Bunda Butuh Vitamin Ini untuk Dukung Kecerdasan Janin

Bunda Butuh Vitamin Ini untuk Dukung Kecerdasan Janin

Bunda Butuh Vitamin Ini untuk Dukung Kecerdasan Janin

Vitamin menjadi salah satu nutrisi esensial untuk menjaga kinerja fungsi tubuh selama masa pertumbuhan. Tidak hanya krusial selama masa pertumbuhan, asupan vitamin yang tepat juga mesti dilakukan selama masa kehamilan hingga masa awal setelah kelahiran. Asupan vitamin yang tepat memastikan kecukupan nutrisi yang menopang pertumbuhan kecerdasan janin.

Apa saja sih, jenis vitamin agar untuk menunjang kecerdasan otak yang sebaiknya dikonsumsi ketika buah hati masih berada dalam rahim?

  1. Vitamin A

Vitamin A dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak janin. Fungsi utama vitamin A membantu perkembangan mata dan beberapa jaringan tubuh lainnya. Selain itu, vitamin A juga membantu perkembangan otak.  

Bila diberikan secara rutin, vitamin A memberi pengaruh besar terhadap pembentukan sistem saraf pusat. Dalam kondisi hamil, Bunda sebaiknya mengonsumsi vitamin A sebanyak 1.000 mcg per hari. Vitamin A itu bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan seperti wortel, bayam, ubi, atau buah seperti mangga.

  1. Asam Folat

Folat merupakan salah satu jenis vitamin B kompleks. Dikenal lewat nama vitamin B9, asam folat menjadi salah satu vitamin yang paling dibutuhkan selama masa kehamilan. Jenis vitamin ini sangat penting untuk perkembangan otak janin.

Bunda sebaiknya tidak melupakan makanan yang mengandung asam folat di dalam menu harian. Kebutuhan asam folat bisa dipenuhi melalui berbagai produk suplemen harian. Bunda juga bisa memenuhi kebutuhan asam folat dari berbagai bahan makanan seperti bayam dan brokoli, kacang merah, daging merah, dan hati sapi.

  1. Vitamin B6

Jenis vitamin B kompleks lain yang juga baik untuk perkembangan otak janin adalah vitamin B6. Vitamin B6 memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan vitamin A, yaitu mendukung perkembangan sistem saraf pusat. Karena itu, beberapa sumber makanan vitamin B6 seperti susu, ikan salmon, alpukat, ubi, pisang, dan sereal yang sudah diperkaya dengan vitamin B6 dapat Bunda masukkan ke dalam menu harian.

  1. Vitamin B12

Vitamin agar otak anak cerdas yang sebaiknya dikonsumsi juga adalah vitamin B12. Jenis vitamin satu ini berperan besar dalam pembentukan selubung mielin pada sistem saraf. Bunda dapat memenuhi asupan vitamin B12 dengan konsumsi berbagai makanan seperti daging tanpa lemak, ikan, kerang, susu, dan berbagai produk olahan susu.

  1. Vitamin D

Vitamin D selama ini dikenal dari manfaatnya untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, membantu perkembangan sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai infeksi. Karena itu, vitamin ini dibutuhkan selama masa kehamilan agar perkembangan fisik dan otak janin terjaga.

Sumber utama vitamin D bisa diperoleh dari cahaya matahari. Hanya saja, Bunda sebaiknya menghindari cahaya matahari setelah pukul 12 siang, untuk menghindari efek negatif paparan sinar matahari. Untuk sumber makanan tambahan yang mengandung vitamin D, Bunda disarankan mengkonsumsi ikan, hati sapi, dan telur.

Demikian rekomendasi beberapa vitamin yang perlu dikonsumsi selama masa kehamilan, terutama ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua. Jika Bunda memutuskan mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen makanan seperti susu untuk ibu hamil yang mengandung asam folat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelumnya, ya. Ikuti juga aturan penggunaannya sesuai yang disarankan dokter.

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 2

5 Jenis Makanan untuk Optimalkan Pertumbuhan ...

Asupan nutrisi tepat yang diberikan selama kehamilan akan membantu perkembangan otak janin secara...

Jenis Olahraga dan Manfaatnya bagi ...

Masa kehamilan sepatutnya tidak menghalangi Bunda untuk melakukan olahraga. Bila trimester pertama...

Stimulasi Janin dalam Kandungan dengan ...

Melakukan olahraga ibu hamil adalah salah satu hal terbaik yang bisa Bunda lakukan untuk kesehatan...

Perkembangan Janin pada Trimester Kedua ...

Saat masa-masa awal kehamilan, mungkin Bunda masih sulit percaya dengan adanya janin yang bernyawa...

Bunda, Kurangi Aktivitas Ini saat ...

Trimester kedua kehamilan kerap disebut “Golden Trimester”. Hal ini karena morning sickness...

Bun, Yuk Intip Makanan untuk ...

Pemberian ASI dilakukan sesaat setelah bayi lahir. Namun, ternyata tubuh Bunda mulai mempersiapkan...

Artikel Terpopuler

Bun, Lakukan Hal Ini ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap ...

Baca Selengkapnya >

Kebutuhan Gizi untuk Optimalkan ...

Baca Selengkapnya >

Lancar Persalinan Normal dengan 10 ...

Baca Selengkapnya >

6 Cara Efektif Memperlancar ASI

Baca Selengkapnya >