Mengenal Sistem PAUD sebagai Pendidikan Awal bagi Anak

Mengenal Sistem PAUD sebagai Pendidikan Awal bagi Anak

Peran penting PAUD bagi Anak

PAUD terbilang penting bagi pendidikan anak karena lembaga tersebut jadi titik sentral strategi pembangunan sumber daya manusia. Dengan kata lain, pendidikan usia dini menentukan sejarah perkembangan anak selanjutnya, serta membentuk fondasi dasar kepribadian. Anak yang mendapatkan pendidikan sejak dini dapat meningkatkan kesehatan, kesejahteraan fisik, dan mental yang akan berdampak terhadap prestasi belajarnya kelak.

Usia dini menjadi masa golden age. Dalam perkembangan otak manusia, tahap perkembangan anak usia dini menempati posisi paling penting, yakni mencapai 80% dari keseluruhan tahapan perkembangan otak. Anak yang mendapatkan layanan pendidikan memadai semenjak usia 0-6 tahun memiliki peluang lebih besar untuk meraih keberhasilan di masa mendatang.

Awalnya, proses belajar membaca, menulis, dan berhitung (calistung) baru mulai diajarkan pada tahun pertama sekolah dasar, dalam rentang usia 6,5-7 tahun. Namun, kini banyak sekolah dasar yang menjadikan kemampuan calistung sebagai syarat masuk sekolah. Ini menyebabkan munculnya kursus calistung untuk anak usia prasekolah.

Keunggulan Sistem Pendidikan PAUD

  • Anak usia prasekolah mulai mengembangkan kemampuan bicara dan mengenal bahasa. Perkembangan bahasa berkaitan dengan perkembangan kemampuan membaca. Bunda bisa memulai dengan memperbanyak membaca untuk anak dengan tujuan menambah kosakatanya.

  • Pada usia 3 tahun, anak mulai mengenal keterampilan motorik halus yang diperlukan untuk belajar menulis. Latihan motorik dapat diawali dengan membuat garis, lingkaran, dan mewarnai. Pada usia ini, anak sudah mulai mengenal deretan angka 1-9. Bila motorik halusnya sudah berkembang baik, anak sudah dapat mulai menulis angka.

  • Setelah pendidikan usia dini, anak memasuki usia taman kanak-kanak. Ini merupakan usia tepat untuk memperkenalkan anak kepada dasar membaca dan menulis. Hal yang pertama dilakukan bisa dengan pengenalan huruf dan angka, mencocokkan kata, dan dilanjut dengan pengenalan suku kata.

  • Usia 4-5 tahun merupakan waktu yang baik untuk memperkenalkan bahan bacaan kepada anak. Pada usia ini, anak sudah mengenal angka 1-20 dan memahami urutan angka. Selain itu, anak sudah mulai dapat mengelompokkan benda menjadi berdasarkan sifat benda tersebut.

Usia Sekolah Dasar

Umur 6-7 tahun adalah usia yang tepat bagi anak untuk mulai jenjang sekolah dasar. Pada usia ini, anak sudah mengenal kata tanpa perlu dieja. Ia juga sudah mengerti makna kata dan kalimat yang dibaca. Pada usia ini, anak sudah mahir memegang pensil dan sudah mampu diberikan bacaan yang bervariasi.

Pada tahun pertama sekolah dasar, anak akan diperkenalkan dengan penjumlahan dan pengurangan satu digit. Pada tahun-tahun berikutnya, ia akan mulai diperkenalkan dengan menghitung dalam jumlah banyak hingga perkalian, pecahan, dan desimal.

Pada dasarnya, usia 3 tahun adalah rentang usia tepat bagi untuk mulai pendidikan anak usia dini. Bunda bisa mulai dengan memperkenalkan benda, angka, huruf, dan membantu anak belajar membaca.

Tidak ada kata terlalu dini untuk belajar, selama proses belajar sesuai dengan usia dan perkembangan anak. Setiap anak memiliki proses tumbuh kembang berbeda dari anak lain. Karena itu, sebaiknya Bunda menghindari kemampuan buah hati dengan anak sebayanya. Tetap perhatikan fase tumbuh kembang anak untuk menentukan waktu terbaik untuk belajar ya, Bun.

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 3 - 5 tahun

2 Tips Penting Mempersiapkan Si Kecil ...

Memasuki usia sekolah adalah momen penting bagi Bunda dan anak.

4 Hal Yang Perlu Dilakukan Agar ...

Bunda apakah si Kecil sudah siap sekolah? Hari pertama sekolah si Kecil adalah tahap kehidupan baru...

3 Rahasia Agar Si Kecil Berprestasi ...

Prestasi si Kecil di sekolah tidak terlepas dari dukungan dan peran orang tua di rumah.

Pentingnya Dukungan Nutrisi Bagi 33Juta ...

Jakarta - Komitmen dan dukungan kolektif masyarakat untuk memenuhi asupan nutrisi bagi anak sejak...

Masa Depan Bangsa Ditangan 33 Juta ...

Berdasarkan Profil Kesehatan Indonesia 2017 pada Riset Data dan Informasi Kementerian Kesehatan...

33 Juta Anak Indonesia, Fondasi Kuat ...

Indonesia sebagai negara berkembang tentu memiliki target untuk menjadi negara maju pada tahun...

Artikel Terpopuler

Tahapan Tumbuh Kembang Anak

Baca Selengkapnya 

Resep MPASI: Bubur Beras ...

Baca Selengkapnya 

MPASI untuk Rangsang Pertumbuhan ...

Baca Selengkapnya 

Bun, Ini Penyebab Bayi ...

Baca Selengkapnya 

Tips Menyiapkan MPASI untuk ...

Baca Selengkapnya