Facebook Pixel Code 6 Manfaat Minum Susu untuk Anak yang Tidak Boleh Terlewat

6 Manfaat Minum Susu untuk Anak yang Tidak Boleh Terlewat

Cari Tahu 5 Manfaat Minum Susu untuk Anak 3 Tahun di Sini!

Cari Tahu 5 Manfaat Minum Susu untuk Anak 3 Tahun di Sini!

Cari Tahu 5 Manfaat Minum Susu untuk Anak 3 Tahun di Sini!

Tahukah Bunda kalau manfaat minum susu untuk anak ternyata tidak cuma menambah tinggi badan? Menurut The American Academy of Pediatrics (AAP), susu adalah salah satu sumber minuman terbaik bagi anak kecil karena nutrisinya yang lengkap sangat bermanfaat bagi proses tumbuh kembang. AAP bahkan merekomendasikan anak-anak untuk minum sekitar 2 gelas susu setiap hari, loh!

Penasaran apa saja manfaat anak minum susu? Baca ulasan berikut ini, yuk!

Manfaat Minum Susu Pertumbuhan untuk Anak 3 Tahun ke Atas

Susu menjadi salah satu sumber nutrisi yang baik di masa periode emas anak, alias di tiga tahun pertama kehidupannya. Sebab, kandungan nutrisi susu sangat beragam.

Terlebih jika kita membicarakan mengenai susu pertumbuhan. Susu pertumbuhan adalah susu yang diformulasi khusus sesuai dengan kebutuhan anak pada usia tertentu. Pada dasarnya, susu pertumbuhan dibuat dengan kandungan kalori dan protein yang cukup serta diperkaya juga oleh deretan vitamin dan mineral yang penting untuk masa pertumbuhan anak.

Beberapa manfaat minum susu pertumbuhan untuk anak mulai usia 3 tahun adalah:

1. Menjadi Sumber Energi Setiap Hari

Susu dan produk-produk susu (seperti keju dan yoghurt) mengandung karbohidrat, protein, dan lemak yang merupakan sumber kalori utama.

Nah, kalori sendiri bisa dianggap sebagai semacam ‘bahan bakar’ yang si Kecil gunakan untuk bergerak dan berpikir.

Tentunya manfaat minum susu akan sangat besar di usia 3 tahun karena pada masa ini si Kecil masih akan aktif tumbuh, berkembang, dan bereksplorasi.

2. Mengandung Kalsium dan Protein untuk Dukung Pertumbuhan

Kandungan protein dalam susu dikenal bermanfaat untuk mendukung kesehatan dan pertumbuhan jaringan otot.

Nah, tahukah Bunda kalau kombinasi protein dan kalsium sama-sama mendukung kesehatan dan kekuatan tulang si Kecil? 

Namun supaya manfaat minum susu untuk anak bisa makin maksimal, Bunda juga perlu memastikan si Kecil mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, ya! Beberapa contoh makanan tinggi vitamin D adalah jamur, kuning telur, dan keju.

Asupan vitamin D dari makanan membantu tubuh si Kecil agar bisa menyerap kalsium dengan lebih optimal. 

BACA JUGA: Manfaat Kalsium untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak

3. Mendukung Kesehatan Gigi

Selain untuk persediaan energi dan kekuatan tulang, manfaat minum susu lainnya untuk anak adalah menjaga kesehatan gigi berkat kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi.

Susu juga mengandung protein kasein yang dibutuhkan untuk melindungi lapisan terluar pada gigi si Kecil (email gigi) agar tidak kehilangan fosfor dan kalsium yang sudah terbentuk, Bund!

4. Menjaga Kesehatan Jantung dari Kecil

Apa yang anak makan dan minum semasa kecil disebut-sebut bisa turut menjaga kesehatan jantung ketika sudah dewasa nanti.

Nah, ternyata minum susu pertumbuhan yang mengandung DHA serta beragam asam lemak lainnya dipercaya mampu mendukung perkembangan jantung.

Para peneliti juga menemukan kalau tekanan darah anak-anak akan cenderung lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi makanan sumber asam lemak esensial.

5. Mengurangi Risiko ADHD

Secara spesifik, minum susu pertumbuhan juga pernah diteliti memiliki manfaat untuk meminimalisir risiko ADHD pada anak.

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) merupakan masalah mental yang membuat seorang anak usia 1-3 tahun bakal kesulitan untuk fokus dan konsentrasi, mengeja, membaca, serta menjadikan perilaku anak sulit dikontrol.

Padahal, kemampuan inilah yang sangat dibutuhkan untuk membantu kesuksesannya di masa mendatang.

Journal of Nutrition & Food Sciences menemukan bahwa suplementasi asam lemak Omega 3 dan 6 di dalam segelas susu bisa membantu mengurangi risiko ADHD.

BACA JUGA: 7 Langkah Praktis untuk Maksimalkan Perkembangan Otak Anak 

Teruskan Nutrisi si Kecil dengan SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx

Itulah tadi berbagai manfaat minum susu yang bisa diraih oleh anak-anak, terutama di usia 3 tahun.

Kesimpulannya, susu mengandung berbagai macam nutrisi, seperti Protein, Kalsium, Vitamin D, dan zat gizi lainnya yang berguna sebagai sumber energi serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. 

SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx dengan DHA, Minyak Ikan, Omega 3&6, Tinggi Kalsium & Vitamin D, serta IronC*, dapat menjadi salah satu susu pertumbuhan yang dapat Bunda pilih untuk dukung si Kecil siap belajar** dan tumbuh menjadi Anak Generasi Maju.

Baca Juga: Panduan Memilih Susu yang Bagus untuk Anak Alergi

SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC* tersedia dalam beberapa varian ukuran (150 gram, 400 gram, 600 gram, dan 900 gram) serta varian rasa (Cokelat, Madu, dan Vanila). Sebelum membelinya di merchant terdekat, jangan lupa untuk baca label pada kemasannya dan kunjungi website SGM untuk informasi lengkap seputar produk ini.

Psst.. Bunda juga bisa bantu maksimalkan potensi prestasi si Kecil agar menjadi Anak Generasi Maju dengan mengakses materi edukasi & stimulasi anak eksklusif dari para pakar tumbuh kembang anak di laman Sekolah Generasi Maju, lho!

Jangan lupa juga untuk segera daftar di Klub Generasi Maju supaya bisa terus update dengan artikel-artikel terbaru seputar tumbuh kembang anak, ya! 

*Kombinasi unik zat besi dan vitamin c

**Dengan dukungan nutrisi dan stimulasi tepat

Sumber:

  • Garone, S. (2020, December 22). How Much Milk Does a Toddler Need? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/childrens-health/how-much-milk-should-a-toddler-drink

  • Garone, S. (2020, December 22). How Much Milk Does a Toddler Need? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/childrens-health/how-much-milk-should-a-toddler-drink

  •  Brazier, Y. (2017, December 13). How many calories do you need? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/263028

  • 3-4 years: preschooler development. (2020, March 13). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/preschoolers/development/development-tracker/3-4-years/

  • Kubala, J. (2018, March 18). 5 Ways That Drinking Milk Can Improve Your Health. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/milk-benefits#TOC_TITLE_HDR_4

  •  Saha, Ria. (2015, April 23). 5 Amazing Benefits Of Milk For Kids. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/benefits-of-milk-for-kids_00351190/

  • Longdom Publishing SL | Open Access Journals. https://www.longdom.org/open-access/omega36-fatty-acids-and-learning-in-children-and-young-people-a-review-of-randomised-controlled-trials-published-in-the-last-5-yea-2155-9600-1000670.pdf

  • Barile, D., & Rastall, R. A. (2013). Human milk and related oligosaccharides as prebiotics. Current opinion in biotechnology, 24(2), 214–219. https://doi.org/10.1016/j.copbio.2013.01.008

Artikel Lainnya di Tahapan 3 Tahun

4 Pelajaran PAUD yang Bisa Dipelajari ...

Meski sudah sekolah, tapi anak usia dini perlu belajar di rumah agar semakin mahir. Berikut materi...

Mengenal Tahap Perkembangan Anak Menurut ...

Apa saja ya Bun tahap perkembangan anak menurut umur 3-5 tahun? Untuk tahu lebih lengkap, simak...

Gejala Anemia Pada Anak dan ...

Bunda wajib tahu apa saja gejala anemia pada anak, penyebab, dan cara mengatasinya agar bantu...

Bunda Waspadai Anemia pada Anak ...

1 dari 3 anak Indonesia di bawah 5 tahun berpotensi mengalami anemia, khususnya anemia defisiensi...

Anak Bersin-Bersin? Ini Penyebab dan ...

Bila anak bersin-bersin dan sulit berhenti, cari tahu pemicunya dan cara mengatasinya dengan mudah....

Tahukah Bunda, Kekurangan Zat Besi ...

Tak hanya menghambat kemampuan belajar, simak beberapa dampak kekurangan Zat Besi yang dapat...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Tahapan Perkembangan dan Pertumbuhan ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut