Facebook Pixel Code Cara Memperbanyak ASI yang Aman untuk Ibu dan Bayi

Bebas Stres selama Masa Menyusui dengan Tips Ini

Bebas Stres selama Masa Menyusui dengan Tips Ini

Cara Memperbanyak ASI yang Aman untuk Ibu dan Bayi

Memiliki buah hati yang baru lahir dapat membawa banyak kegembiraan dan kebahagiaan dalam hidup. Namun, tidak jarang juga ada beberapa Bunda mengalami stres dan kewalahan mengurus buah hati saat baru lahir. Stres yang dialami bisa memengaruhi produksi ASI yang menjadi sumber nutrisi terbaik untuk buah hati, Bun. Menyusui memang tidak mudah, tapi ada beberapa cara memperbanyak ASI yang cukup efektif.

  • Banyak Beristirahat

Biasanya buah hati baru lahir perlu disusui setiap beberapa jam. Hal ini dapat mengganggu jam istirahat Bunda. Belum lagi, Bunda harus menenangkan buah hati saat rewel dan menangis.

Mendapatkan istirahat sebanyak mungkin, bisa menjadi cara memperbanyak ASI yang sangat efektif. Hindari menghabiskan energi untuk membereskan rumah, Bun. Tidurlah saat buah hati tidur, sempatkan untuk tidur siang. Buat jadwal menyusui pada malam hari dengan pasangan sehingga bisa bergantian merawat buah hati.

Jika Bunda selalu dalam kondisi sehat dan bugar, suasana hati pun ikut gembira. Hal ini akan semakin meningkatkan produksi ASI dan membuat buah hati tumbuh ceria dan sehat. Sebaliknya, kelelahan karena kurang tidur atau kurang beristirahat dapat memicu produksi hormon kortisol yang menghambat aliran ASI untuk buah hati.

  • Hindari Melewatkan Waktu Makan

Supaya dapat mempertahankan produksi ASI, Bunda harus makan tepat waktu. Jika tidak  sempat masak, tidak ada salahnya memesan makanan atau minta bantuan anggota keluarga.

Namun, pilih menu-menu sehat yang dapat memberi lebih banyak asupan energi dan nutrisi untuk produksi ASI. Cobalah untuk meminimalkan konsumsi kafein. Sebaliknya, minum banyak air agar terhindar dari dehidrasi sebagai cara memperbanyak ASI yang efektif.

Pilih jenis makanan yang memperbanyak buah-buahan, sayur-sayuran, serta ikan laut yang kaya Omega 3 dan Omega 6.

  • Jangan Segan Minta Bantuan

Merawat bayi baru lahir membutuhkan banyak energi dan perlu banyak penyesuaian. Lakukan apa yang Bunda bisa, tapi hindari menumpuk pekerjaan sehingga menambah tingkat stres. Mengganti popok, mencuci pompa ASI, hingga membersihkan rumah, bisa Bunda lakukan bergantian dengan pasangan atau anggota keluarga lain.

Jika mengalami kesulitan dalam memberikan ASI, jangan berkecil hati, Bun. Ada banyak konsultan laktasi yang siap membantu untuk menemukan cara memperbanyak ASI dengan mudah dan tepat.

  • Berolahraga

Berolahraga dipercaya membantu melepaskan hormon endorphin yang dapat meningkatkan produksi ASI. Hormon ini berguna menimbulkan rasa senang dan nyaman sehingga memberikan energi fisik. Energi ini akan sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Banyak ibu merasa kesulitan menemukan waktu untuk melakukan aktivitas fisik. Padahal, olahraga ringan selama 10-20 menit berjalan kaki sudah dapat membantu Bunda merasa segar dan menangkal stres. Selipkan beberapa menit beberapa kali dalam sehari untuk membantu ibu menyusui memiliki lebih banyak energi.

Lakukan peregangan atau olahraga ringan di rumah selama buah hati tidur siang. Bunda juga bisa mencoba kelas latihan yang khusus dirancang bagi ibu dan buah hati. Hal ini tidak hanya membuat Bunda lebih segar, tetapi juga terlihat lebih sehat dan merasa lebih bahagia.

Ada banyak cara memperbanyak ASI yang dapat dicoba. Hal terpenting untuk diingat adalah tingkat stres dapat memengaruhi jumlah ASI. Jadi, lakukan yang terbaik untuk membuat suasana hati Bunda lebih bahagia dan bebas stres. Semua agar pengalaman menyusui buah hati menjadi momen terindah yang tak terlupakan.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline