Facebook Pixel Code Berikut Perkembangan Janin pada Trimester Kedua Kehamilan

Janin Pada Trimester Kedua Kehamilan

Janin Pada Trimester Kedua Kehamilan

Saat masa-masa awal kehamilan, mungkin Bunda masih sulit percaya dengan adanya  janin yang bernyawa dalam perut Bunda. Biasanya Bunda akan mulai makin merasakan kehadirannya ketika memasuki masa trimester kedua kehamilan. Pada masa 13-28 minggu tersebut, janin telah lebih jauh berkembang sehingga turut menyebabkan perubahan pada tubuh Bunda.

Rasa membawa-bawa bayi dalam perut pun akan Bunda rasakan pada trimester kedua ini. Ini karena buah hati dalam kandungan mulai bergerak dan menekan panggul. Jadinya, Bunda akan merasa berat di daerah tersebut seakan membawa sesuatu di atas perut dan panggul. Pada trimester kedua, Bunda akan merasakan banyak perkembangan bayi yang secara tidak langsung berdampak pula ke tubuh Bunda.

Berikut ini adalah beberapa pencapaian janin yang biasanya terjadi pada trimester kedua. Dengan mengetahui tahapan ini, diharapkan Bunda akan semakin tenang dan awas terhadap kandungan Bunda, ya.

Janin Bergerak

Memasuki minggu ke-16 kehamilan, Bunda mungkin akan dibuat kaget karena merasakan gerakan mendadak dari dalam perut. Jangan khawatir, itu hanya pergerakan dari janin Bunda. Memasuki trimester kedua, kelengkapan organ tubuhnya mulai bertumbuh. Mulai dari jantungnya yang berdetak hingga kaki dan tangannya mulai bergerak. Itulah yang membuat Bunda akhirnya kerap merasakan sundulan dari dalam perut. Tidak hanya bergerak, sidik jari pun mulai terbentuk di tangan dan kaki janin memasuki kehamilan trimester kedua.

Organ Dalam Mulai Bekerja

Ada kehidupan lain dalam tubuh Bunda memasuki bulan keempat kehamilan. Bukan hanya kaki dan tangan yang mulai bergerak, organ dalam dalam janin pun mulai bekerja. Pada trimester kedua, bayi sudah bisa mengeluarkan urine karena ginjalnya mulai berfungsi. Buah hati pun sudah bisa mendengar karena indra pendengarannya sudah berfungsi. Inilah saat yang tepat bagi Bunda untuk memberikan stimulasi karena bayi sudah bisa merespons apa yang didengarnya.

Tumbuh Rambut

Bunda mungkin akan sering merasa di daerah perut ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua. Ini karena rambut buah hati dalam kandungan mulai tumbuh pada fase ini, tepatnya di kisaran bulan kelima kehamilan. Rambut halus di kulit janin hingga rambut di kepala mulai tumbuh dengan cepat. Memasuki kehamilan bulan kelima, paru-paru janin juga mulai terbentuk, walaupun belum berfungsi seperti organ lainnya.

Terlihat Jenis Kelamin

Memasuki minggu ke-18, Bunda bisa segera mengetahui jenis kelamin buah hati dalam kandungan! Ini karena alat kelamin janin mulai terbentuk pada masa-masa ini. Untuk mengetahuinya secara pasti, Bunda bisa melakukan USG di dokter kandungan yang biasa menangani Bunda.

Berat Janin Terus Bertambah

Organ tubuh janin yang semakin lengkap secara langsung ikut menambah berat janin pada trimester kedua. Hal ini pulalah yang menyebabkan perut Bunda akan semakin membesar. Normalnya, memasuki bulan keenam atau usia kandungan 24 minggu, berat janin sudah mencapai 1,4 kilogram. Cobalah konsultasikan dengan dokter bila berat janin jauh dari berat normal tersebut.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline