Menu Sarapan Pagi Sehat: 5 Inspirasi Praktis dan Bernutrisi

Menu Sarapan Sehat: 5 Inspirasi Praktis dan Bernutrisi

Menu Sarapan Sehat: 5 Inspirasi Praktis dan Bernutrisi

5 Inspirasi Menu Sarapan Sehat, Praktis dan Bernutrisi

Sarapan adalah waktu makan paling penting, khususnya untuk anak usia sekolah yang akan beraktivitas seharian. Mereka butuh energi padat gizi setiap harinya untuk mendukung tumbuh tinggi, sehat, dan kuat.

Jangan biarkan kesibukan pagi hari menghalangi Bunda menyediakan menu sarapan pagi sehat, praktis dan bernutrisi untuk anak. Yuk, coba lima inspirasi sarapan praktis dan bernutrisi berikut ini.

  1. Roti Bakar Topping Buah

Roti bakar bisa menjadi bagian dari menu sarapan praktis dan bernutrisi tinggi karena mengandung karbohidrat dan serat. Menyiapkan roti bakar juga tidak membutuhkan waktu lama.

Tambahkan topping buah-buahan untuk melengkapi nutrisi roti. Bunda bisa menambahkan potongan alpukat, buah naga, pisang, apel, atau kombinasi berbagai buah. Tambahkan olesan madu, selai cokelat, susu kental manis, atau selai buah untuk menambah cita rasa roti bakar kreasi Bunda!

  1. Nasi Kepal

Punya sisa nasi semalam? Bunda bisa membuatnya jadi nasi kepal untuk menu sarapan praktis. Umumnya nasi kepal dibuat dengan campuran rumput laut kering. Namun, jika kurang suka atau sulit mendapatkan rumput laut kering, Bunda bisa menggantinya dengan taburan abon.

Bunda juga bisa tambahkan tempe goreng yang dipotong kecil-kecil sebagai lauknya. Aduk rata semua bahan dengan nasi lalu bentuk menjadi bola-bola kecil yang praktis sebagai sarapan atau bekal buah hati. Bunda juga bisa kreasikan lauknya dengan kesukaan si buah hati atau persediaan di rumah.

  1. Jus Buah

Banyak anak yang suka sarapan dengan menu manis dan ringan, tetapi mengenyangkan. Akali dengan menyajikan jus atau smoothie buah, seperti pisang atau stroberi. Masukkan potongan buah favorit buah hati dalam blender, tambahkan sedikit es dan tambahan susu SGM untuk menambah sumber energi dan membuat tekstur yang lebih lembut. Sajikan sedikit dingin saja yah Bun, supaya anak semakin suka.

  1. Telur Orak Arik SGM

Telur adalah bahan juara sarapan praktis dan bernutrisi. Anak-anak juga pasti menggemari olahan berbahan dasar telur. Untuk membuat telur orak arik istimewa, tambahkan potongan tomat, dan jamur untuk memperkaya nutrisi untuk sarapan. Agar teksturnya lebih lembut, Bunda juga bisa menambahkan dua sendok makan susu cair SGM ke dalam kocokan telur.

  1. Bubur Gandum Susu

Bubur gandum bisa jadi salah satu menu sarapan praktis yang baik untuk kesehatan. Gandum padat serat, baik untuk kolesterol, sarat mineral, vitamin, dan antioksidan. Banyak kreasi yang bisa Bunda tambahkan seperti buah-buahan, madu, atau kacang. Untuk membuat cita rasanya semakin gurih dan lezat, tambahkan beberapa sendok susu SGM.

Pastikan Bunda selalu punya persediaan susu SGM di rumah. Selain untuk menyempurnakan asupan nutrisi, susu bisa menjadi bahan tambahan untuk menu sarapan sehat dan praktis Bunda.  Segelas susu sebelum berangkat sekolah untuk kesehatan tulang dan kalsium buah hati.

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 5 - 12 tahun

Menangani Gangguan Pencernaan pada Anak

Gangguan pencernaan bisa sangat berdampak pada keseharian buah hati. Tangani dengan tepat sesuai...

Lakukan Ini Jika Reaksi Alergi ...

Wajar jika Bunda ingin menghindarkan anak dari risiko alergi. Kendalikan reaksi alergi yang muncul...

Ajak Keluarga Lakukan Ini untuk ...

Mencegah reaksi alergi pada anak bisa dimulai dari kegiatan sederhana seperti mengajak seluruh...

Bagaimana Reaksi Alergi Kacang Terjadi ...

Populasi anak yang menunjukkan reaksi alergi kacang memang kecil. Namun, Bunda tetap mesti...

Asah Kreativitas Anak dengan Permainan ...

Melatih kreativitas anak tidak harus dengan menyediakan alat permainan modern dan mahal. Bunda bisa...

Hal yang Perlu Bunda Ketahui ...

Dunia anak-anak sulit dilepaskan dari permainan. Karena itu, jenis mainan untuk anak terus...

Artikel Terpopuler

8 Nutrisi Penting untuk Daya ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi pada ...

Baca Selengkapnya >

Bun, Pastikan Periode Emas ...

Baca Selengkapnya >

Kenali Sebab dan Penanganan ...

Baca Selengkapnya >

Kenali Penyebab dan Gejala ...

Baca Selengkapnya >