Facebook Pixel Code Bantu Buah Hati Mencukupi Kebutuhan Asupan Nutrisi Bergizi

Kebutuhan Asupan Makanan Bergizi

Kebutuhan Asupan Makanan Bergizi

Kebutuhan Asupan Makanan Bergizi

Pada masa balita menjadi momen perkembangan fisik dan mental terjadi sangat pesat. Untuk memastikan tumbuh kembang optimal, diperlukan dukungan asupan makanan bergizi sebagai energi, juga untuk mendukung fungsi organ tubuh, pemulihan dari sakit, dan menangkal berbagai virus penyakit.

Menu Seimbang Makanan Bergizi untuk Anak

Pastikan makanan bergizi untuk anak merupakan kombinasi dari berbagai bahan berikut:

  1. Buah dan sayur, misalnya alpukat, jeruk, melon, pepaya, pisang, tomat, dan wortel. Buah dan sayur tersebut bisa diolah menjadi jus. Jangan sampai lupa untuk memastikan buah dan sayur masih dalam keadaan segar sebelum diolah
  2. Mulailah untuk memberikan makanan yang mengandung karbohidrat secara bergantian, baik sebagai menu utama maupun makanan selingan atau bekal sekolah. Bunda bisa membuat donat kentang dan puding roti. Asupan karbohidrat bisa diperoleh dari jagung, kentang, mie, nasi, roti, dan sereal
  3. Demi menunjang perkembangan otak anak, pastikan makanan bergizi untuk anak mengandung lemak dari omega 3 dan omega 6. Makanan dengan kandungan zat gizi tersebut, bisa Bunda peroleh dari ikan, kue, mentega, minyak, roti, dan santan
  4. Dalam susunan menu seimbang untuk sehari hari, jangan lupakan protein ya, Bun. Makanan bergizi untuk anak seperti telur, susu, ikan, ayam, daging, dan kacang-kacangan merupakan sumber protein.
  5. Bunda juga bisa berikan susu pertumbuhan dan produk olahan susu seperti keju dan yoghurt, untuk memeroleh asupan protein dan kalsium. Manfaat minum susu untuk menunjang pertumbuhan gigi dan tulang

Tips Pola Makan Seimbang

Sekadar tambahan, Bunda bisa menerapkan tips pola makan seimbang untuk anak seperti:

  1. Jika ingin memberikan buah dan sayur, lakukanlah secara bergantian. Bila anak tidak mau makan sayur, coba berikan buah. Kemudian coba kembali sayur hingga anak mau memakannya.
  2. Berikan makanan dalam saat anak lapar dan dalam porsi kecil. Bila anak tidak mau menghabiskan makanan, jangan simpan sisa makanan untuk keesokan harinya. Bunda bisa berikan lagi makanan tersebut beberapa jam kemudian. Bila anak masih tidak mau memakannya, jangan paksakan dan berikan makanan yang lain
  3. Untuk menggugah nafsu makannya, Bunda bisa menaruh camilan dalam sebuah wadah besar yang menarik. Bisa letakkan makanan dalam cup berwarna-warni dengan desain lucu

Semoga dengan informasi makanan bergizi untuk anak di atas bisa menjadi panduan Bunda dalam membuat susunan menu seimbang untuk sehari-hari yang penuh nutrisi baik bagi buah hati, ya.

Jika Bunda masih ingin mencari tahu lebih dalam terkait informasi nutrisi dan tumbuh kembang anak, bisa dengan mengirimkan pertanyaan melalui carelinesgm@sarihusada.co.id atau nomor 0800 1 360 360.

Careline FA

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

Konsumsi Zat Besi, Makanan Untuk ...

Cari tahu yuk, Bun, apa saja makanan kaya zat besi yang dapat sekaligus menjadi makanan untuk...

Rekomendasi Mainan Anak Sesuai Usia ...

Memilih mainan anak perlu mempertimbangkan usia Si Kecil. Berikut rekomendasi mainan anak yang bisa...

Nutrisi Penting Untuk Daya Tahan ...

Nutrisi yang tepat bisa membantu pertumbuhan sekaligus daya tahan anak berusia 1-3 tahun.

Makanan Sehat Untuk Si Kecil

Makanan Sehat untuk Dukung Kesehatan si Kecil

Menjaga Kesehatan Si Kecil Di ...

Cara Menjaga Kesehatan si Kecil di Musim Virus

Mencuci Tangan Yang Benar Untuk ...

Bunda, Ajarkan Cara Mencuci Tangan yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Anak


Artikel Terpopuler

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Periode Emas Pertumbuhan Anak ...

Baca Selengkapnya >

Mencuci Tangan Yang Benar ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut