Kreativitas Anak: 6 Aktivitas Seru Mengasah di Usia Sekolah

Kreativitas Anak: 6 Aktivitas Seru Mengasah di Usia Sekolah

6 Aktivitas Seru Untuk Asah Kreativitas Anak Usia Sekolah

Kreativitas anak bisa diasah sejak usia belia. Usia sekolah menjadi saat tepat bagi Bunda untuk mulai memupuk potensi kreatif buah hati. Banyak sekali cara yang bisa Bunda lakukan dengan mudah dan praktis untuk membentuk kreativitas anak. Yuk, coba enam permainan seru berikut untuk tumbuhkan potensi cerdas kreatif buah hati.

1. Seniman Artistik

Bosan dengan buku menggambar atau mewarnai? Bunda boleh mencoba mengajak anak melukis ala seniman profesional dengan cat air. Caranya adalah dengan menempelkan kertas berukuran besar di dinding lalu membiarkan buah hati menuangkan kreativitasnya secara leluasa. Pilih ruangan di rumah yang mudah dibersihkan, misalnya dinding halaman belakang rumah agar. Ini juga bisa melatih disiplin anak untuk hanya menggambar di kertas gambar yang sudah disediakan.

2. Main Adonan

Playdough atau slime adalah salah satu mainan adonan yang bisa Bunda gunakan untuk mengasah kreativitas anak. Supaya anak semakin antusias bermain, Bunda bisa mengajaknya membuat adonan slime sendiri.

Beberapa video tutorial membuat adonan slime bisa Bunda dapatkan dari Youtube. Ajak buah hati menyiapkan bahannya dan membuat slime dengan mencontoh dari video bersama-sama. Membuat adonan bersama Bunda juga bisa melatih teamwork dalam diri si buah hati.

3. Sambung Cerita

Mendengarkan cerita merupakan cara ampuh menumbuhkan imajinasi buah hati. Sesi bercerita bisa Bunda manfaatkan untuk mengasah kreativitas anak juga, lho. Jika biasanya Bunda yang bercerita, libatkan buah hati dalam sesi bercerita. Bunda cukup menceritakan awal kisah, kemudian minta anak melanjutkan ceritanya sesuai imajinasinya sendiri.

Biarkan anak memilih tokoh, plot, dan detail lain. Biarkan ceritanya mengalir meskipun mungkin tidak saling terkait antara satu plot dan lainnya. Tunjukkan ketertarikan untuk mendengar kelanjutan kisah dan dorong buah hati untuk menyelesaikan ceritanya. Dengan demikian, ia juga akan belajar semakin mandiri dan percaya diri dalam mengembangkan narasi yang diinginkan.

4. Bermain Pura-pura

Anak umumnya senang meniru karakter kesukaannya dan bermain pura-pura. Mereka akan berandai-andai menjadi sosok hebat seperti superhero atau putri raja. Jangan dilarang, Bun. Sediakan pernak-pernik sederhana seperti kain panjang sebagai jubah atau gaun untuk mendukung aksinya bermain pura-pura. Biarkan ia berpura-pura menjadi karakter kesukaannya dan berimajinasi menirukan adegan dalam cerita.

5. Kreativitas Bermusik

Musik bisa menstimulasi kecerdasan kreatif anak. Bunda bisa mengembangkan dan stimulasi kemampuan berpikir anak dengan bermain alat musik. Tidak perlu membeli mainan mahal, ajak anak berkeliling dapur untuk memilih jenis alat musik ala DIY yang bisa digunakan, seperti gelas plastik berbagai ukuran, sumpit kayu, dan sendok.

6. Mainan Konstruksi

Mainan building blocks adalah salah satu mainan edukasi yang sangat baik untuk mengembangkan kreativitas anak usia sekolah. Sambil berpikir cara membuat dan membangun struktur, anak diajak untuk memecahkan masalah. Selain itu, jenis mainan ini bisa menguatkan kemampuan motorik serta kapasitas kreativitas yang tak terbatas.

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 5 - 12 tahun

Asah Kreativitas Anak dengan Permainan ...

Melatih kreativitas anak tidak harus dengan menyediakan alat permainan modern dan mahal. Bunda bisa...

Hal yang Perlu Bunda Ketahui ...

Dunia anak-anak sulit dilepaskan dari permainan. Karena itu, jenis mainan untuk anak terus...

Manfaat Bermain di Luar untuk ...

Bermain di luar ruangan jadi sebuah kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Selain mengisi waktu...

Bun, Kebiasaan Ini Kembangkan Karakter ...

Karakter dominan buah hati akan semakin terlihat seiring bertambahnya usia anak. Seiring...

Pentingnya Kenali Perkembangan Mental Anak ...

Selain pertumbuhan fisik, karakter anak akan semakin berkembang seiring usianya dan perlu mendapat...

5 Tips untuk Anak dengan Alergi ...

Jangan mau kalah dengan alergi! Cari cara aman agar buah hati tetap aktif dalam kesehariannya.

Artikel Terpopuler

Bun, Pastikan Periode Emas ...

Baca Selengkapnya 

3 Jenis Gejala Alergi pada ...

Baca Selengkapnya 

8 Nutrisi Penting untuk Daya ...

Baca Selengkapnya 

Bun, Kebiasaan Ini Bantu ...

Baca Selengkapnya 

Kenali Potensi Tumbuh Kembang ...

Baca Selengkapnya