Facebook Pixel Code Alat Musik Sederhana: Buat Musik Sendiri dari Barang Bekas

Buat Sendiri: 7 Mainan Alat Musik dari Benda Sekitar

Buat Sendiri: 7 Mainan Alat Musik dari Benda Sekitar

Kegiatan prakarya buat musik sendiri juga bisa merangsang kreativitas buah hati. Cukup dengan sedikit bahan dan perlengkapan alat musik dari barang bekas menjadi alat musik sederhana, yuk buat sendiri 8 alat musik anak berikut ini.

  1. Seruling Sedotan

Mau seruling yang bunyinya merdu dan warnanya cantik? Bunda bisa membuatnya dari sedotan warna-warni dan direkatkan secara berjejer hingga menyerupai seruling asli. Biarkan buah hati Bunda memainkan serulingnya layaknya musisi ahli seruling sambil menari.

  1. Krencengan Kertas

Untuk membuat alat musik perkusi, Bunda tidak harus membeli atau kerencengan kayu atau plastik. Bunda bisa menggunakan piring kertas yang dilubangi di sepanjang pinggirannya, kemudian pasangi dengan lonceng. Buah hati pun bisa bermain kerencengan yang bunyinya nyaring.

  1. Drum Kaleng atau Ember

Kaleng susu bekas atau ember kecil yang sudah tidak terpakai bisa juga Bunda gunakan untuk membuat alat musik anak sederhana. Bersihkan bagian mulut kaleng dan lapisi dengan lakban tebal agar aman untuk buah hati. Lengkapi dengan sepasang sendok kayu sebagai alat pukul. Buah hati pun bisa meluapkan kreativitasnya menabuh drum kecil dari kaleng bekas.

  1. Gitar Dari Kotak Bekas

Alat musik anak ini bisa Bunda buat hanya dengan kotak sereal bekas dan beberapa karet gelang. Lubangi satu sisi kotak sereal, kemudian pasang “senar” dari karet gelang dari satu sisi melintangi lubang tersebut. Buat gagang dari karton tambahan pada sisi satunya. Buah hati pun bisa berdendang dengan nada riang dari gitar sederahananya.

  1. Maracas ala Beras

Shake shake! Ini dia alat musik paling praktis yang bisa Bunda buat di rumah. Maracas dari botol bekas yang diisi beras dan berbunyi renyah. Tambahkan dekorasi pita supaya si kecil makin tertarik memainkannya.

  1. Simbal Mini

Alat musik anak berupa simbal sangat ideal untuk melatih otot motorik buah hati, Bun. Cara membuatnya juga mudah dan tidak membutuhkan banyak alat. Prinsipnya simbal adalah mengadukan dua benda sehingga berbunyi indah. Ini bisa Bunda dapatkan dari dua tutup gelas atau tutup toples bekas. Mudah, kan, Bun?

  1. Stik Harmonika

Siapa sangka menggabungkan dua batang stik es krim, dua buah tusuk gigi, dan karet gelang bisa jadi stik harmonika yang merdu bunyinya? Sisipkan secarik kertas yang ukurannya sama di antara batang es krim dan tusuk gigi supaya terjadi resonansi suara saat harmonika ditiup.

Nah seru kan, Bun? Yuk, ajak buah hati membuat alat musik anak dan bermain musik untuk bersama Bunda sebagai salah satu cara melatih kreativitasnya.

Baca Juga: Cara Cerdas Tumbuhkan Kreativitas si Kecil

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline