Facebook Pixel Code Kenalkan Anak Dengan Olahraga Sejak Dini

Kenalkan Anak Dengan Olahraga Sejak Dini

Kenalkan Anak Dengan Olahraga Sejak Dini

Kenalkan Anak Dengan Olahraga Sejak Dini

Cara Seru Kenalkan Anak dengan Olahraga Sejak Dini

Olahraga teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, demikian juga bagi anak-anak. Tidak ada istilah terlalu dini untuk memulai kebiasaan olahraga dengan anak. Selain menunjang pertumbuhan fisik, olahraga sekaligus menjaga energi dan berat badan ideal anak. Bunda bisa memperkenalkan olahraga melalui beberapa permainan untuk anak-anak dengan cara berikut.

1. Pelan Tapi Pasti

Kenalkan konsep olahraga dalam keluarga secara pelan tetapi pasti. Bunda bisa mulai dengan kebiasaan berjalan kaki atau bersepeda saat ke warung atau minimarket. Bersepeda juga salah satu permainan untuk anak-anak yang kerap digemari.

Bunda pun bisa membiasakan buah hati bersepeda sejak dini. Meski masih harus dibonceng, konsep berolahraga akan tetap tertanamkan ke dalam pemikiran anak. Cara lain yang bisa Bunda lakukan adalah memarkirkan kendaraan sedikit lebih jauh, memilih tangga daripada eskalator, dan menolak menggendong anak setiap saat.

2. Cari Ide Bermain Bersama

Sekali-kali, coba tanya permainan apa yang disukai buah hati lalu ajak bermain bersama. Bunda juga boleh memperkenalkan permainan tradisional seperti lompat tali, petak umpet, atau kelereng.

Prinsipnya adalah menantang buah hati untuk memberikan ide permainan yang punya manfaat olahraga. Beberapa aktivitas seperti lari, berenang, atau main kejar-kejaran bersama dengan keluarga dapat menstimulasi motorik anak.

3. Motivasi Buah Hati

Supaya aktivitas olahraga keluarga menjadi kebiasaan tetap, Bunda juga sebaiknya selalu memotivasi buah hati. Caranya adalah dengan membuat perencanaan dan jadwal aktivitas olahraga secara berkala.

Selain itu, Bunda boleh mendaftarkan buah hati ke kelas olahraga tertentu sesuai minatnya. Beberapa kelas olahraga seperti bela diri atau menari juga dapat membantu si buah hati mendapat teman baru. Ini akan menjadi aktivitas yang baik untuk kesehatan sekaligus memperluas pergaulan anak.

4. Jelaskan Manfaat Olahraga

Anak mungkin belum tahu pentingnya menu makanan bergizi dan aktivitas olahraga bagi kesehatan mereka. Namun, Bunda tetap dapat menjelaskan dengan cara sederhana supaya anak dapat memahami gaya hidup sehat adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Saat memilih makanan, Bunda boleh coba memberitahukan manfaatnya, misalnya sup wortel baik untuk kesehatan matanya. Bunda juga bisa mulai menjelaskan manfaat olahraga dengan cara menarik, seperti aktivitas fisik adalah cara baik untuk tetap sehat.

5. Batasi Waktu Nonton TV & Penggunaan Gadget

Selain itu, Bunda juga sebaiknya mengurangi waktu nonton TV atau penggunaan gadget. Walaupun teknologi memiliki manfaat tersendiri, tetap prioritaskan aktivitas fisik sebagai kegiatan bermain utama bagi buah hati.

Bunda juga sebaiknya membatasi diri dalam penggunaan gadget. Selanjutnya, buat jadwal untuk mematikan televisi pada jam tertentu setiap harinya. Buat aktivitas yang lebih interaktif seperti membaca bersama, bermain, atau membuat prakarya.

Nah, siap untuk menjadikan buah hati Anak Generasi Maju yang aktif, sehat, dan penuh energi? Mulai kebiasaan hidup sehat yang aktif dari unit keluarga. Selamat mencoba, Bun!

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

Tahukah Bunda, Kekurangan Zat Besi ...

Tak hanya menghambat kemampuan belajar, simak beberapa dampak kekurangan Zat Besi yang dapat...

Catat! Ini Pentingnya Zat Besi ...

Kekurangan Zat Besi masih menjadi masalah bagi sebagian anak Indonesia. Kondisi ini bahkan memiliki...

Ini Dia Alternatif Nutrisi Pengganti ...

Salah satu nutrisi esensial yang dibutuhkan pada masa pertumbuhan si Kecil adalah Zat Besi, yang...

Tanggap Ciri Alergi Susu Sapi ...

Bunda perlu tanggap jika anak mengalami alergi, salah satunya dengan tahu ciri alergi susu sapi dan...

Apakah Susu Pertumbuhan Terfortifikasi Bermanfaat ...

Kebutuhan nutrisi si Kecil selalu menjadi prioritas utama pada setiap orang tua. Orang tua tentu...

8 Nutrisi Ini Bisa untuk Bantu ...

Si Kecil yang memasuki usia 1-3 tahun akan mengalami masa pertumbuhan yang signifikan karena pada...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan