Facebook Pixel Code 6 Manfaat Vitamin C untuk Anak, Bunda Wajib Tahu!

6 Manfaat Vitamin C untuk Tumbuh Kembang Anak yang Optimal

6 Manfaat Vitamin C untuk Tumbuh Kembang Anak yang Optimal

Bunda mungkin sudah tahu kalau manfaat vitamin C untuk anak sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuhnya. Namun, itu bukanlah satu-satunya manfaat yang didapat dari kandungan vitamin C. Masih banyak manfaat lain yang akan dirasakan si Kecil apabila asupan vitamin C harian si Kecil tercukupi. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini, yuk, Bun!

Beragam Manfaat Vitamin C untuk Anak

Kita mungkin pasti sudah sering mendengar bahwa vitamin C dapat membantu memperkuat sistem pertahanan tubuh anak. Jadi, ketika musim batuk dan pilek tiba si Kecil tidak gampang tertular teman-temannya yang sakit. 

Ketika sudah terlanjur tertular pun, Bunda dapat memberikan vitamin C untuk meringankan gejala batuk-pilek serta mempercepat proses penyembuhan. 

Sebetulnya, masih banyak manfaat vitamin C untuk anak yang sayang dilewatkan, yakni:

1. Membentuk Tulang dan Gigi yang Sehat 

Pssst, bukan hanya kalsium saja lho Bun yang diperlukan anak agar tulang dan giginya kuat! 

Ternyata vitamin C berperan dalam memproduksi serat protein yang dibutuhkan tubuh si Kecil untuk membentuk tulang dan gigi yang sehat dan kuat. 

Ketika gigi sehat dan kuat, proses makan si Kecil akan menjadi lebih mudah sehingga kebutuhan nutrisi lain akan terpenuhi. Senyumnya pun akan menjadi cemerlang. Menawan sekali!

Begitu juga dengan tulang yang sehat dan kuat. Tulang yang sehat dan kuat akan membuat si Kecil tumbuh dengan postur tubuh yang bagus sehingga ia tampak lebih tegap dan tinggi. 

2. Membantu Penyerapan Zat Besi

Tahukah bunda jika vitamin C secara efektif mampu meningkatkan penyerapan zat besi hingga 2 kali lipat? Fakta ini membuat vitamin C memegang predikat sebagai “pembantu penyerapan zat besi terbaik.”

Zat besi sendiri merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk hemoglobin berfungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh, termasuk otak. 

Oleh sebab itu, si Kecil membutuhkan asupan zat besi yang cukup agar fungsi otaknya bekerja secara optimal untuk menerima berbagai informasi dan stimulus dari lingkungannya. Jadi, ia menjadi sosok yang siap untuk belajar, baik di rumah maupun di sekolah!

Nah, hal inilah yang menjadi salah satu landasan dibentuknya formulasi unik IronC™ di dalam susu SGM Eksplor. 

Susu SGM Eksplor merupakan satu-satunya susu pertumbuhan anak yang mengandung formulasi IronC™, kombinasi unik zat besi dan vitamin C dengan rasio terbaik yaitu 2:1 guna memaksimalkan penyerapan nutrisi penting hingga 2x lipat. 

SGM Eksplor 1+ juga sudah dilengkapi dengan DHA, minyak Ikan, Omega 3&6, zinc, vitamin D, serta nutrisi penting lainnya untuk bantu si Kecil tumbuh maksimal menjadi Generasi Maju yang mampu berpikir cepat dan berani. 

3. Mendukung Fungsi Otak Anak

Siapa sangka ya, Bun, ternyata vitamin C sangat berpengaruh pada fungsi otak anak yang optimal. 

Menurut hasil penelitian bertajuk “Vitamin C Deficiency in the Young Brain”, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan perubahan struktural dan gangguan fungsional pada otak anak usia dini. 

Efek dari kekurangan vitamin C mungkin tidak terlihat dalam jangka waktu dekat, Bunda. Kekurangan asupan vitamin C dalam jangka panjang secara perlahan akan membuat si Kecil sering salah tangkap dan lambat dalam berpikir.

Hal tersebut tentu dapat membatasi kemampuan dan potensi si Kecil untuk belajar, baik di rumah maupun di sekolah. Jadi, pastikan asupan vitamin C si Kecil tercukupi ya, Bunda!

4. Mendukung Terbentuknya Kulit Sehat

Di dalam tubuh si Kecil, vitamin C berperan dalam proses produksi kolagen. Ketika produksi kolagen cukup kulit si Kecil akan terlihat sehat dan kenyal. 

Ketika asupan vitamin C si Kecil kurang, produksi kolagen akan terhambat. Alhasil, kulit menjadi kendur. Dan ketika ia jatuh sehingga lututnya lecet, lukanya akan lama sembuh. 

Bukan hanya itu, Bunda. Vitamin C juga berperan dalam pembentukan lapisan terluar kulit bernama stratum corneum. Stratum corneum ini mampu mencegah kulit kehilangan banyak air. Jadi, ketika asupan vitamin C si Kecil cukup, kulitnya akan lembap dan sehat, jauh dari tekstur kering dan kasar.

Selain itu, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkis paparan sinar UV yang dapat merusak kulit. Kulit yang terlalu banyak terpapar sinar matahari akan lebih mudah rusak dan berkerut. 

Nah, kalau ingin si Kecil memiliki kulit yang sehat, bersih, dan cerah, jangan lupa penuhi kebutuhan vitamin C-nya, ya. 

5. Melindungi Tubuh dari Paparan Radikal Bebas

Seperti yang sudah disinggung di atas, vitamin C merupakan antioksidan.  Vitamin ini memiliki kemampuan untuk mengurangi dampak kerusakan sel karena radikal bebas. 

Lantas, dari mana sih asal radikal bebas? Radikal bebas berasal dari radiasi matahari, asap kendaraan, asap rokok, dan masih banyak lagi. 

Apabila paparan radikal bebas dibiarkan saja, dalam jangka panjang meningkatkan risiko terkena penyakit serius di kemudian hari. 

Bantu si Kecil agar terhindar dari efek negatif radikal bebas dengan memberikan asupan vitamin C yang cukup, yuk, Bun!

6. Mencegah Gusi Bengkak

Pada kondisi yang kronis, anak yang kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi bengkak dan berdarah. Untuk bantu si Kecil terhindar dari penyakit ini, Bunda perlu memberikan makanan sehat yang terdiri dari buah dan sayur yang kaya akan vitamin C. 

Berapa Vitamin C yang Dibutuhkan Anak?

Menurut Peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019, anak-anak memiliki kebutuhan asupan vitamin C yang berbeda-beda, yaitu: 

  • Anak usia 1-3 tahun membutuhkan vitamin C sebesar 40 mg.

  • Anak usia 4-9 tahun membutuhkan vitamin C sebesar 45 mg.

  • Anak usia 10-12 tahun membutuhkan vitamin C sebesar 50 mg. 

Apa Saja Makanan yang Mengandung Vitamin C?

Ada banyak makanan yang mengandung vitamin C. Bunda dan si Kecil pasti sudah sering mengonsumsi makanan ini sehari-hari. Berikut daftar makanan yang mengandung vitamin C: 

  • Jeruk.

  • Lemon. 

  • Jambu. 

  • Pepaya

  • Apel.

  • Stroberi.

  • Kiwi. 

  • Tomat.

  • Brokoli.

  • Bayam.

  • Bunga kol putih.

  • Kubis.

  • Kentang. 

  • Wortel.

  • Hati.

  • Makanan yang telah difortifikasi vitamin C.

Apa yang Terjadi Ketika Asupan Vitamin C Berlebihan? 

Seperti banyak hal lainnya di muka bumi ini, Bun, yang berlebihan pasti tidak baik. Begitu pula dengan vitamin C, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek tidak menyenangkan bagi tubuh, antara lain: 

  • Diare.

  • Perut kembung.

  • Batu ginjal.

  • Kelainan detak jantung. 

Nah, itu dia berbagai informasi seputar manfaat vitamin C untuk anak beserta sumber makanannya yang baik bagi tumbuh kembang si Kecil. Jangan lupa juga untuk mendaftarkan diri di Klub Generasi Maju supaya Bunda bisa mendapatkan lebih banyak informasi penting soal cara pengasuhan anak dan tips-tips menjaga kesehatan si Kecil di rumah. Gratis!

 

Referensi tambahan:

  1. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA. (n.d.). http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf

  2. IDAI | Pastikan Bayi Anda Cukup Zat Besi? (2017). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pastikan-bayi-anda-cukup-zat-besi

  3. View of Optimizing iron adequacy and absorption to prevent iron deficiency anemia: The role of combination of fortified iron and vitamin C. (2023). Worldnutrijournal.org. https://worldnutrijournal.org/OJS/index.php/WNJ/article/view/261/208

  4. Pernille Tveden-Nyborg. (2021). Vitamin C Deficiency in the Young Brain—Findings from Experimental Animal Models. 13(5), 1685–1685. https://doi.org/10.3390/nu13051685

  5. Pullar, J. M., Carr, A. C., & Margreet C.M. Vissers. (2017). The Roles of Vitamin C in Skin Health. 9(8), 866–866. https://doi.org/10.3390/nu9080866

  6. Chin, K.-Y., & Soelaiman Ima-Nirwana. (2018). Vitamin C and Bone Health: Evidence from Cell, Animal and Human Studies. 19(5), 439–450. https://doi.org/10.2174/1389450116666150907100838

  7. Children's Health Team. (2022, December 23). Can Vitamin C Help You Fight a Cold? Cleveland Clinic; Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/benefits-of-vitamin-c/

  8. Clinic, C. (2022). Scurvy: Symptoms, Causes & Treatment - Cleveland Clinic. Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/24318-scurvy?_ga=2.47105380.2104599918.1685519550-362921058.1678185942&_gl=1*3a6mvn*_ga*MzYyOTIxMDU4LjE2NzgxODU5NDI.*_ga_HWJ092SPKP*MTY4NTUxOTU1MC41Ny4wLjE2ODU1MTk1NTAuMC4wLjA

  9. ‌Clinic, C. (2021). Cerebral Hypoxia: What It Is, Causes, Symptoms - Cleveland Clinic. Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/6025-cerebral-hypoxia#:~:text=Your%20brain%20runs%20your%20nervous,and%20messages%20throughout%20the%20body

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline