Facebook Pixel Code Hal yang Perlu Bunda Pertimbangkan saat Memilih Sekolah

Hal yang Perlu Bunda Pertimbangkan saat Memilih Sekolah

Hal yang Perlu Bunda Pertimbangkan saat Memilih Sekolah

Pemilihan sekolah yang tepat sangat penting dilakukan, terutama untuk menunjang pendidikan anak ke depannya. Sekolah dengan kualitas guru, fasilitas, dan lingkungan yang baik akan menentukan perkembangan anak. Sebaiknya Bunda tidak mendaftarkan buah hati ke sekolah tertentu karena mengikuti saran teman, atau karena teman sepermainan anak masuk sekolah yang sama.

Setiap sekolah memiliki kurikulum, pendekatan, pengajaran, dan nilai-nilai berbeda. Cara belajar yang fokus dengan pengajaran aktif dan merangsang rasa ingin tahu anak lebih baik karena dapat berdampak baik dalam perkembangan anak. Orang tua sebaiknya memahami lingkungan sekolah yang dipilih agar dapat membentuk dan mengembangkan karakter anak.

Sepuluh Hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Sekolah

  1. Ketika memperhatikan kebutuhan psikologis mendasar dan tahap perkembangan anak, hal utama yang perlu diperhatikan adalah usia. Tidak ada salahnya jika Bunda mulai memasukkan anak ke PAUD ketika usianya sudah menginjak 3 tahun. Saran ini tidak memaksa, Bun. Selama Bunda masih bisa mengajarkan hal-hal dasar seperti pengetahuan baca, tulis, dan berhitung di rumah, PAUD bukanlah kebutuhan yang mesti dipenuhi.

  2. Setiap anak memiliki kebutuhan individu yang berbeda-beda. Karena itu, pilihlah sekolah yang bisa memberikan cara mengajar sesuai dengan ritme belajar anak. Contohnya, mengajar menggunakan alat bantu atau menanamkan gaya belajar visual kepada anak.

  3. Membantu menanamkan nilai-nilai yang mendorong anak untuk mandiri, berani, dan berkembang cerdas. Untuk hal ini, Bunda bisa memilihkan sekolah yang mampu mengakomodasi hal tersebut.

  4. Sebaiknya Bunda memilih sekolah yang memiliki tujuan pendidikan yang selaras  dengan tujuan orang tua. Orang tua perlu memperhatikan visi dan misi sekolah untuk mengetahui bagaimana sebuah sekolah menerapkan metode efektif untuk membantu perkembangan belajar anak.

  5. Perhatikan juga cara guru berinteraksi dengan murid. Hubungan guru dan murid yang tulus dan menyenangkan dapat membantu meningkatkan prestasi dan rasa percaya diri anak.

  6. Lingkungan sekolah yang menyenangkan dan membuat anak nyaman untuk menghabiskan waktu pada jam sekolah. Fasilitas sekolah juga bisa menentukan apakah anak nyaman selama jam belajar berlangsung atau tidak.

  7. Tentukan kriteria dalam menentukan sekolah yang terbaik. Bunda juga sebaiknya minta saran dalam memilih sekolah yang layak bagi buah hati Bunda untuk belajar.

  8. Perhatikan jarak dari sekolah ke rumah agar anak tidak kesulitan dan tidak mudah kelelahan dalam pergi-pulang sekolah. Jarak juga dapat membangun kemandirian anak, Bun. jika jarak tidak terlalu jauh dari rumah, anak bisa dibiarkan pulang sendiri. Namun, Bunda sebaiknya tetap melakukan pemantauan pada tahun-tahun pertama, ya.

  9. Sekolah yang memperhatikan enam aspek perkembangan anak, di antaranya; moral agama, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni. Bunda dapat memasukkan enam aspek tersebut dalam pertimbangan Bunda. Perhatikan apakah sekolah memiliki pemahaman yang sama terhadap aspek-aspek tersebut dengan keluarga Bunda.

  10. Sistem belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan dapat membuat anak senang dan antusias belajar. Kepribadian guru juga menentukan sistem belajar yang membuat senang. Anak akan merasa nyaman dan bersemangat datang ke sekolah.

Demikianlah beberapa hal yang dapat Bunda pertimbangkan dalam menentukan sekolah anak. Selamat memilih sekolah, Bun.

Dan untuk mendukung kesiapan belajarnya memasuki masa prasekolah, penting untuk Bunda terus melanjutkan pemberian nutrisi optimal untuk mendukung perkembangan otak si Kecil yang pesat.

Sebab, perkembangan otak yang optimal merupakan fondasi penting untuk mendukung kemampuan belajar si Kecil. Namun, masih banyak Bunda yang tidak menyadari, bahwa 90% perkembangan otak si Kecil tercapai di usia 5 tahun.

Jadi, yuk teruskan nutrisinya dengan SGM Eksplor 3+ satu-satunya dengan IronC™ untuk dukung 2x penyerapan nutrisi penting, juga dilengkapi DHA, Minyak Ikan Tuna, Omega 3&6 serta nutrisi penting lainnya yang mendukung perkembangan kognitif si Kecil & siapkan prestasinya. 

Jangan lupa juga untuk daftarkan diri di Klub Generasi Maju supaya Bunda bisa mendapatkan lebih banyak informasi penting soal cara pengasuhan anak dan tips-tips mempersiapkan si Kecil masuk sekolah. Gratis!

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline