Facebook Pixel Code Kekurangan Zat Besi Dapat Menghambat Pembelajaran Anak

Tahukah Bunda, Kekurangan Zat Besi pada Anak yang Tidak Cocok Susu Sapi Bisa Ganggu Kemampuan Belajarnya

Tahukah Bunda, Kekurangan Zat Besi pada Anak yang Tidak Cocok Susu Sapi Bisa Ganggu Kemampuan Belajarnya

Tahukah Bunda, Kekurangan Zat Besi pada Anak yang Tidak Cocok Susu Sapi Bisa Ganggu Kemampuan Belajarnya

Tak hanya menghambat kemampuan belajar, simak beberapa dampak kekurangan Zat Besi yang dapat menghambat si Kecil yang tidak cocok susu sapi tumbuh maksimal!*

Kekurangan Zat Besi masih menjadi permasalahan bagi sebagian anak. Bahkan menurut data dari Riskesdas, 1 dari 3 anak yang berusia 1 sampai  5 tahun di Indonesia mengalami kekurangan Zat Besi. 

Nah, pada anak yang tidak cocok minum susu sapi, risiko alami kekurangan Zat Besi lebih tinggi dibandingkan anak lainnya. Hal ini karena adanya pembatasan makanan dan peradangan saluran cerna akibat gejala tidak cocok susu sapi yang tidak segera ditangani.

Pembatasan makanan menyebabkan si Kecil tidak dapat mengonsumsi protein hewani yang bervariasi karena dapat memicu munculnya gejala. Padahal, salah satu sumber makanan tinggi Zat Besi adalah protein hewani. Jika si Kecil tetap mengonsumsi protein susu sapi, misalnya, gejala yang muncul pada saluran pencernaan secara terus-menerus dapat menyebabkan peradangan saluran cerna.

Bila kondisi ini terjadi jangan diabaikan, Bun. Segera tangani dengan baik agar tidak menghambat si Kecil tumbuh maksimal*. 

Dampak Kekurangan Zat Besi pada si Kecil yang berusia di atas 1 tahun Tidak Cocok Susu Sapi

1. Prestasi akademik rendah

Risiko kurangnya asupan Zat Besi ke dalam tubuh lebih tinggi dialami si Kecil yang tidak cocok susu sapi. Padahal, nutrisi penting ini juga berperan mendukung kecerdasan si Kecil. Kekurangan nutrisi penting ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan prestasi akademik si Kecil menurun di sekolah.

2. Rentan terserang penyakit

Si Kecil sering sakit perut atau diare? Kondisi ini mungkin bisa dialami si Kecil yang tidak cocok susu sapi. Jangan dibiarkan ya Bun, karena bisa menyebabkan penyerapan nutrisi terganggu. Belum lagi jika terpaksa harus mengeliminasi nutrisi tertentu karena si Kecil tak cocok susu sapi, seperti protein atau Zat Besi. Bunda perlu tahu, salah satu dampak kekurangan Zat Besi adalah daya tahan tubuh yang menurun. Inilah yang menyebabkan si Kecil  yang tak cocok susu sapi lebih rentan terserang penyakit.

3. Gangguan permanen pada sistem motorik dan sensorik

Kekurangan Zat Besi dapat menyebabkan keterlambatan ataupun gangguan motorik dan sensorik pada si Kecil yang tak cocok susu sapi, seperti kemampuannya berjalan, memegang benda, dan lainnya. 

4. Pertumbuhan fisik terhambat

Si Kecil yang tidak cocok susu sapi dapat mengalami kekurangan Zat Besi, yang dalam jangka panjang efeknya juga dapat menyebabkan pertumbuhan yang terhambat. Dalam hal ini, pertumbuhan tinggi dan berat badan menjadi tidak maksimal.

Agar si Kecil yang tidak cocok susu sapi tumbuh maksimal*, Bunda perlu memastikan kebutuhan Zat Besi dan nutrisi penting lainnya tercukupi. Caranya dengan memberikan si Kecil asupan yang mengandung kombinasi Zat Besi dan Vitamin C dengan rasio yang tepat untuk membantu penyerapan Zat Besi secara optimal. Untuk si Kecil yang tidak cocok susu sapi dapat diberikan beberapa alternatif nutrisi pengganti susu sapi. 

Nutrisi tambahan yang dapat diberikan adalah susu formula berbasis asam amino atau formula isolat protein soya yang diperuntukkan untuk anak di atas 1 tahun dapat digunakan sebagai pilihan alternatif nutrisi pengganti susu sapi. Pastikan Bunda konsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mendapatkan alternatif nutrisi sesuai kondisi si Kecil, salah satunya formula soya yang mengandung Zat Besi dan Vitamin C.

Inovasi terbaru dari Produk Soya No.1 Pilihan Bunda Indonesia, SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx bisa jadi asupan pelengkap untuk si Kecil yang berusia 1 tahun ke atas dan tidak cocok susu sapi. Dengan kombinasi unik Zat Besi dan Vitamin C, IronC, serta Isolat Protein Soya berkualitas,  SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx juga mengandung nutrisi yang sama baiknya dengan susu sapi**, seperti, Minyak Ikan, Omega 3&6, Kalsium dan Tinggi Vitamin D.

 

Dukung si Kecil yang tidak cocok susu sapi tumbuh maksimal* dan siap jadi Anak Generasi Maju dengan SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx!

 

*) dengan dukungan nutrisi dan stimulasi yang tepat

**) berdasarkan penelitian yang menunjukkan bahwa formula soya mendukung pertumbuhan & perkembangan yang sebanding dengan susu sapi.

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

Catat! Ini Pentingnya Zat Besi ...

Kekurangan Zat Besi masih menjadi masalah bagi sebagian anak Indonesia. Kondisi ini bahkan memiliki...

Ini Dia Alternatif Nutrisi Pengganti ...

Salah satu nutrisi esensial yang dibutuhkan pada masa pertumbuhan si Kecil adalah Zat Besi, yang...

Tanggap Ciri Alergi Susu Sapi ...

Bunda perlu tanggap jika anak mengalami alergi, salah satunya dengan tahu ciri alergi susu sapi dan...

Apakah Susu Pertumbuhan Terfortifikasi Bermanfaat ...

Kebutuhan nutrisi si Kecil selalu menjadi prioritas utama pada setiap orang tua. Orang tua tentu...

8 Nutrisi Ini Bisa untuk Bantu ...

Si Kecil yang memasuki usia 1-3 tahun akan mengalami masa pertumbuhan yang signifikan karena pada...

Rekomendasi Asupan Gizi & Nutrisi Seimbang ...

Dalam pemberian nutrisi, Ibu bisa mengikuti Pedoman Gizi Seimbang sebagai panduan dalam memberikan...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan