Manfaat Stimulasi dengan Berkomunikasi kepada Janin

Manfaat Stimulasi dengan Berkomunikasi kepada Janin

Manfaat Stimulasi dengan Berkomunikasi kepada Janin

Tanpa sadar, Bunda mungkin sering mengelus perut yang kian membesar selama hamil. Bunda pun mungkin juga tanpa sadar sering berbicara kepada janin yang ada dalam perut. Nyatanya, kebiasaan-kebiasaan Bunda tersebut memberikan stimulasi kepada janin. Memberi stimulasi dan rajin berkomunikasi kepada janin pun bisa memberikan manfaat untuk ke depannya. Apa saja manfaatnya? Yuk, cek di bawah ini, Bun.

Mendekatkan Emosi Buah Hati dan Bunda

Sering mendengar suara Bunda ketika janin masih berada di perut secara tak langsung akan membuat buah hati merasa dekat dengan Bunda. Ketika lahir, buah hati pun akan lebih memiliki kedekatan emosional dengan Bunda. Ini karena semenjak dalam perut, Bunda sudah sering mencurahkan perasaan Bunda kepadanya. Secara tidak langsung, buah hati pun menjadi lebih memahami suasana hati Bunda.

Merangsang Pendengaran

Kemampuan mendengar sebenarnya sudah mulai ada sejak janin berusia 14 minggu. Hanya saja, kemampuan tersebut tidak akan berfungsi optimal jika tidak mendapat stimulasi optimal. Bunda bisa memberikan stimulasi dengan mengajak buah hati berbicara sejak dalam kandungan. Bunda juga bisa memperdengarkan musik kepada janin dalam kandungan. Dengan cara ini, kemampuan mendengar bayi ketika lahir akan lebih peka dan optimal.

Janin Tidak Mudah Berkontraksi

Sentuhan-sentuhan hangat dan suara lembut dari Bunda membuat janin dalam kandungan merasa lebih nyaman. Dalam beberapa penelitian, sentuhan dan suara yang lembut orang tua bisa membuat janin lebih tenang dalam kandungan dan tidak banyak bergerak. Kontraksi keras yang berisiko membuat Bunda merasa kesakitan pun bisa diminimalkan. Karena itu, jika merasakan kontraksi, cobalah mengelus-elus perut Bunda. Buah hati akan merasakan usapan Bunda dan mungkin merespons dengan menghentikan gerakannya.

Membuat Bayi Lebih Tenang

Terbiasa memperdengarkan musik kepada buah hati dalam kandungan akan membuatnya lebih mudah mengenali situasi sekitar setelah lahir. Ketenangan tersebut dikarenakan ia sudah mengenali suara orang di sekitarnya. Ia pun tidak akan mudah kaget ketika mendengar suara anggota keluarga yang lain karena sudah dikenalnya sejak dalam kandungan.

Lebih Mudah Mengenali Bahasa

Perkembangan kemampuan berbicara bayi yang sering mendapat stimulasi ketika masih janin akan lebih cepat dan terasah. Berbicara kepada janin dalam kandungan secara tidak langsung juga mengajarinya bahasa. Mendengarkan kata-kata Bunda membuat janin belajar mengenali bahasa. Setelah lahir, kemampuan belajar bahasa buah hati mungkin akan lebih cepat dibandingkan jika ia jarang mendapatkan stimulasi tersebut.

Merangsang Kecerdasan Otak

Otak janin mulai berkembang sejak kehamilan trimester kedua. Dengan stimulasi berupa membaca kepada janin maupun memperdengarkan musik, otak buah hati dalam kandungan akan lebih terangsang untuk berkembang.

Kemampuan belajar buah hati sudah dimulai sejak masih dalam kandungan Bunda. Memberikan stimulasi penting bagi perkembangan otak janin dalam kandungan hingga kelahirannya. Manfaat ini pulalah yang membuat komunikasi kepada janin menjadi penting dilakukan secara rutin. Dari stimulasi dan komunikasi itulah buah hati mulai bisa belajar banyak hal.

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 3

Bun, Ini Pentingnya Susu Kehamilan

Susu dan produk turunan susu lainnya adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk Bunda selama...

Nutrisi Penting untuk Optimalkan Pertumbuhan ...

Periode kehamilan trimester ketiga mencakup pertumbuhan bayi paling pesat. Ini juga masa ketika...

Tahapan Pertumbuhan Otak Janin

Jurnal Neuropsychology Review menyebut pertumbuhan otak anak akan mencapai empat kali lipat selama...

Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Otak ...

Mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak bayi sejak dalam kandungan adalah hal yang sangat...

Pengaruh Kondisi Psikis Bunda terhadap ...

Menjaga kesehatan fisik Bunda selama masa kehamilan merupakan salah satu hal sangat penting....

Bayi Sungsang, Bagaimana Mengatasinya?

Setiap ibu hamil selalu mendambakan kondisi bayi senantiasa sehat dan persalinan lancar. Namun,...

Artikel Terpopuler

Bun, Lakukan Hal Ini ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap ...

Baca Selengkapnya >

Kebutuhan Gizi untuk Optimalkan ...

Baca Selengkapnya >

Lancar Persalinan Normal dengan 10 ...

Baca Selengkapnya >

6 Cara Efektif Memperlancar ASI

Baca Selengkapnya >