Facebook Pixel Code Mengolah Ikan untuk Menu Buah Hati

Mengolah Ikan untuk Menu Buah Hati

Mengolah Ikan untuk Menu Buah Hati

Mengolah Ikan untuk Menu Buah Hati

Dalam mengolah resep ikan untuk anak, bukan saja harus jeli memilih jenis ikan yang baik, tetapi juga cara mengolah yang tepat. Supaya resep ikan untuk anak bukan saja lezat dan  kandungan nutrisi terbaiknya terjaga, pelajari dulu 6 cara mengolah ikan berikut ini.

  1. Mengukus dan Poaching

Mengukus adalah cara memasak resep ikan untuk anak dengan menggunakan pot atau wajan khusus dan sedikit air untuk penguapan. Sedangkan poaching adalah memasak dengan merendam menggunakan sedikit air secara langsung. Keduanya umumnya menggunakan api kecil.

Kedua cara mengolah ikan ini tidak menambahkan unsur lemak atau minyak sehingga resep ikan untuk anak tetap terjaga dari segi kalori ataupun kandungan alaminya. Dikarenakan suhunya stabil, pembentukan komponen karbon yang berbahaya bisa terhindari sama sekali. Pastikan mengukus atau poaching yang dilakukan sesuai waktu memasak yang dianjurkan dan tidak terlalu lama.

  1. Sous Vide

Sous vide adalah teknik memasak bahan makanan ala Perancis yang memanfaatkan pengaturan suhu dengan medium air yang presisi. Cara mengolah resep ikan untuk anak ini melibatkan waktu lama dan temperatur rendah. Walaupun jarang digunakan masyarakat Indonesia, teknik memasak ini boleh Bunda coba karena sehat dan bisa mengunci kadar gizi dan nutrisi.

Setiap cara mengolah resep ikan untuk anak punya keunggulan tersendiri dari cara mengunci nutrisi dan mencegah munculnya komponen yang berbahaya. Kombinasi metode mengolah ikan ini boleh bunda secara bervariasi, sekaligus memastikan waktu memasak yang ideal. Selamat mencoba, Bun!

  1. Microwave

Banyak kontroversi seputar cara mengolah makanan dengan microwave, termasuk untuk resep ikan bagi anak. Microwave menggunakan interaksi gelombang listrik untuk menciptakan panas. Namun, microwave adalah cara memasak yang tergolong cepat dan termasuk bertemperatur rendah. Karena itu, mengolah resep ikan untuk anak dengan microwave bisa mencegah kehilangan nutrisi Omega 3 tanpa harus khawatir akan pembentukan komponen karbon yang berbahaya.

  1. Memanggang (Oven)

Studi menunjukkan cara memanggang ikan dengan oven bisa menjaga vitamin D hingga 100%, berbeda dengan menggoreng yang mengakibatkan penurunan hingga 50%. Untuk semakin memastikan nutrisi ikan sangat mengolah resep ikan untuk anak, hindari penggunaan minyak yang terlalu banyak. Prioritaskan juga minyak yang sehat seperti minyak sayur atau minyak zaitun.

  1. Panggang Terbuka

Memanggang ikan secara terbuka berarti menggunakan temperatur tinggi yang bersifat kering untuk memasak resep ikan untuk anak. Teknik memanggang ikan bisa dengan api atas ataupun api bawah. Umumnya, memanggang sering menghasilkan komponen karbon yang berbahaya, tetapi ini hanya terjadi pada daging lain dan tidak berlaku untuk jenis ikan.

Memanggang ikan tanpa paparan langsung terhadap api adalah cara mengolah resep ikan untuk anak yang lezat dan sehat. Dalam memanggang, Bunda juga tidak perlu menambahkan lemak atau minyak. Hanya saja, usahakan untuk memanggang ikan dalam waktu singkat dan jangan sampai terjadi gosong. Satu cara memanggang ikan yang disarankan adalah dengan menggunakan bumbu marinasi, sehingga potensi pembentukan komponen karbon akan semakin berkurang.

  1. Pan Frying

Teknik pan frying adalah salah satu cara menggoreng yang menggunakan sedikit minyak untuk melumasi wajan untuk bahan makanan yang berukuran sedang atau besar.

Berbeda dengan deep frying yang menggunakan banyak minyak, pan fry dianggap lebih sehat terutama jika dikombinasikan dengan minyak zaitun. Dengan pan fry, nutrisi ikan tidak akan hilang sepenuhnya termasuk Omega 3 dan Vitamin D.

Artikel Lainnya di Tahapan Bayi 7 - 12 bulan

Bunda, Berikut 5 Manfaat Imunisasi untuk ...

Bunda, Berikut 5 Manfaat Imunisasi untuk Buah Hati

Menu MPASI 6 Bulan untuk Anak ...

Menginjak usia 6 bulan sudah waktunya anak diberikan menu MPASI oleh Bunda. Berikut contoh menu...

5 Tips Penting MPASI untuk Dukung ...

Bunda, masa pemberian MPASI adalah salah satu masa yang penting dalam tumbuh kembang si Kecil. Ia...

Nutrisi Penting dalam Menu MPASI ...

bayi yang berusia 6 bulan membutuhkan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk membantu memenuhi...

Mengapa si Kecil Butuh MPASI ...

Saat berusia 6 bulan, si Kecil membutuhkan makanan padat selain ASI untuk membantu memenuhi...

MPASI yang Tepat untuk Bayi ...

Memasuki usia 6 bulan, kebutuhan energi dan nutrisi bayi semakin meningkat, sehingga ia membutuhkan...


Artikel Terpopuler

Tips Menyiapkan MPASI untuk ...

Baca Selengkapnya >

Atasi Buah Hati Rewel ...

Baca Selengkapnya >

Tahapan Tumbuh Kembang Anak ...

Baca Selengkapnya >

Buat Sendiri: 7 Mainan Alat ...

Baca Selengkapnya >

Penyebab Bayi Rewel Setelah ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut