Facebook Pixel Code Fase Perkembangan Psikologi Anak Usia Sekolah

Fase Perkembangan Psikologi Anak Usia Sekolah

Fase Perkembangan Psikologi Anak Usia Sekolah

 

Tumbuh kembang anak tidak selalu sama, termasuk dalam hal perkembangan psikologi anak. Perkembangan ini sendiri memang merupakan hal yang tidak diamati semudah pertumbuhan fisik atau kognitif. Bunda tak perlu khawatir karena ada beberapa tanda-tanda umum yang menunjukkan perkembangan psikologi si kecil di sini.

Perkembangan psikologi anak usia sekolah

Tidak terasa, si kecil sudah makin dewasa dan memasuki usia sekolah, yakni 6 hingga 12 tahun. Yuk, Bun, mari simak beberapa tanda perkembangan psikologi anak usia sekolah.

Si kecil usia 6 tahun

Umumnya, si kecil sudah lebih mandiri saat usia 6 tahun. Di usia ini, si kecil juga antusias untuk bermain dengan teman, tak hanya bermain sendiri. Anak-anak usia 6 tahun juga cenderung kooperatif saat bermain. Hal ini dipicu karena umumnya si kecil sudah paham bahwa ada konsekuensi dari perbuatan positif atau negatif. Tak hanya itu, mereka juga sudah paham dan bisa menjelaskan perasaan sendiri serta menunjukkan empati dan rasa kasih sayang.

Di usia 6 tahun, si kecil memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar dan keinginan untuk menyenangkan orangtua atau guru. Satu hal yang harus diwaspadai adalah pada usia ini, anak dapat menunjukkan kecemburuan terhadap kakak atau adiknya.

Anak usia 7 tahun

Beberapa tanda perkembangan psikologi anak pada usia 7 tahun adalah:

  • Sudah dapat melupakan atau mengatasi ketakutan yang ditakuti saat masih balita

  • Tetap memiliki rasa takut akan hal-hal yang masih asing, seperti memulai awal tahun ajaran di sekolah baru

  • Kesadaran diri meningkat karena mulai khawatir tentang persepsi orang lain

  • Mulai menjalin pertemanan dengan teman sebaya

  • Bermain bareng dalam kelompok besar, tetapi juga membutuhkan waktu sendiri

  • Sering mengasah rasa humornya dan suka bercanda

Si kecil usia 8 tahun

Saat menginjak usia 8 tahun, pertumbuhan kemampuan sosial dan emosional anak ditandai dengan keinginan untuk diterima atau disukai oleh teman-temannya. Si kecil yang berusia 8 tahun juga mulai paham dan memikirkan masa depan. Beberapa anak dari kelompok usia ini menunjukkan ketertarikan pada uang, belajar menabung, dan memiliki rencana untuk apa tabungan tersebut akan digunakan.

Pada usia ini, anak-anak juga dapat mengeluh tentang urusan pertemanannya. Tumbuh kembang anak pada usia 8 tahun juga ditandai dengan kemampuan mengungkapkan perasaan dengan kata-kata. Namun, si kecil dapat bertindak agresif saat marah.

Baca Juga: 5 Cara agar Belajar Tetap Efektif Meski di Rumah

Anak usia 9 tahun

Seiring waktu, kemampuan emosional dan sosial anak makin bertambah. Si kecil yang berusia 9 tahun, sekarang mulai kritis terhadap diri sendiri dan orang lain di sekitarnya. Pemahaman si kecil tentang mana yang benar dan salah pun turut bertambah. Selain itu, perkembangan psikologi anak usia 9 tahun juga meliputi:

  • Penuh sukacita

  • Suasana hati cepat berubah

  • Mudah memaafkan

  • Mengerti negosiasi

  • Mampu menyelesaikan masalah saat melakukan kesalahan

  • Khawatir bila terjadi konflik dengan teman

Anak usia sekolah juga senang apabila usahanya di sekolah dihargai. Jadi, ketika anak telah berusaha sebaik-baiknya, Bunda mungkin dapat memberikan pujian atas usaha si kecil.

Si kecil usia 10 tahun

Pada anak-anak di kelompok usia ini, hubungan pertemanan menjadi semakin penting dalam kehidupan anak. Mengingat sejumlah anak-anak memandang pertemanan sebagai hal yang harus dijaga, beberapa anak mungkin mulai merasakan tekanan dari teman atau peer pressure.

Kemudian di usia ini, anak-anak juga semakin mendekati masa puber. Maka dari itu, mereka mulai peduli dengan bentuk tubuh. Bunda harus memerhatikan agar mereka tidak memiliki kekhawatiran berlebihan terhadap bentuk tubuhnya. Umumnya, gangguan makan juga mulai terjadi di usia ini.

Anak usia 11 tahun

Ketika si Kecil menginjak usia 11 tahun, tahap ini mulai dikenal dengan fase awal remaja. Memasuki fase remaja, kemandirian anak sudah tergolong sangat baik. Beberapa anak mungkin juga lebih memilih menghabiskan waktu bersama teman-temannya.

Alasan utamanya karena anak berusia 11 tahun sedang memahami jati dirinya. Si kecil yang mulai beranjak remaja pun mulai mencari saran tentang suatu hal langsung ke temannya daripada orangtua.

Perkembangan psikologi anak di usia 11 tahun membuat pemikirannya juga bertambah logis dan paham akan privasi.

Anak usia 12 tahun

Dari sisi emosional dan sosial, anak yang telah beranjak remaja makin memperhatikan penampilannya. Bila pada usia 10 tahun mereka baru mulai peduli, di usia ini mereka mulai meluangkan lebih banyak waktu untuk meningkatkan penampilan.

Mereka pun menjadi lebih peduli pada diri sendiri. Anak pun dapat menunjukkan perilaku yang kasar atau cepat marah terhadap orangtua. Saat anak memasuki fase ini, mereka juga lebih mudah mengalami stres akibat tugas sekolah atau lingkungan.

Oleh karena itu, Bunda tetap harus membimbingnya walaupun anak telah menjadi mandiri.

Tips mendukung perkembangan psikologi anak

Si kecil akan tumbuh dewasa seiring waktu. Selain menyiapkan pola makan dengan gizi seimbang untuk anak, Bunda dan keluarga harus membimbing si kecil agar tumbuh menjadi anak generasi maju. Beberapa tips yang dapat dipertimbangkan adalah:

  • Mendorong anak untuk menyampaikan sesuatu secara terbuka tanpa dihantui hukuman

  • Ketika si kecil mulai memasuki fase remaja, diskusikan bahaya dari masalah sensitif (obat-obatan terlarang dan seksualitas) secara terbuka

  • Tunjukkan ketertarikan terhadap kegiatan belajar anak

  • Mendukung anak untuk berpartisipasi atau melakukan aktivitas fisik di luar rumah, seperti belajar melukis atau mengikuti klub olahraga

  • Mengajarkan kemandirian dan tanggung jawab dengan meminta anak membantu urusan mengerjakan pekerjaan rumah (cuci piring, membersihkan kamar mandi)

 

Baca Juga: Dampak Tayangan Televisi yang Kurang Tepat bagi Anak

 

References

Child development: Middle childhood (6-8 years old) | CDC. (2020, March 6). Centers for Disease Control and Prevention.

Retrieved May 20, 2020, from https://www.cdc.gov/ncbddd/childdevelopment/positiveparenting/middle.html

Growth and development milestones. (n.d.). University of Michigan | Michigan Medicine.

Retrieved May 20, 2020, from https://www.uofmhealth.org/health-library/abo8756#abo8757

School-age children development. (n.d.). MedlinePlus - Health Information from the National Library of Medicine.

Retrieved May 20, 2020, from https://medlineplus.gov/ency/article/002017.htm

Social-emotional development in school-age children. (2019, June 27). Ecole Bilingue de Berkeley.

Retrieved May 20, 2020, from https://www.eb.org/blog/social-emotional-development-school-age-children

Understood. (2019, August 9). Social and emotional skills: What to expect at different ages.

Understood.org. Retrieved May 20, 2020,

from https://www.understood.org/en/learning-thinking-differences/signs-symptoms/age-by-age-

learning-skills/social-and-emotional-skills-what-to-expect-at-different-ages

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline