Manfaat ASI bagi Perkembangan Kecerdasan Bayi

Manfaat ASI bagi Perkembangan Kecerdasan Bayi

Manfaat ASI bagi Perkembangan Kecerdasan Bayi

Pemberian ASI eksklusif memiliki peran yang sangat besar dalam tumbuh kembang buah hati. Hal ini membuat Bunda lebih saksama dalam memilih asupan nutrisi agar kebutuhan ASI buah hati juga terpenuhi secara optimal. Selain mengonsumsi makanan protein untuk ibu menyusui, Bunda juga dapat mengonsumsi susu yang diformulasikan khusus unuk ibu menyusui sebagai penunjang produksi ASI.

Manfaat ASI bagi Pertumbuhan Bayi

Sebuah penelitian yang dilakukan Brown University Amerika Serikat, menunjukkan anak yang diberi ASI eksklusif memiliki tingkat perkembangan otak lebih tinggi. Ini dibandingkan dengan anak yang diberi susu formula eksklusif atau kombinasi ASI-susu formula.

Pertumbuhan paling menonjol terlihat pada bagian otak yang terkait dengan kemampuan bahasa, fungsi emosional, dan kesadaran. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengambil gambar otak melalui MRI.

Penelitian yang sama juga menunjukkan, bayi yang menyusu lebih dari 1 tahun memiliki perkembangan fungsi motorik lebih baik dibandingkan yang meyusu kurang dari 1 tahun. Hal ini semakin membuktikan ASI sangatlah penting bagi perkembangan kecerdasan serta motorik buah hati.

Nutrisi dalam ASI yang Bermanfaat bagi Kecerdasan Bayi

Terdapat berbagai kandungan nutrisi dalam ASI; mulai dari protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Semua nutrisi ini memiliki peranan yang penting untuk kecerdasan buah hati. Nutrisi dalam ASI juga dapat berubah sesuai kebutuhan buah hati untuk setiap tahap tumbuh kembangnya.

Setiap nutrisi bekerja sesuai perannya masing-masing. Karbohidrat, di antaranya berupa laktosa memiliki peran untuk mengurangi kadar bakteri patogen dalam perut dan membantu penyerapan mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor.

Kandungan protein berperan untuk melindungi bayi dari berbagai risiko infeksi bakteri. Kandungan lemak dalam ASI berperan sebagai sumber energi, membantu penyerapan vitamin, serta mendukung perkembangan otak, mata, dan sistem saraf.

Berbagai vitamin dalam ASI memiliki peran untuk menjaga kesehatan dan menunjang pertumbuhan buah hati. Mineral seperti zat besi, zinc, kalsium, natrium, magnesium, dan selenium berperan dalam pertumbuhan tulang, otot, saraf, dan dalam penyerapan nutrisi lainnya.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi untuk Produksi ASI

Agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, Bunda juga harus mengonsumsi makanan yang tentunya juga bernutrisi. Konsumsi makanan dengan makronutrien seimbang mulai dari protein, karbohidrat, dan lemak sangat disarankan untuk mendapatkan produksi ASI berkualitas.

Selain itu, makanan yang tinggi asam folat dan juga zat besi termasuk makanan yang baik untuk mempersiapkan produksi ASI. Asupan vitamin dan mineral bisa didapatkan melalui buah-buahan dan sayur-sayuran.

Asupan lemak bisa didapatkan dari sumber makanan lemak tak jenuh seperti ikan tuna, ikan salmon, alpukat, dan jagung. Bunda bisa mendapatkan asupan makanan protein untuk ibu menyusui seperti telur, yogurt, dan seafood.

Apa yang bunda konsumsi tidak hanya akan menentukan banyaknya produksi ASI, tetapi juga memberikan pengaruh terhadap kandungan nutrisi dalam ASI. Karena itu, jika ingin buah hati tumbuh cerdas, Bunda juga sebaiknya memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan.

Selain memperhatikan asupan makanan, Bunda juga dapat memaksimalkan kebutuhan protein dengan mengkonsumsi susu yang diformulasikan khusus untuk masa menyusui. Pastikan susu yang Bunda pilih mengandung asam folat, zat besi, vitamin D dan kalsium, serta tinggi protein. Nah, kini saatnya Bunda memenuhi kebutuhan nutrisi agar buah hati mendapatkan ASI terbaik untuk tumbuh kembangnya.

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Menyusui

Nutrisi dalam ASI yang Penting ...

Para pakar dan ahli kesehatan, juga American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan ASI...

Sumber Makanan untuk Dukung Kecerdasan ...

Tidak bisa dimungkiri, ASI adalah sumber makanan dengan manfaat kesehatan terbesar untuk buah hati.

Pentingnya Hormon Prolaktin dalam Masa ...

Tubuh manusia memproduksi berbagai macam hormon, salah satunya adalah hormon prolaktin. Prolaktin...

Kelebihan ASI untuk Bayi pada 1000 ...

Tentu Bunda sudah mulai menjaga kesehatan buah hati sejak masa kehamilan dari konsumsi makanan yang...

Manfaat Menyusui bagi Kesehatan Bunda

Selama 6 bulan, Bunda sangat dianjurkan untuk memberikan ASI secara eksklusif kepada buah hati. Ini...

Manfaat ASI bagi 1000 Hari Pertama ...

Pada awal kehidupan, yang ditandai sejak pembuahan sampai memasuki usia 2 tahun, merupakan fase...

Artikel Terpopuler

Bun, Lakukan Hal Ini ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap ...

Baca Selengkapnya >

Kebutuhan Gizi untuk Optimalkan ...

Baca Selengkapnya >

Lancar Persalinan Normal dengan 10 ...

Baca Selengkapnya >

6 Cara Efektif Memperlancar ASI

Baca Selengkapnya >