Atasi Sakit Punggung saat Hamil dengan Cara Ini

Atasi Sakit Punggung saat Hamil dengan Cara Ini

Atasi Sakit Punggung saat Hamil dengan Cara Ini

7 Cara Mengatasi Sakit Punggung saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu momen membahagiakan bagi para ibu. Namun, perjalanannya dari minggu ke minggu seringkali dihiasi keluhan-keluhan fisik, salah satunya adalah sakit punggung.

Kondisi ini umum terjadi karena berat badan bertambah sehingga pusat gravitasi pun berubah. Selain itu, hormon membuat ligamen di sendi panggul Bunda menjadi lebih lemah. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara untuk mencegah atau meringankan nyeri punggung selama kehamilan.

1. Melatih Postur Tubuh

Seiring pertumbuhan janin dalam kandungan, pusat gravitasi bergeser ke depan. Bunda terkadang mungkin mencoba mengimbanginya dengan bersandar ke belakang. Kondisi ini memberi tekanan pada otot-otot di punggung bawah sehingga memicu sakit punggung.

Masalah ini dapat Bunda atasi dengan menjaga postur tubuh dengan baik. Salah satu olahraga ringan yang bisa Bunda coba adalah latihan membungkuk. Buka kaki selebar pinggang dan tekuk lutut sedikit. Dengan kedua tangan di pinggang, bungkukkan badan bagian atas perlahan-lahan, kemudian tegakkan kembali. Bunda bisa mengulangi gerakan ini beberapa.

Bunda pun bisa menjaga postur dengan peregangan untuk punggung. Mulai dengan posisi berlutut dengan kedua telapak tangan dan lutut di lantai. Dorong panggul ke belakang hingga menyentuh tumit kaki, seperti posisi bersimpuh, dengan kedua kedua telapak tangan tetap di posisi awal. Tundukkan kepala Bunda ke bagian dalam tubuh.

Kedua posisi ini dapat membantu otot punggung Bunda lebih rileks. Selain itu, sebaiknya Bunda juga meluangkan waktu untuk sering beristirahat. Postur yang baik juga berarti duduk dengan hati-hati. Pilih kursi yang mampu menopang punggung atau letakkan bantal kecil di belakang punggung bawah.

2. Bantu dengan Alat yang Tepat

Kenakan sepatu dengan hak rendah tapi tidak rata. Sebaiknya Bunda menghindari sepatu hak tinggi selama kehamilan. Mengenakan sepatu hak tinggi dapat menggeser keseimbangan tubuh ke depan dan menyebabkan Bunda mudah terjatuh. Bunda juga bisa mempertimbangkan menggunakan sabuk khusus ibu hamil untuk meringankan sakit punggung, terutama memasuki trimester ketiga.

3. Mengangkat Barang dengan Posisi Tepat

Saat akan mengangkat benda dari lantai, lakukan dengan posisi jongkok. Hindari membungkuk di pinggang atau mengangkat barang dengan menekuk punggung. Penting juga untuk mengetahui batasan Bunda dan hindari memaksakan diri. Mintalah bantuan orang lain jika Bunda  membutuhkannya.

4. Tidur di Sisi Tubuh

Tidurlah di sisi tubuh, bukan pada punggung. Tekuk satu atau kedua lutut lalu tambahkan bantal. Tempatkan bantal di antara lutut yang tertekuk, di bawah perut, dan di belakang punggung. Hal ini dapat mencegah sakit punggung dan membuat Bunda dapat beristirahat dengan lebih nyaman.

5. Sempatkan Olahraga

Aktivitas fisik yang teratur dapat menjaga punggung tetap kuat dan dapat meredakan sakit punggung selama kehamilan. Ikuti kelas kebugaran khusus ibu hamil dan cobalah kegiatan yang ringan, seperti berjalan atau olahraga dalam air. Ahli terapi yang juga akan menunjukkan peregangan dan latihan yang bisa dilakukan di rumah untuk meredakan nyeri punggung.

6. Pijat

Teknik pijatan lembut di bagian bawah punggung dapat meredakan rasa nyeri punggung saat hamil. Pijatan dapat mengendurkan otot-otot punggung yang tegang dan meringankan rasa sakit.

Bila perlu, Bunda bisa mengunjungi tempat terapi pijat khusus ibu hamil. Namun, jika tidak memungkinkan, Bunda bisa meminta pasangan untuk memijat lembut bagian bawah punggung dengan gerakan mengelus atau memijat pelan.

7. Kompres punggung

Letakkan handuk yang sudah direndam air hangat atau es batu. Sensasi suhu yang dingin atau panas dapat mengendurkan otot-otot punggung yang tegang. Bunda dapat mengganti terapi ini dari kompres panas ke dingin, atau sebaliknya, setiap tiga hari sekali hingga nyeri punggung mereda. Segera konsultasikan dengan dokter ya, Bun, jika sakit punggung terasa berlebihan atau berlangsung lebih dari dua minggu.

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 1

Pengaruh Suara Bising terhadap Kehamilan ...

Buah hati yang berada dalam kandungan memiliki kemampuan untuk mendengarkan suara yang ada di luar....

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Selama ...

Dinyatakan mengandung oleh dokter tentu menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi Bunda. Rasa...

Mengenal 1000 Hari Pertama Kehidupan

Buah hati melalui masa tumbuh kembang paling kritis selama 1000 hari pertama kehidupannya. Fase...

Mempersiapkan 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Tahukah Bunda? Periode emas sudah dimulai sejak masa kehamilan. Karena itu, Bunda perlu memenuhi...

8 Hal yang Bisa Dilakukan Ayah ...

Kehamilan tidak hanya dialami Bunda. Peran ayah saat Bunda hamil dapat menjadi awal baik untuk...

Bun, Pertimbangkan Konsumsi Vitamin Ini ...

Saat hamil, janin dalam kandungan akan melalui berbagai perkembangan setiap minggunya. Untuk itu,...

Artikel Terpopuler

Bun, Lakukan Hal Ini ...

Baca Selengkapnya 

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap ...

Baca Selengkapnya 

Kebutuhan Gizi untuk Optimalkan ...

Baca Selengkapnya 

Lancar Persalinan Normal dengan 10 ...

Baca Selengkapnya 

Pengaruh Suara Bising terhadap ...

Baca Selengkapnya