Facebook Pixel Code Cara Memilih Susu Terbaik untuk Anak Sekolah

Cara Memilih Susu Terbaik untuk Anak Sekolah

Cara Memilih Susu Terbaik untuk Anak Sekolah

 

Ketika memasuki usia sekolah, kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembang si kecil tentunya akan bertambah. Agar tumbuh kembang anak optimal, penting bagi Bunda untuk menentukan susu anak terbaik sesuai dengan kebutuhan anak. Memilih susu formula terbaik untuk anak yang tepat sama saja dengan memberi dukungan terhadap kemampuan akademis sekaligus menjaga daya tahan tubuh si kecil selama di sekolah. Lalu, bagaimana cara memilih susu terbaik untuk anak berusia sekolah?

Tips memilih susu anak terbaik untuk usia sekolah

Setelah melewati periode emas (1000 hari pertama) dan bersiap untuk sekolah, anak tetap memerlukan asupan nutrisi terbaik untuk mendukung aktivitasnya yang semakin padat. Selain mendapatkan asupan nutrisi dari makanan, si kecil membutuhkan nutrisi tambahan dari susu.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar anak-anak usia sekolah (1-5 tahun) minum susu sebanyak 2 hingga 3 gelas sehari agar kebutuhan gizinya terpenuhi.

Agar Bunda tidak salah memilih susu yang sesuai untuk anak usia sekolah, simak langkah-langkah di bawah ini:

1. Pilih jenis susu yang sesuai

Langkah utama yang harus Bunda pertimbangkan saat memilih susu yang terbaik untuk anak usia sekolah adalah jenisnya. Saat ini, banyak susu tersedia di pasaran, tidak hanya susu sapi. Bunda juga bisa menemukan pilihan susu lainnya, seperti susu soya, alias kedelai.

Sebelum memilih, Bunda harus tahu apakah si kecil bisa minum susu sapi atau tidak. Sebab, beberapa anak mungkin memiliki kondisi tertentu sehingga tidak bisa mengonsumsi susu sapi, misalnya intoleransi laktosa atau alergi susu sapi.

Apabila mengalami kesulitan menentukan jenis susu apa yang sesuai, Bunda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak. Nantinya, dokter akan memberikan rekomendasi susu yang cocok dengan kondisi si kecil.

2. Perhatikan nutrisi di dalamnya

Selanjutnya, yang harus Bunda pastikan ketika memilih susu terbaik untuk anak usia sekolah adalah kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Nah, apa saja nutrisi yang dibutuhkan dalam susu anak usia sekolah?

Nutrisi dalam susu yang paling penting untuk tumbuh kembang anak adalah kalsium, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin D, serta zinc. Semua nutrisi tersebut berperan besar dalam pertumbuhan serta perkembangan si kecil.

Bila perlu, pilihlah susu yang mengandung nutrisi tambahan lainnya, seperti asam lemak omega 3. Sebuah penelitian dari jurnal Nutrients menunjukkan bahwa asupan asam lemak omega 3 yang cukup bisa membantu meningkatkan fungsi otak, terutama kemampuan anak dalam mengingat dan menyerap informasi.

Perkembangan otak yang optimal merupakan fondasi penting untuk mendukung kemampuan belajar si Kecil. Namun, masih banyak Bunda yang tidak menyadari, bahwa 90% perkembangan otak si Kecil tercapai di usia 5 tahun.

Maka daripada itu, memasuki usia pra-sekolah (usia 3-5 tahun), penting untuk Bunda terus melanjutkan pemberian nutrisi optimal untuk mendukung perkembangan otak si Kecil yang pesat dan kesiapan belajarnya. 

3. Sesuaikan dengan usia si Kecil

Tidak hanya memilih jenis susu dan memperhatikan kandungan nutrisi, Bunda juga perlu menyesuaikan pilihan susu dengan usia anak. Beragam pilihan susu tersedia, juga memiliki formulanya masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan si kecil berdasarkan usianya, entah itu susu terbaik untuk anak 3 tahun atau juga susu terbaik untuk anak 2 tahun.

Ketika Bunda sedang memilih produk susu, perhatikan bagian depan label kotak atau kaleng susu. Biasanya, di bagian depan label telah tertulis rekomendasi usia susu tersebut

4. Pilih susu dengan rasa yang disukai si Kecil

Hal penting lain yang kerap kali diabaikan oleh orangtua ketika memilih susu terbaik untuk anak adalah rasa dari susu tersebut. Padahal, memilih susu dengan rasa yang disukai anak tidak kalah penting dibandingkan dengan memperhatikan kandungan nutrisinya. Mengapa demikian?

Ada anak-anak yang cenderung pilih-pilih makanan, terutama karena rasa. Hal ini tentunya tidak terkecuali rasa susu yang anak suka. Jika susu yang diminum tidak sesuai dengan rasa favoritnya, tentu si kecil akan ogah dan menolak minum susu. 

Susu dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil. Jadi, yuk teruskan nutrisinya dengan SGM Eksplor 3+, satu-satunya dengan IronC™ yang mendukung 2x penyerapan nutrisi penting, juga dilengkapi DHA, Minyak Ikan Tuna, Omega 3&6 serta nutrisi penting lainnya untuk mendukung perkembangan kognitif si Kecil & siapkan prestasinya.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline