Facebook Pixel Code Kenali 3 Kebaikan Susu Formula pertumbuhan Soya untuk si kecil

Kenali 3 Kebaikan Formula Pertumbuhan Soya untuk si Kecil yang Alergi Protein Susu Sapi

Kenali 3 Kebaikan Formula Pertumbuhan Soya untuk si Kecil yang Alergi Protein Susu Sapi

Kenali 3 Kebaikan Formula Pertumbuhan Soya untuk si Kecil yang Alergi Protein Susu Sapi

Formula Pertumbuhan soya dapat bantu penuhi nutrisi si Kecil sama baiknya dengan susu sapi. Sehingga, formula berbasis protein nabati ini memiliki dampak baik untuk mendorong tumbuh kembang si Kecil, apalagi untuk si Kecil yang alergi susu sapi.

Yuk cari tahu selengkapnya kebaikan dari formula pertumbuhan soya di sini.

Mengenal  formula pertumbuhan soya dan kandungannya

Ada beragam jenis susu yang bantu melengkapi nutrisi si Kecil. Salah satunya adalah formula pertumbuhan soya. Formula ini biasanya dikonsumsi sebagai pengganti alternatif untuk si Kecil yang mengalami alergi protein susu sapi. Namun, dalam pemberiannya tetap perlu mendapatkan rekomendasi dan pemantauan dari dokter anak ya, Bunda.

Nah, sekarang yuk kita cari tahu apa saja kandungan formula pertumbuhan soya yang bantu menutrisi si Kecil. 

Berdasarkan World Nutrition Journal, formula pertumbuhan soya mengandung protease inhibitor (enzim yang bantu melindungi tubuh dari infeksi virus atau bakteri), serat yang membantu kelancaran sistem pencernaan si Kecil, serta protein.

formula pertumbuhan soya mengandung isolat protein soya dengan asam amino di dalamnya. Asam amino adalah bentuk protein paling sederhana sehingga mudah dicerna oleh tubuh si Kecil. Asam amino yang ada dalam formula meliputi L-metionin, L-Karnitin, dan taurin. Asam amino ini digunakan untuk membantu perkembangan fungsi tubuh secara keseluruhan, termasuk mengelola hormon anak.

Di samping itu, formula pertumbuhan soya juga diberikan penambahan nutrisi lainnya seperti zat besi, kalsium, fosfor, zat seng, dan lainnya. Tentunya formula soya dirancang khusus dengan kelengkapan nutrisi di dalamnya. Semua komponen nutrisi penting ini melengkapi satu sama lain membantu fondasi si Kecil dalam bertumbuh dan berkembang ke depannya. 

Kebaikan formula pertumbuhan soya untuk tumbuh kembang si Kecil

Nah, setelah mengetahui kandungan penting di dalamnya, ada beberapa kebaikan yang dapat diterima si kecil saat mengonsumsi formula pertumbuhan soya.

1. Tumbuh kembang yang sama dengan anak lainnya

Bila ada yang meragukan formula pertumbuhan soya tidak memiliki dampak yang sama dibandingkan susu sapi, pernyataan ini kurang tepat. Ada beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa formula pertumbuhan soya memiliki kebaikan yang sama dengan susu sapi.

Penelitian dari jurnal Pediatrics yang dilakukan Aline Andres dan kawan-kawan, mengatakan perkembangan anak yang mengonsumsi formula pertumbuhan soya dan  susu sapi memiliki perkembangan yang sama dan tidak ada perbedaan signifikan di antara keduanya.

Jadi, Bunda tak perlu khawatir jika si Kecil memang direkomendasikan dokter mengonsumsi formula pertumbuhan soya. Karena ia memiliki kesempatan yang sama dengan anak lainnya dalam bertumbuh dan berkembang. 

2. Mendukung anak yang tumbuh di keluarga vegetarian

Apabila si Kecil tumbuh di keluarga vegetarian dan hendak dikenalkan pada pola makan berbasis tumbuh-tumbuhan, formula pertumbuhan soya bisa jadi pilihan. Formula pertumbuhan soya telah dilengkapi dengan nutrisi penting untuk tubuh si Kecil.

Namun, sebelum menerapkan pola vegetarian dan pemberian formula pertumbuhan soya kepada si Kecil, ingatlah untuk selalu berkonsultasi ke dokter anak atau dokter nutrisi, 

Bunda perlu mendapatkan rekomendasi dari ahlinya, karena pemenuhan nutrisi anak vegetarian perlu diperhitungkan secara hati-hati, berhubung tubuhnya masih membutuhkan banyak asupan nutrisi dalam dukung tumbuh kembangnya.

3. Membantu mengatasi alergi protein susu sapi

Mungkin saja Bunda menemukan kasus gejala alergi protein susu sapi pada si Kecil. Secara umum, gejala alergi protein susu sapi yang timbul, seperti ruam, pilek alergi, gangguan pencernaan muntah dan diare, serta kolik. Jika timbul gejala alergi, sebaiknya jangan dibiarkan. Bunda bisa berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab alergi yang dialami si Kecil. 

Pemberian  formula pertumbuhan soya perlu dalam pemantauan dokter, ya, Bunda. Pasalnya, masih ada kemungkinan si Kecil mengalami reaksi alergi terhadap protein soya. Namun, jika tak ada alergi yang timbul, dokter anak mungkin menganjurkan Bunda melanjutkan pemberian formula pertumbuhan soya.

Selain alergi, ketahui hal lain seputar formula pertumbuhan soya

Formula pertumbuhan soya memberikan kebaikan bagi tumbuh kembang si Kecil. Apalagi, manfaatnya juga sama dengan pemberian  susu berbasis protein susu sapi. Namun, ada beberapa hal yang perlu Bunda tahu mengenai kandungan formula pertumbuhan soya.    

Hasil penelitian terhadap kandungan fitat dan isoflavon

Formula pertumbuhan soya memiliki berbagai kandungan penting, namun ada anggapan terhadap beberapa bahan yang disinyalir menimbulkan dampak terhadap tumbuh kembang si kecil. Yuk cari tahu dan pelajari fakta penelitiannya di bawah ini.

Fitat

Fitat adalah senyawa alami yang terdapat di dalam tanaman dan diketahui dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkan anak di dalam formula pertumbuhan soya. Namun, Bunda tak perlu cemas, formula pertumbuhan soya diproses sedemikian rupa untuk menjaga keseimbangan nutrisi di dalamnya, sehingga turut mengurangi dampak dari kandungan fitat.

Penelitian American Academy Pediatrics pada tahun 2008 menyebutkan bahwa kandungan fitat dalam formula pertumbuhan soya hanya sekitar 1,5% saja. Kandungannya juga diseimbangkan dengan nutrisi penting lainnya, seperti zat seng, zat besi, kalsium, dan fosfor. Dengan begitu,   dengan mengkonsumsi formula pertumbuhan soya maka si Kecil tetap mendapatkan asupan nutrisi yang optimal.

Sebagai info tambahan, pada artikel yang ditulis Vandenplas dan Hegar di jurnal Pediatrics tahun 2020, kandungan fitat di dalam  formula pertumbuhan soya kini dihilangkan seiring berkembangnya penelitian. 

Di samping itu, hingga kini belum ada bukti ilmiah yang jelas mengemukakan bahwa fitat memberikan efek samping spesifik pada perkembangan anak.

Isoflavon

Efek samping isoflavon dalam formula pertumbuhan soya sempat dipertanyakan terkait dengan perkembangan anak ke depannya. Penelitian yang pernah dilakukan terhadap hewan menemukan bahwa isoflavon memiliki pengaruh negatif, salah satunya perkembangan reproduksi seksual. Namun, belum ada bukti ilmiah yang spesifik mengenai dampak isoflavon pada formula pertumbuhan soya pada perkembangan anak.

Vandenplas dan Hegar mengatakan bahwa tidak terdapat hubungan antara pemberian formula pertumbuhan soya dengan perkembangan reproduksi anak. Mereka juga kembali meninjau, formula pertumbuhan soya masih relatif efektif dan aman untuk dikonsumsi.

Nah, Bunda sudah tahu sekarang apa saja kandungan, kebaikan, dan hal yang perlu diketahui seputar  formula pertumbuhan soya. Ingatlah untuk berkonsultasi ke dokter anak terlebih dulu, agar si Kecil mendapatkan rekomendasi yang tepat. Bila timbul alergi setelah minum formula pertumbuhan soya, segera periksakan si Kecil ke dokter untuk ditangani lebih lanjut.

Bila ada pertanyaan mengenai seputar topik ini, jangan ragu untuk tanyakan ke dokter anak, ya, Bunda!
 

Referensi:

Choosing an Infant Formula. (2020). Retrieved 21 September 2020,

from https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/formula-

feeding/Pages/Choosing-an-Infant-Formula.aspx

Vandenplas, Yvan & Hegar, Badriul. (2020). Benefit and Challenge of Soy

Plant-based Formula in Infant and Children. World Nutrition Journal.

4. 1. 10.25220/WNJ.V04.S1.0001. 

Munasir, Z., & Sekartini, R. (2020). Soy Isolate Protein Formula:

the usage beyond allergy indication. World Nutrition Journal,

4(1), 24. doi: 10.25220/wnj.v04.s1.0005

Mengenali Alergi Susu Sapi pada Anak. (2013). Retrieved 21 September 2020,

from https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/mengenali-alergi-susu-sapi-pada-anak

Susu Formula Alternatif untuk Alergi Susu Sapi. (2016). Retrieved 21 September 2020,

from https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/susu-formula-alternatif-untuk-alergi-susu-sapi

Questions and Answers about Soy Infant Formula - Soy Infant Formula.

(2020). Retrieved 21 September 2020, from https://www.niehs.nih.gov/health/topics/agents/sya-soy-formula/index.cfm

Encyclopedia, M., & acids, A. (2020). Amino acids: MedlinePlus

Medical Encyclopedia. Retrieved 21 September 2020, from https://medlineplus.gov/ency/article/002222.htm

Bhatia, J., & Greer, F. (2008). Use of Soy Protein-Based Formulas in Infant Feeding.

PEDIATRICS, 121(5), 1062-1068. doi: 10.1542/peds.2008-0564

Andres, A., Cleves, M., Bellando, J., Pivik, R., Casey, P., & Badger, T. (2012). Developmental Status of 1-Year-Old Infants

Fed Breast Milk, Cow's Milk Formula, or Soy Formula. PEDIATRICS, 129(6), 1134-1140. doi: 10.1542/peds.2011-3121

 

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

Apakah Susu Pertumbuhan Terfortifikasi Bermanfaat ...

Kebutuhan nutrisi si Kecil selalu menjadi prioritas utama pada setiap orang tua. Orang tua tentu...

8 Nutrisi Ini Bisa untuk Bantu ...

Si Kecil yang memasuki usia 1-3 tahun akan mengalami masa pertumbuhan yang signifikan karena pada...

Rekomendasi Asupan Gizi & Nutrisi Seimbang ...

Dalam pemberian nutrisi, Ibu bisa mengikuti Pedoman Gizi Seimbang sebagai panduan dalam memberikan...

Tips Agar Si Kecil Berprestasi ...

Ibu pasti ingin si Kecil memiliki bakat, kan? Yuk, cari tahu apa yang menjadi minat dan bakat si...

Cara Tepat Membaca Grafik Pertumbuhan ...

Kuasai kemampuan membaca grafik pertumbuhan untuk memantau tumbuh kembang optimal si Kecil di...

4 Hal yang Membuat Anak Jadi ...

Perilaku susah makan pada anak usia 1 tahun ke atas bisa menyebabkan kekurangan zat besi. Ketahui...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan