Facebook Pixel Code Manfaat Minyak ikan dan DHA, Penting untuk Kecerdasan si Kecil

Penting! Minyak ikan untuk Kecerdasan Otak Anak

Penting! Minyak ikan untuk Kecerdasan Otak Anak

Penting! Minyak ikan untuk Kecerdasan Otak Anak

Sebagai orang tua, Bunda tentu ingin si Kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas dan kreatif. Apalagi pada usia 1-5 tahun si Kecil tengah aktif mengeksplorasi lingkungan sekitar dan banyak mencoba hal baru. Untuk itu, si Kecil membutuhkan pertumbuhan fisik maupun perkembangan otak yang optimal dan sesuai dengan tahapan usianya. 

Tahukah Bunda? Asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang memegang peranan penting dalam mendukung tumbuh kembang si Kecil, Bun. Salah satu asupan yang baik untuk diberikan pada si Kecil adalah minyak ikan. Asupan minyak ikan yang bagus mesti diberikan sedari bayi agar tumbuh kembang anak bisa optimal. Salah satunya adalah memberikan manfaat minyak ikan untuk anak karena kecukupan asupan minyak ikan bagus untuk dan DHA yang berpengaruh terhadap membantu fungsi perkembangan otak si kecil karena di dalamnya ada kandungan DHA. Maka dari itu minyak ikan untuk kecerdasan otak anak sangat penting untuk dipenuhi. 

Manfaat minyak ikan untuk kecerdasan otak Anak

DHA merupakan komponen Omega 3 yang menyusun struktur membran sel otak manusia. Studi menunjukkan bahwa fungsi atau manfaat minyak ikan untuk anak  DHA yang terkandung dalam minyak ikan dapat memberi dampak positif pada fungsi kognitif otak yang meliputi kemampuan berpikir, mengingat, memahami, memusatkan perhatian, dan sejenisnya. 

Selain ada manfaat minyak ikan untuk kecerdasan otak anak, manfaat DHA untuk anak juga berperan penting dalam ketajaman indera mata anak yang berpengaruh pada kemampuan si Kecil membedakan benda-benda yang ia lihat.  Asupan DHA dan Omega 3 yang mencukupi juga dapat mendukung daya tahan tubuh si Kecil, Bun. 

DHA Dukung Potensi Cerdas Kreatif

Fungsi otak, penglihatan, dan daya tahan tubuh si Kecil merupakan komponen penting yang menunjang 5 potensi prestasi si Kecil menjadi Anak Generasi Maju, terutama potensi prestasi Cerdas Kreatif. Dengan kemampuan berpikir yang baik dan didukung daya penglihatan yang optimal, si Kecil akan lebih mudah menangkap informasi, berkonsentrasi, berbicara lancar, serta memikirkan ide-ide cemerlang. 

Daya tahan tubuh yang baik juga melindungi si Kecil dari paparan penyakit, mendukungnya untuk lebih aktif mencoba hal baru, serta memuaskan rasa ingin tahunya. Dengan demikian, tercukupinya kebutuhan DHA tak hanya berpengaruh positif pada potensi prestasi cerdas kreatif si Kecil, tetapi juga potensi prestasi lain agar ia tumbuh tinggi dan kuat, menjadi anak mandiri, supel, dan percaya diri.  

Asupan Nutrisi Lengkap dan Seimbang

Meskipun DHA memiliki peran penting bagi tumbuh kembang optimal si Kecil, fakta menunjukkan bahwa sayangnya tingkat konsumsi DHA & Omega 3 pada anak-anak di Indonesia masih di bawah standar kecukupan asupangizi yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Oleh karena itu, Bunda perlu mendukung kecukupan asupan si Kecil agar ia mengonsumsi makanan dengan makanan bergizi lengkap dan seimbang, termasuk makanan sumber DHA sebagai nutrisi otak anak. Pada usia 1-5 tahun, jadwal makan ideal si Kecil adalah 3 kali makan utama dengan 2-3 kali makan selingan di antaranya. Menu makan si Kecil sebaiknya lengkap mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. 

Khusus untuk sumber DHA, Bunda bisa memasukkan ikan-ikananberbagai pilihan ikan laut seperti ikan kembung, salmon, makerel, kod, dan sejenisnya. DHA juga bisa diperoleh melalui dari minyak canola, minyak biji kedelai, telur, dan susu pertumbuhan yang sudah diperkaya dengan minyak ikan dan DHA. Terlebih, Kementerian Kesehatan juga menganjurkan agar anak-anak di atas usia 1 tahun meminum susu untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian mereka6. 

Kini Bunda telah memahami pentingnya peran fungsi kegunaan minyak ikan untuk kecerdasan otak anak dan DHA bagi pertumbuhan fisik. Penuhi kebutuhan DHA si Kecil melalui asupan makanan sehat dan berkualitas setiap hari ya, Bun. Untuk melengkapi nutrisi harian si Kecil, Bunda bisa memberikan segelas susu pertumbuhan yang diperkaya dengan Minyak Ikan dan DHA serta nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan si Kecil seperti Omega 3, Serat Pangan Inulin, Zinc dan Vitamin C, Vitamin D dan Kalsium.

Selain DHA, kebutuhan terhadap zat besi dan Vitamin C atau Iron C juga perlu diperhatikan. Fungsi Iron C akan berguna untuk mendukung penyerapan maksimal nutrisi yang dibutuhkan si Kecil, misalnya minyak ikan dan DHA tadi.

Nutrisi lengkap dan seimbang disertai stimulasi yang tepat bakal dukung Si Kecil untuk jadi anak dengan 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju, yaitu berpikir cepat, gigih, percaya diri, tumbuh tinggi, dan aktif bersosialisasi.  Dapatkan info lebih lanjut tentang nutrisi tepat yang dibutuhkan si Kecil  di sini ya Bunda.

 

Sumber :

Weiser MJ, Butt CM, Mohajeri MH. Docosahexaenoic Acid and Cognition throughout the Lifespan. Nutrients.

2016 Feb 17;8(2):99. Retrieved from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4772061/ Accessed Aug 27, 2020

Sayin U, Zengin T, Alioglu B, et al. Evaluation of the Effect of Fish Oil Use on

Receptive Language and Cognitive Processes in Healthy Turkish Children Aged between 2 and 12 Years Old. Food and Public Health.

2015;5(2):56-60. Retrieved from: http://article.sapub.org/10.5923.j.fph.20150502.04.html Accessed Aug 27, 2020

González FE, Báez RV. IN TIME: IMPORTANCE OF OMEGA 3 IN CHILDREN'S NUTRITION. Rev Paul Pediatr. 2017 Jan-Mar;35(1):

3-4. Retrieved from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5417803/ Accessed Aug 27, 2020

Intake of essential fatty acids in Indonesian children: secondary analysis of data from a nationally representative survey. 

Br J Nutr. 2016;115(4):687-693. Retrieved from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26824732 Accessed Aug 27, 2020

Peraturan Menteri Kesehatan RI No 41/2014 (Pedoman Gizi Seimbang). Retrieved from: http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK%20No.%2041%20ttg%20Pedoman%20Gizi%20Seimbang.pdf

Accessed Aug 27, 2020

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

Tahukah Bunda, Kekurangan Zat Besi ...

Tak hanya menghambat kemampuan belajar, simak beberapa dampak kekurangan Zat Besi yang dapat...

Catat! Ini Pentingnya Zat Besi ...

Kekurangan Zat Besi masih menjadi masalah bagi sebagian anak Indonesia. Kondisi ini bahkan memiliki...

Ini Nutrisi Pengganti Susu Sapi ...

Salah satu nutrisi esensial yang dibutuhkan pada masa pertumbuhan si Kecil adalah Zat Besi, yang...

Tanggap Ciri Alergi Susu Sapi ...

Bunda perlu tanggap jika anak mengalami alergi, salah satunya dengan tahu ciri alergi susu sapi dan...

Apakah Susu Pertumbuhan Terfortifikasi Bermanfaat ...

Kebutuhan nutrisi si Kecil selalu menjadi prioritas utama pada setiap orang tua. Orang tua tentu...

8 Nutrisi Bantu Dukung Periode Emas ...

Si Kecil yang memasuki usia 1-3 tahun akan mengalami masa pertumbuhan yang signifikan karena pada...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan