiba.

  • Rasa kantuk terus-menerus.

Gejala-gejala di atas tidak akan muncul jika bayi sedang tumbuh gigi, Bun. Maka untuk memastikannya, Bunda perlu memeriksakan si Kecil ke dokter karena bayi juga bisa tumbuh gigi dan sakit secara bersamaan.

Baca Juga: Cek! Ini Tahapan Pertumbuhan Gigi Bayi yang Perlu Bunda Ketahui

midbanner redakan demam karena tumbuh gigi

Cara Mengatasi dan Obat Alami Demam Bayi Tumbuh Gigi

Proses tumbuh gigi pasti terjadi pada setiap anak, Bun. Namun, proses ini bisa membuatnya terganggu dan merasa tidak nyaman.

Jika Bunda dan Ayah mendapati si Kecil menunjukkan demam dan ciri-ciri bayi tumbuh gigi lainnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai obat alami demam bayi tumbuh gigi. Di antaranya: 

1. Berikan si Kecil Minum yang Banyak

Ketika anak demam, ia akan lebih mudah dehidrasi karena tubuhnya kehilangan cairan. Guna mencegah bayi dehidrasi sekaligus mengatasi demam karena tumbuh gigi, Bunda bisa terus memberikan ASI eksklusif

Ini karena ASI mengandung sistem kekebalan tubuh yang dapat mencegah terjadinya reaksi alergi, diare, pneumonia, dan infeksi lainnya dalam tubuh anak. Jika bayi rewel dan tidak mau menyusu, tetap berikan dalam porsi lebih sedikit tapi sering. 

Bila bayi sudah berusia di atas 6 bulan lebih, Bunda bisa memberikan air putih, yogurt, es mambo, atau sop sayur hangat untuk menggantikan cairan tubuhnya yang hilang. 

2. Biarkan Bayi Tidur

Istirahat yang cukup adalah salah satu obat alami demam bayi tumbuh gigi. Bunda harus memastikannya si Kecil mendapatkan istirahat yang cukup sampai suhu tubuhnya benar-benar turun, ya. Usahakan pula suhu ruangan membuatnya nyaman alias merasa sejuk dan tidak kegerahan. 

3. Mandikan atau Lap Air Hangat

Cara mengatasi demam karena bayi tumbuh gigi berikutnya adalah memandikannya dengan air hangat. Hindari memandikan anak dengan air dingin karena bisa membuatnya menggigil, sehingga menyebabkan suhu tubuhnya makin meningkat.

Kalau anak menolak untuk mandi, jangan khawatir, Bun. Bunda bisa coba menyeka tubuhnya menggunakan handuk hangat.

Cukup basahi kain atau handuk kecil, lalu gosokkan pelan pada tubuh anak. Seka tubuh bayi secara perlahan seraya memijat lembut badannya. Hal ini bisa membuat tubuhnya jadi lebih nyaman, rileks, dan membantu mengatasi demam pada bayi

4. Gunakan Pakaian Tipis

Bunda juga boleh memakaikan baju rumah yang lebih nyaman dan tipis untuk si Kecil. Hindari memakaikan pakaian tebal yang berlapis-lapis. 

Walaupun bisa menghangatkan badan anak agar tidak kedinginan, tapi memakaikan baju tebal-tebal justru bisa semakin memerangkap panas tubuhnya. Kalau merasa kedinginan, Bunda bisa memberikan selimut sampai ia merasa hangat lagi. 

Baca Juga: Normalkah Bayi 11 Bulan Belum Tumbuh Gigi?

5. Berikan Empeng Dingin

Empeng atau mainan teether yang sebelumnya sudah disimpan di kulkas bisa jadi pilihan obat alami demam bayi tumbuh gigi. Empeng dan teether dingin ini bisa ia gigit untuk bantu meredakan rasa sakit dan gatal pada gusinya, Bun.

Apabila bayi sudah berusia 6 bulan ke atas, Bunda bisa memberikan makanan dingin, seperti yogurt atau potongan buah yang sudah didinginkan. 

Tapi, ingat, Bun, jangan memberikan benda atau makanan yang terlalu dingin, bahkan sampai beku, ya. Karena hal ini dikhawatirkan justru bisa melukai gusi bayi.

Jika bayi menolak mainan gigit, coba gunakan jari Bunda untuk menekan atau pijat gusi si Kecil. Pastikan tangan Bunda sudah bersih sebelum memasukkannya ke dalam mulut bayi, ya.

6. Berikan Obat-Obatan

Bayi Bunda kelihatan sangat kesakitan dan rewel saat tumbuh gigi? Coba konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan terbaik, Bun.

Dokter mungkin menyarankan untuk memberikan obat pereda rasa nyeri untuk anak, seperti paracetamol atau ibuprofen. Berikan obat panas bayi tumbuh gigi dengan dosis sesuai usianya. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Bayi Rewel Saat Tumbuh Gigi

7. Konsultasikan ke Dokter

Selain mencoba cara dan obat alami demam bayi tumbuh gigi di atas, Bunda bisa konsultasi langsung ke dokter jika kondisi si Kecil tidak kunjung sembuh. 

Meski umumnya, bayi demam karena tumbuh gigi merupakan hal yang wajar dan bukanlah hal yang sangat serius. Saat gigi telah tumbuh dari gusi, demam pun akan berangsur reda. 

Akan tetapi, Bunda bisa segera berkonsultasi dengan dokter apabila buah hati menunjukkan kondisi sebagai berikut:

  • Berusia di atas 3 bulan dan suhu tubuhnya di atas 38 derajat Celcius.

  • Demam berlangsung selama lebih dari 24 jam.

  • Bayi mengalami muntah, gatal-gatal, dan diare.

  • Bayi terlihat sangat capek dan kesakitan.

  • Bayi tidak terlihat membaik walaupun sudah dilakukan pertolongan pertama untuk meredakan sakit dan demam.

Nah, itulah Bunda informasi mengenai gejala demam yang perlu diwaspadai serta berbagai cara dan obat alami demam bayi tumbuh gigi. 

Jangan lupa daftarkan diri Bunda di Klub Generasi Maju untuk dapatkan akses ke banyak fitur-fitur menarik lainnya. Daftar sekarang untuk dapatkan lebih banyak informasi terbaru seputar tumbuh kembang anak dan tips parenting lainnya. Bunda juga bisa dapatkan berbagai promo dan penawaran menarik, lho! Tunggu apalagi? Yuk, daftar sekarang!

Referensi tambahan:

  1. Baby Center. https://www.babycenter.com/health/illness-and-infection/fever-and-your-baby-or-child_84. Diakses pada 11 Oktober 2022. 

  2. Healthline. https://www.healthline.com/health/teething-fever. Diakses pada 11 Oktober 2022. 

  3. Parents. https://www.parents.com/baby/all-about-babies/a-rise-in-body-temp-during-teething-probably-isnt-a-fever/. Diakses pada 11 Oktober 2022. 

  4. Pediatrics. https://publications.aap.org/pediatrics/article-abstract/137/3/e20153501/81436/Signs-and-Symptoms-of-Primary-Tooth-Eruption-A?redirectedFrom=fulltext. Diakses pada 11 Oktober 2022. 

  5. Web MD. https://www.webmd.com/parenting/baby/can-teething-cause-fever. Diakses pada 11 Oktober 2022. 

  6. Healthline. https://www.healthline.com/health/teething. Diakses pada 11 Oktober 2022. 

  7. Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/teething.html. Diakses pada 11 Oktober 2022. 

  8. Flo. https://flo.health/being-a-mom/your-baby/baby-health-and-safety/teething-symptoms. Diakses pada 11 Oktober 2022. 

  9. Web MD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-teething-sick. Diakses pada 11 Oktober 2022

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline