Manfaat Senam Hamil yang Harus Bunda Ketahui

Manfaat Senam Hamil yang Harus Bunda Ketahui

Manfaat Senam Hamil yang Harus Bunda Ketahui

Bagi calon ibu, trimester ketiga menjadi masa mendebarkan karena waktu persalinan semakin dekat. Keluhan yang dirasakan Bunda akan semakin banyak ketika usia kandungan sudah memasuki 25 minggu ke atas. Bunda pun akan merasa cepat lelah karena beban janin yang semakin besar.

Hal itu bisa Bunda atasi dengan rutin melakukan olahraga senam hamil. Olahraga ini menjadi salah satu kegiatan yang dianjurkan saat usia kandungan Bunda memasuki trimester ketiga. Dengan gerakan senam hamil yang sesuai, keluhan-keluhan yang dirasakan Bunda pun bisa diredakan.

Namun, Bunda sebaiknya tidak sembarangan melakukan olahraga senam hamil. Bunda bisa melakukan beberapa gerakan ringan yang dipadukan dalam senam hamil. Dari segi manfaat, senam hamil nyatanya juga menyimpan segudang kegunaan yang bisa menjadi bekal Bunda untuk menghadapi persalinan kelak. Berikut ini adalah beberapa manfaat senam hamil yang Bunda bisa peroleh.

1. Menjadi Lebih Bertenaga

Membawa kandungan yang telah membesar sangat mungkin menguras tenaga Bunda.  Karena itu, wajar jika rasa lemas Bunda rasakan selama kehamilan khususnya di trimester ketiga. Namun, dengan melakukan berbagai gerakan senam hamil, energi Bunda bisa diisi ulang, loh. Alih-alih membuat tambah lelah, dengan senam hamil yang teratur, Bunda akan lebih bertenaga dalam mempersiapkan persalinan.

2. Mengurangi Risiko Episiotomi

Terdengar asing dengan istilah episiotomi? Praktisnya, episiotomi merupakan jenis tindakan penyayatan antara jalan lahir bayi dan anus Bunda. Tindakan ini diambil untuk mengurangi robekan vagina yang terlalu besar. Episiotomi dilakukan jika otot panggul tidak lentur sehingga jalan lahir bayi tidak terbuka dengan baik. Beberapa gerakan senam hamil bisa menjadi latihan kegel untuk memperkuat dan melenturkan otot panggul. Jadi, risiko Bunda harus menjalani episiotomi bisa diminimalkan.

3. Membuat Lebih Rileks

Rasa khawatir sulit Bunda hindari ketika makin dekat dengan masa persalinan. Padahal, rasa khawatir dan panik berlebih ini bisa mengganggu persalinan kelak, loh. Mengikuti senam hamil ibarat dapat menjadi obat menghilangkan rasa khawatir ini. Gerakan-gerakan senam hamil yang santai akan membuat Bunda lebih rileks. Apalagi dalam senam hamil, banyak gerakan semacam meditasi atau yoga yang bisa mengurangi tingkat stres Bunda.

4. Tidur Lebih Baik dan Berkualitas

Tanpa Bunda sadari, kadang rasa khawatir menghadapi persalinan membuat Bunda sulit tidur saat memasuki trimester 3. Hal ini bisa membuat kesehatan Bunda terganggu. Banyak ibu mengatakan, senam hamil membuat mereka lebih mudah tidur setelah berolahraga. Ketika bangun pun, badan mereka terasa lebih segar.

5. Bertemu Sesama Calon Ibu

Senam hamil umumnya dilakukan di kelas secara berkelompok, walaupun Bunda juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Namun, senam hamil secara berkelompok ini nyatanya berdampak sangat positif. Bunda akan mendapat energi tambahan karena bisa bertemu dengan sesama calon ibu dan bisa saling berbagi. Bunda juga mendapatkan saran tepat dari teman-teman yang kerap melakukan senam hamil bersama Bunda. Sesama ibu hamil bisa saling menguatkan sehingga Bunda mendapatkan lebih banyak energi positif.

6. Mencegah Sakit

Daya imun tubuh cenderung turun ketika usia kehamilan semakin besar. Tak jarang Bunda akan terserang flu atau penyakit lainnya. Nah jika sudah demikian, Bunda mungkin akan pusing tujuh keliling karena tidak bisa sembarangan mengonsumsi obat saat hamil. Nyatanya dengan berolahraga ringan seperti gerakan senam hamil, risiko terkena sakit bisa dikurangi, loh. Jadi, Bunda bisa tetap fit hingga masa persalinan tiba.

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 3

Bun, Ini Pentingnya Susu Kehamilan

Susu dan produk turunan susu lainnya adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk Bunda selama...

Nutrisi Penting untuk Optimalkan Pertumbuhan ...

Periode kehamilan trimester ketiga mencakup pertumbuhan bayi paling pesat. Ini juga masa ketika...

Tahapan Pertumbuhan Otak Janin

Jurnal Neuropsychology Review menyebut pertumbuhan otak anak akan mencapai empat kali lipat selama...

Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Otak ...

Mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak bayi sejak dalam kandungan adalah hal yang sangat...

Pengaruh Kondisi Psikis Bunda terhadap ...

Menjaga kesehatan fisik Bunda selama masa kehamilan merupakan salah satu hal sangat penting....

Bayi Sungsang, Bagaimana Mengatasinya?

Setiap ibu hamil selalu mendambakan kondisi bayi senantiasa sehat dan persalinan lancar. Namun,...

Artikel Terpopuler

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap ...

Baca Selengkapnya 

Pengaruh Suara Bising terhadap ...

Baca Selengkapnya 

7 Kiat Atasi Gejala Pusing & ...

Baca Selengkapnya 

Kebutuhan Gizi untuk Optimalkan ...

Baca Selengkapnya 

Bun, Pertimbangkan Konsumsi Vitamin ...

Baca Selengkapnya