Bayi Susah Menyusu? Mungkin Ini Sebabnya, Bun

Bayi Susah Menyusu? Mungkin Ini Sebabnya, Bun

Bayi Susah Menyusu? Mungkin Ini Sebabnya, Bun

Ada kalanya Bunda merasa bingung ketika bayi malas menyusu. Padahal, produksi ASI sudah sangat berlimpah. Tidak perlu panik bila hal tersebut terjadi, Bun. Yuk, cari tahu penyebab bayi malas menyusu sehingga bunda bisa mencari solusi yang tepat.

  1. Bayi Sedang Sakit atau Kurang Nyaman

Bayi yang sedang sakit cenderung rewel. Ini karena buah hati merasa ada yang tidak beres dengan tubuhnya. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, di antaranya sakit karena tumbuh gigi, sariawan, atau flu.

Ketika mengalami sakit, bayi biasanya akan merasakan nyeri pada mulut selama menyusu. Namun, bisa juga ada sebab lain, seperti infeksi telinga yang bisa menyebabkan rasa sakit yang sama. Kondisi sakit setelah imunisasi juga bisa jadi salah satu penyebab bayi malas menyusu.

Kalau buah hati Bunda tidak mengalami sakit apa pun, bisa jadi penyebabnya adalah posisi yang salah saat menyusui. Kesalahan posisi bisa membuat bayi merasa tidak nyaman. Pada dasarnya, ada cara tersendiri untuk meletakkan posisi bayi dengan benar selama menyusui:

  • Bagian wajah bayi sebaiknya dihadapkan ke arah payudara.

  • Gendong bayi dalam posisi miring, menghadap ke tubuh bunda.

  • Usahakan supaya perut dan dada bayi menempel dengan perut dan dada bunda.

  1. Berkurangnya produksi ASI

Berkurangnya produksi ASI bisa menjadi salah satu penyebab bayi malas menyusu. Pada dasarnya, kekurangan produksi ASI di dalam tubuh disebabkan berkurangnya asupan nutrisi dalam jumlah cukup. Salah satu cara mudah menjaga produksi ASI Bunda adalah minum 12 gelas air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan harian. Selain itu, Bunda bisa disarankan mengonsumsi nutrisi yang dapat melancarkan dan memperbanyak produksi ASI.

  1. Rasa ASI berubah

Rasa ASI bisa berubah lho, Bun. Ini biasanya disebabkan obat maupun makanan yang Bunda konsumsi. Kalau Bunda mengonsumsi makanan pedas, misalnya, rasa ASI kemungkinan besar akan ikut berubah. Perubahan rasa ini dapat membuat bayi malas menyusu. Jadi, sebaiknya Bunda memperhatikan asupan makanan saat masa menyusui.

  1. Bayi Stres karena Perubahan Lingkungan

Alasan lain bayi susah menyusu adalah ia merasa stres. Kondisi ini biasanya dipicu banyak hal, seperti melakukan perjalanan jauh, atau baru pindah rumah. Di titik ini, perubahan lingkungan sedikit banyak menyebabkan munculnya masalah seperti mogok menyusui pada bayi.

  1. Infeksi Payudara yang Dialami Bunda

Infeksi payudara jadi satu faktor lain yang menyebabkan buah hati menolak menyusu. Ketika payudara mengalami infeksi, jumlah natrium biasanya meningkat dan mengubah rasa ASI menjadi asin.

Biasanya mogok menyusu hanya berlangsung beberapa hari, sekitar 2-5 hari. Bunda bisa mengambil langkah sederhana untuk mengatasinya, misalnya menyusui ketika buah hati mulai mengantuk. Namun, sebelum melakukannya jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan sehat agar pasokan ASI tetap berkualitas.

Jika masalah bayi malas menyusu terus berlanjut, sebaiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter anak untuk memperoleh penanganan tepat. Tetaplah berpikir positif untuk memberikan ASI eksklusif kepada si buah hati ya, Bun.

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Menyusui

Nutrisi dalam ASI yang Penting ...

Para pakar dan ahli kesehatan, juga American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan ASI...

Sumber Makanan untuk Dukung Kecerdasan ...

Tidak bisa dimungkiri, ASI adalah sumber makanan dengan manfaat kesehatan terbesar untuk buah hati.

Pentingnya Hormon Prolaktin dalam Masa ...

Tubuh manusia memproduksi berbagai macam hormon, salah satunya adalah hormon prolaktin. Prolaktin...

Manfaat ASI bagi Perkembangan Kecerdasan ...

Pemberian ASI eksklusif memiliki peran yang sangat besar dalam tumbuh kembang buah hati. Hal ini...

Kelebihan ASI untuk Bayi pada 1000 ...

Tentu Bunda sudah mulai menjaga kesehatan buah hati sejak masa kehamilan dari konsumsi makanan yang...

Manfaat Menyusui bagi Kesehatan Bunda

Selama 6 bulan, Bunda sangat dianjurkan untuk memberikan ASI secara eksklusif kepada buah hati. Ini...

Artikel Terpopuler

Bun, Lakukan Hal Ini ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap ...

Baca Selengkapnya >

Kebutuhan Gizi untuk Optimalkan ...

Baca Selengkapnya >

Lancar Persalinan Normal dengan 10 ...

Baca Selengkapnya >

6 Cara Efektif Memperlancar ASI

Baca Selengkapnya >