Facebook Pixel Code 7 Makanan Zat Besi Terbaik untuk Bayi

7 Makanan dengan Kandungan Zat Besi Terbaik untuk Bayi

7 Makanan dengan Kandungan Zat Besi Terbaik untuk Bayi

7 Makanan dengan Kandungan Zat Besi Terbaik untuk Bayi

Bayi membutuhkan zat besi untuk perkembangan dan pertumbuhan mereka. Tanpanya, si Kecil mungkin akan terlihat lesu, tidak berenergi, memiliki masalah konsentrasi, atau gangguan belajar lainnya. Maka dari itu, penting bagi Bunda untuk memberikan makanan zat besi untuk bayi dalam menjalani program MPASI (makanan pendamping air susu ibu).

Berikut adalah beberapa contoh makanan zat besi untuk bayi yang bisa Bunda berikan!

Bayam

Sayur yang satu ini mengandung dua jenis nutrisi yang sangat baik jika Bunda ingin memasak makanan zat besi untuk bayi. Pasalnya, bayam terbukti mengandung zat besi yang banyak (2,7mg per 100 gram) dan juga kaya akan vitamin C. Perlu diketahui, vitamin C sangat penting untuk memaksimalkan penyerapan zat besi pada tubuh.

Daging Merah

Jika ingin menghindari kekurangan zat besi secara mudah, daging merah bisa menjadi salah satu makanan yang diandalkan. Sebab, selain kaya akan zat besi (2,7mg per 100 gram), daging sangat mudah diolah dan juga diperoleh. Namun, saat mengolahnya, pastikan untuk hanya memberikan si Kecil bagian daging dan bukan lemaknya karena zat besi tidak ada pada bagian lemak.

Brokoli

Jangan lupa untuk menambah jenis sayuran saat mengolah makanan zat besi untuk bayi, seperti dengan menambah sayuran ini. Meski brokoli hanya memiliki 1mg zat besi di tiap 15mg-nya, brokoli sangat kaya akan vitamin C, bahkan mencapai 112% dari kebutuhan manusia pada umumnya.

Ikan Tuna

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, zat besi penting untuk perkembangan otak. Namun, tahukah Bunda kenapa ikan tuna adalah salah satu jenis makanan yang mampu menunjang hal tersebut? Pasalnya, selain mengandung zat besi, ikan juga mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan otak, yakni asam lemak omega-3.

Tahu

Sumber protein yang satu ini mengandung semua jenis asam amino esensial, karbohidrat, vitamin, dan juga mineral. Salah satu jenis dari mineral tersebut tentu saja adalah zat besi. Tahu adalah makanan yang sempurna untuk buah hati karena teksturnya yang lembut, sehingga bisa menjadi bagian dari MPASI sejak ia berusia 6 bulan.

Pepaya

Jangan ragu untuk memberikan si Kecil buah yang satu ini, Bun! Pepaya memiliki rasa yang manis dan juga merupakan makanan zat besi untuk bayi yang baik. Buah pepaya bisa diberikan sebagai finger food atau makanan yang bisa buah hati pegang sendiri.

Kacang Mete

Mete adalah biji dari buah jambu monyet yang terasa enak dan juga penuh zat besi (5,3mg per 100 gram). Tetapi, pastikan si Kecil terbebas dari alergi terhadap kacang karena makanan ini mungkin dapat menimbulkan reaksi alergi.

Lalu, perhatikan juga tekstur dari kacang tersebut. Bila usia si Kecil terlalu dini, giling kacang hingga halus dan padukan dengan makanan lain. Saat usianya melewati 12 bulan, Bunda dapat memberikannya selai kacang mete di dengan roti tawar.

Demikian tadi penjelasan singkat seputar makanan mengandung zat besi yang bisa Bunda berikan kepada si Kecil sejak dini. Kesimpulannya, makanan zat besi untuk bayi yang baik adalah yang juga mengandung vitamin C (untuk dukung penyerapan zat besi) serta dengan tekstur yang lembut (agar si Kecil terhindar dari risiko tersedak).

Selanjutnya, berikanlah susu formula dengan kandungan yang dirancang khusus bila diperlukan, seperti rangkaian produk SGM Eksplor Pro-gress Maxx yang dapat diberikan saat si Kecil melewati usia 12 bulan. Rangkaian produk ini terbagi menjadi 4 varian: SGM Eksplor 1+ Pro-gress Maxx dengan IronC (untuk 1-3 tahun), SGM Eksplor 3+ Pro-gress Maxx dengan IronC (untuk 3-5 tahun), SGM Eksplor 5+ Pro-gress Maxx dengan IronC (untuk 5-12 tahun), dan juga SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx dengan IronC (untuk 1-5 tahun).

Seperti yang tertera pada namanya, rangkaian produk ini mengandung formula IronC yang merupakan perpaduan vitamin C pada zat besi untuk penyerapan yang optimal dalam tubuh si Kecil. Tapi, selain itu, si Kecil juga akan dapat menikmati kebaikan dari kandungan lainnya, seperti minyak ikan, omega 3 & 6, zinc, kalsium, vitamin D, dan juga serat pangan.

Dukung ia menjadi Anak Generasi Maju sejak dini, ya, Bun. Selamat mencoba!

Sumber:

https://solidstarts.com/foods/cashew/

http://www.fao.org/3/ac451e/ac451e0b.htm

https://solidstarts.com/foods/papaya/

https://solidstarts.com/foods/tofu/

https://www.healthline.com/nutrition/what-is-tofu 

https://www.healthline.com/nutrition/healthy-iron-rich-foods  

https://www.health.qld.gov.au/__data/assets/pdf_file/0022

/160861/iron_rich_foods.pdf

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 0 - 6 bulan

Apa itu Growth Spurt? Kenali ...

Growth spurt adalah percepatan pertumbuhan yang terjadi di awal-awal kelahiran bayi. Ini ditandai...

Umur Berapa Bayi Bisa Duduk ...

Idealnya, bayi mulai bisa duduk dengan bantuan di sekitar umur 4-6 bulan. Lantas, di umur berapa...

Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan untuk ...

1000 Hari Pertama Kehidupan atau HPK dimulai sejak kehamilan hingga anak berusia 2 tahun. Berikan...

IDAI: Perhatikan Hal-Hal Berikut ini ...

Resep MPASI ada banyak dan unik semua ya, Bund? Namun, sebelum menyiapkan, perhatikan empat faktor...

Perkembangan Bayi 5 Bulan, Si Kecil ...

Setelah memasuki bulan kelima, si Kecil akan menunjukkan berbagai milestones atau perubahan...

Menu MPASI Umur 6 Bulan untuk ...

Demi tumbuh kembang bayi yang optimal, Bunda perlu memberikan MPASI saat si Kecil memasuki usia 6...


Artikel Terpopuler

Tips Menyiapkan MPASI untuk ...

Baca Selengkapnya >

Atasi Buah Hati Rewel ...

Baca Selengkapnya >

Seperti Apa Perkembangan Bayi ...

Baca Selengkapnya >

Bagaimana Tumbuh Kembang Anak 0...

Baca Selengkapnya >

MPASI yang Tepat untuk ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut