Bunda, Berikut 5 Manfaat Imunisasi untuk Buah Hati

Bunda, Berikut 5 Manfaat Imunisasi untuk Buah Hati

Bunda, Berikut 5 Manfaat Imunisasi untuk Buah Hati

Ketahui Manfaat Imunisasi untuk Bayi dan Anak

Bunda pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hati. Tentu Bunda akan melakukan banyak hal untuk memastikan buah hati selalu tumbuh dengan sehat. Salah satu cara untuk melindungi buah hati dari kemungkinan terserang berbagai penyakit adalah melalui imunisasi anak.

Berikut adalah beberapa alasan pentingnya melindungi kesehatan buah hati dan juga manfaat imunisasi dengan imunisasi wajib.

  1. Vaksinasi Sangat Aman dan Efektif

Vaksin hanya diberikan setelah melewati berbagai uji coba oleh ilmuwan, dokter hingga praktisi kesehatan profesional. Karena itu, vaksin imunisasi aman dan efektif untuk mencegah berbagai penyakit pada anak seperti polio, TBC, rubella, dan campak. Kendati anak sering menangis, takut, atau tidak nyaman karena imunisasi, jauh lebih penting untuk mendapatkan manfaatnya dalam jangka panjang.

  1. Imunisasi Melindungi Orang yang Bunda Sayangi

Anak-anak di negara maju seperti Amerika Serikat, masih sering terkena penyakit seperti campak dan TBC. Padahal, penyakit tersebut dapat dicegah dengan imunisasi anak. Karena itu, sangat penting menjaga buah hati dan keluarga terlindungi dengan vaksin. Imunisasi juga dapat mencegah penyebaran penyakit ke orang lain.

  1. Imunisasi adalah Investasi Kesehatan Keluarga

Lembaga pendidikan tentu tidak bisa menerima kehadiran anak-anak yang memiliki penyakit menular seperti batuk rejan (TBC). Selain berbahaya untuk lingkungan di sekolah, mereka juga berpotensi menularkan penyakit kepada teman-temannya.

Beberapa penyakit yang dapat dicegah oleh vaksin imunisasi bahkan bisa menyebabkan kecacatan dan merugikan dari sisi finansial serta waktu. Dengan imunisasi, Bunda dapat melindungi buah hati dari berbagai penyakit. Untungnya, program imunisasi dari pemerintah di Indonesia tidak dipungut biaya apa pun atau gratis.

  1. Imunisasi Melindungi Generasi Masa Depan

Beberapa imunisasi wajib dapat menghilangkan berbagai penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian atau cacat tubuh. Sebagai contoh, vaksinasi cacar dapat memberantas penyakit cacar di seluruh dunia. Jika sudah mendapatkan imunisasi, buah hati tidak perlu mendapat suntikan vaksin cacar karena penyakitnya sudah tidak ada lagi.

  1. Imunisasi Memberi Sistem Kekebalan Tubuh dengan Antibodi untuk Mencegah Penyakit

Dengan imunisasi, tubuh buah hati akan membentuk sistem kekebalan atau imun. Sistem imun berguna untuk melindungi diri dari penyakit. Metode kerjanya dilakukan dengan memberikan kuman hidup yang sudah dilemahkan atau bagian tubuh dari kuman agar tubuh menghasilkan zat antibodi.

Imunisasi ini berfungsi menjaga buah hati terhadap penyakit tertentu yang dapat dicegah melalui pemberian vaksin. Dengan begitu, angka kasus penyakit tersebut dapat dikurangi. Bahkan diharapkan pada masa mendatang, penyakit tersebut dapat dibasmi secara menyeluruh.

Kapankah Jadwal Pemberian Vaksin pada Anak?

Buah hati dapat diberikan vaksin Hepatitis B dalam jangka waktu 12 jam setelah kelahirannya. Bagi Bunda yang baru melahirkan dapat meminta kepada bidan atau dokter yang menangani persalinan. Tujuannya memastikan buah hati sudah mendapatkan suntikan vaksin.

Bunda harus memastikan jadwal imunisasi anak dilakukan tepat pada usia tertentu. Salah satunya adalah vaksin polio oral yang diteteskan. Vaksin pertama diberikan beberapa jam setelah lahir, kemudian diberikan secara bertahap pada usia 2 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan. Pastikan anak dalam kondisi sehat saat anak hendak mendapatkan vaksin.

Itulah beberapa alasan buah hati Bunda perlu imunisasi. Selalu jaga dan lindungi buah hati mulai dari dalam kandungan hingga usia tumbuh kembang ya, Bun.

Artikel Lainnya di Tahapan Bayi 7 - 12 bulan

Mengolah Ikan untuk Menu Buah ...

Dalam mengolah resep ikan untuk anak, bukan saja harus jeli memilih jenis ikan yang baik, tetapi...

Nutrisi Penting dalam Ikan untuk ...

Ikan termasuk salah satu asupan hewani dengan kualitas baik, untuk mendukung pertumbuhan fisik,...

Cara Cerdas Tumbuhkan Kreativitas Buah ...

Kreativitas diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk terus menerus melakukan inovasi untuk...

Resep MPASI: Bubur Biskuit Alpukat

Alpukat adalah pilihan makanan solid pertama yang ideal untuk buah hati. Teksturnya lembut dan...

Resep MPASI: Kaldu Gurih & Pisang

Pisang adalah salah satu buah favorit untuk resep MPASI karena praktis dan rasanya manis. Bubur...

Tips MPASI: Praktis Membuat Kaldu ...

Kaldu alias sari tulang, daging, atau sayuran yang direbus sangat esensial sebagai bahan dalam...

Artikel Terpopuler

Tahapan Tumbuh Kembang Anak

Baca Selengkapnya >

Bun, Ini Penyebab Bayi ...

Baca Selengkapnya >

MPASI untuk Rangsang Pertumbuhan ...

Baca Selengkapnya >

Resep MPASI: Bubur Beras ...

Baca Selengkapnya >

Tips Aktivitas untuk Mendukung ...

Baca Selengkapnya >